SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Motor Power Window Rusak Karena Pemakaian

Bongkar Motor Power Window


Namanya juga kendaraan sudah masuk usia ke 9 tahun, satu persatu ada saja keluhannya. Tapi perlu diingat adalah melakukan perawatan rutin terhadap mesin seperti rutin penggantian oli. Sementara untuk bagian kendaraan lainnya seperti roda, pengereman hingga power window menunggu saran perbaikan atau ketika ada keluhan.

Dan inilah yang terjadi terhadap power window kendaraan saya. Tidak ada angin tidak ada hujan dan tidak ada kendala sebelumnya tiba-tiba saja “mendadak” mendorong keatas tidak berhenti dan begitupun juga ketika turun tidak langsug berhenti masih bergerak. Sehari setelah itu Power Window “MATOT” mati total sehingga kaca tidak dapat turun naik. Oh iya untuk yang belum familiar dengan Power Window, ini adalah alat yang menaikkan dan menurunkan kaca mobil secara otomatis.

Penasaran awalanya kok tiba-tiba mendadak power window bermasalah, pemakaian normal-normla saja tidak ada yang berlebihan, apakah karena terpapar air hujan ketika membuka jendela ketika sedang hujan atau karena ketika mengganti aki kemarin ada penambahan voltase dari yang 35 volt dinaikkan dengan aki yang yang lebeih besar 45 volt, tapi untuk yang ini menurut petugas bengkelnya tidak masalah.

 

Bawa Kebengkel Ajalah

Fixed ga mau berlama-lama, karena mengganggu banget kalau kaca tidak bisa turun naik secara perlu banget terlebih ketika keluar masuk parkir dan tol. Hubungi bengkel Bang Roman yang berada disekitaran Pondok Kopi, Penggilingan Jakarta Timur untuk janjian reparasi siangnya.

Ga perlu waktu lama untuk membongkar dan mengetahui bahwa Motor Power Window rusak. Sebelumnya memang Bang Roman ini telah menduga bahwa kalau kaca tidak dapat turun naik seringnya adalah Motor Power Windownya yang bermasalah.

Lalu apa yang harus dilakukan terhadap Motor Power Window yang rusak. Setelah dibongkar dan dilakukan pemeriksaan dan benar Motor Power Window bermasalah ada dua kemungkinan yang Bang Roman akan lakukan. Yang pertama adalah melakukan perbaikan jika dimungkinkan dalam hal ini melihat Motor Power Window terlebih dahulu atau yang kedua adalah melakukan penggantian terhadap Motor Power Window.

Untuk langkah perbaikan Motor Power Window, Bang Roman melihat terlebih dahulu Karbon di bagian dalam Motor Power Window apakah memungkinkan untuk ditambah.  Karbon yang dimaksud disini adalah bagian berbentuk kotak atau bulat solid berfungsi sebagai bantalan yang berwarna hitam dan akan habis terpakai menjadi serpihan, biasanya karbon terdapat didalam mesin dinamo.


Karbon Motor Power Window Yang Sudah Habis
Karbon Motor Power Window Yang Sudah Habis 


Karena Karbon ini yang habis sehingga tidak dapat menggerakkan kaca untuk turun maupun naik. Mengapa Karbon habis, ya itu tadi karena berbentuk bantalan memang akan habis karena pemakaian. Semakin sering digunakan maka akan semakin cepat untuk habis.

 

Ganti Motor Power Window

Setelah melihat karbon yang benar-benar habis, Bang Roman berfikir apakah tetap untuk melakukan perbaikan pada karbon atau mengganti Motor Power Window. Sembari ia berfikir saya menyarankan jika harganya masih terjangkau dan barangnya tersedia, baiknya diganti saja Motor Power Window dengan yang baru. Kecuali memang Motor Power Window ini perlu dipesan terlebih dahulu.

Namanya juga bengkel kampung pinggiran Jakarta, terkadang pendekatannya adalah ke-ekonomian a.ka harga yang murah wajarlah Bang Roman yang terlintas adalah memperbaiki terlebih dahulu ketimbang melakukan penggantian. Namun karena saya meminta untuk diganti jika Motor Power Window yang baru memang ada, semakin mudah dan ringkas saja kerja Bang Roman seharusnya. Hanya perlu membongkar Motor Power Window yang lama dan mengganti yang baru.

Setelah mendapatkan Motor Power Window yang baru, inipun rupanya Bang Roman mencari yang tidak persis sama. Karena Motor Power Window Avanza itu sistem socket, tinggal colok. Bang Roman membeli versi yang berbeda sehingga ketika hendak dipasang harus memotong dan menyambung kabel kembali. Kembali Bang Roman memilih berdasarkan harga, karena Motor Power Window ini dibanderol Rp. 175.000 tetapi ya itu tadi harus ngoprek kabel lagi.


Motor Power Window_Sama Tapi Beda
Motor Power Window_Sama Tapi Beda


Info Bang Roman memang ada yang langsung colok sesuai aslinya tetapi agak mahal, ia menyebutkan seharga Rp. 350.000,- sampai Rp. 450.000,-.  Dan saya sarankan jika memang ada ambil seperti yang aslinya, kalau tidak salah yang bawaan kendaraan itu merknya adalah ND.

Alhasil Bang Roman kembali lagi ke toko untuk menukar Motor Power Window sesuai dengan bentuk asli bawaan kendaraan. Kali ini ia memilih untuk membawa Motor Power Window bawaan kendaraan.

Taraa, beruntungnya Motor Power Window yang bentuknya seperti bawaan kendaraan akhirnya ada, meskipun mereknya berbeda. Tapi ga mengapa, yang penting ketika dipasang tidak perlu utak-atik bagian lain, hanya tinggal colok dan masukkan sesuai socketnya, untuk harga Motor Power Window ini di kenakan Rp. 350.000,-.


Motor Power Window_Avanza Veloz
Motor Power Window_Avanza Veloz


Selesai, bongkar dan memasangnya sebentar, yang sedikit lama adalah mencari Motor Power Window yang sesuai dengan bawaan kendaraan. Memang ada tetapi mereknya tidak sama.

Ketimbang melakukan reparasi terhadap Motor Power Window, saya lebih memilih melakukan penggantian Motor Power Window dan bersiap-siap kembali, karena Motor Power Window ini akan kembali bermasalah ketika karbon didalamnya habis.

Jadi total harus merogoh kocek melakukan penggantian Motor Power Wondow ini adalah Rp 500.000,- dengan rincian Sparepart Rp. 350.000,- dan ongkos bongkar pasangnya Rp. 150.000,-

Ya kita lihatlah berapa lama tahannya Motor Power Window Ini, doakan semoga awet ya.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar