SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Ayo Menjadi Pahlawan-Pahlawan Masa Kini



Sebenarnya, Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya.Pantes saja hari minggu kemarin ada beberapa orang yang memakai seragam Korpri, sepertinya mereka tetap melaksanakan upacara meskipun hari libur/minggu.  

Sementara karena bertepatan dengan hari minggu, alhasil kantor kami memutuskan untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan satu hari setelahnya, yaitu Senin, 11 November 2019.

Kalau Peringatan Hari Sumpah Pemuda, dibacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah Raga, untuk Hari Pahlawan maka amanat Menteri Sosial yang dibacakan. Yang unik dalam upacara kali ini adalah, diselipkan pesan-pesan perjuangan dari para Pahlawan Nasional kita. Beberapa diantaranya :

“Tempat saya yang terbaik adalah ditengah-tengah anak buah,” 
Jenderal Besar Soedirman.

“Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya tetapi semata-mata untuk membela cita-cita,” 
Moh. Hatta.

“Ing Ngarso Sung Tulodo (Didepan memberi contoh)”
“Ing Madyo Mangun Karso (Ditengah Memberi Semangat)”
“Tut Wuri Handayani (Dibelakang Memberi Dorongan)” 
Ki Hajar Dewantara

Dan berikut pesan Mensos yang berhasil saya rangkum.

Ayo Menjadi Pahlawan-Pahlawan Masa Kini
Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kepada peristiwa pertempuran 10 November 2019 di Surabaya sebagai salah satu momen palingbersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Dalam pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang bersama pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Dan perang mengingatkan kita kembali bahwasannya kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang inilah hendaknya perlu terus menerus ditumbuh kembangkan didalam hati sanubari insan Warga Negara Indonesia

Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seeorang the founding fathers Bung karno, “……Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.


Semangat hari Pahlawan juga membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk mau menjadi pahlawan-pahlawan masa kini, seturut dengan tema yang kita angkat di tahun 2019 ini, “AKU PAHLAWAN MASA KINI.”

Menjadi pahlawan masa kini tugasnya tidak seberat pahlawan terdahulu yang harus mengorbankan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sederhana saja untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu keteriban umum, tidak menyebarkan (apalagi membuat) berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis danbeberapa tindakan negatif lainnya yang merugikan.

Perjuangan lainnya sebagai Pahlawan dapat juga dilakukan dengan menorehkan prestasi di berbagai kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.


Sejatinya dengan adanya peringatan Hari Pahlawan ini dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai titik darah terakhir. Jangan biarkan keutuhan yang telah terjalin selama ini menjadi sia-sia dan hancur begitu saja.

Jangan biarkan tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain.

Mari maknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan  membangun negeri menuju Indonesia Maju.

Terakhir dalam amanat yang dibuat oleh Menteri Sosial RI, Juliari. P Batubara menutupnya bahwa dengan menjadikan diri kita Pahlawan Masa Kini maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita berupaya terus menerus memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati segenap insan masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Pahlawan.    

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar