SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Tiba-Tiba Bengkak

 

Bibir Bengkak

Apakah pernah mengalami bibir tiba tiba bengkak? Dalam dunia medis bibir tiba-tiba bengkak tentu tak akan muncul begitu saja. Biasanya pembengkakan ini disebabkan oleh peradangan atau penumpukan cairan. Masalah bibir bengkak sangat mengganggu bagi banyak orang. Karena itu, bisa membicarakan permasalahan bibir yang membengkak tersebut dengan ahlinya.  Silahkan  download di sini.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin jadi penyebab mengapa bibir Anda bengkak.

Angioedema

Angioedema menjadi jadi salah satu alasan mengapa bibir  bengkak. Selain bibir, kondisi tersebut juga bisa menyerang mata. Meski demikian, tak perlu khawatir karena angioedema akan hilang dalam waktu 48 jam.

Angioedema merupakan pembengkakan di bawah permukaan kulit yang terjadi secara cepat. Selain menyebabkan bibir bengkak, angiedema juga dapat memunculkan gejala lain. Misalnya, kulit memerah, terasa sakit, dan gatal.

Alergi

Bibir bengkak juga bisa dikarenakan alergi terhadap suatu hal, seperti makanan atau obat-obatan. Waktu kemunculan alergi yang dialami seseorang berbeda-beda. Ada alergi yang muncul dalam hitungan menit, tapi ada pula yang muncul setelah beberapa jam bersentuhan dengan alergen.

Selulitis

Selulitis merupakan infeksi bakteri yang menyerang lengan, kaki, dan area bibir. Medical News Today mengatakan bahwa infeksi bakteri bisa terjadi pada luka bekas kecelakaan atau luka akibat operasi. Tak hanya bengkak, selulitis juga mampu mengakibatkan memar dan warna kulit menjadi merah.

Sunburn

Penyebab bibir bengkak selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah sunburn atau terbakar karena sinar matahari. Biasanya, reaksi kulit yang membengkak akibat sinar matahari terjadi dalam jangka waktu 24 jam.

Jadi, jika  terpapar banyak sinar matahari di siang hari, bibir bisa membengkak pada saat bangun tidur di keesokan harinya. Medical News Today merekomendasikan obat antiinflamasi untuk mengatasi peradangan. Usahakan untuk menggunakan obat tersebut sebelum warna kulit berubah.

Dystonia

Penyebab bibir bengkak lainnya adalah dystonia. Dystonia merupakan masalah saraf di mana kontraksi otot terjadi secara tidak sengaja. Ada banyak jenis dystonia yang bisa dialami. Mulai dari focal dystonia, cranial dystonia, oromandibular dystonia, dan lain sebagainya.

Selain bibir, dystonia juga bisa menyerang bagian tubuh yang lain. Tak hanya bibir bengkak, dystonia juga mampu menyebabkan gejala yang lain. Misalnya, kesulitan untuk mengunyah, menelan, berbicara, dan membuka atau menutup mulut.

Cara mengatasi bibir bengkak

Berikut adalah berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bibir bengkak di rumah, di antaranya:

Kompres es

Bungkus beberapa bongkah es dengan kain bersih, lalu tempelkan pada bibir yang bengkak. Cara sederhana ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh cedera.

Agar hasilnya maksimal, lakukan beberapa kali sehari. Hindari menempelkan es batu secara langsung ke bibir (tanpa dibalut kain) karena malah bisa memicu infeksi lebih lanjut.

Oleskan gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiradang yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi bibir bengkak. Jika bibir Anda bengkak dan tidak tahu apa penyebabnya, oleskan getah atau gel dari tanaman lidah buaya ke permukaan bibir yang bengkak untuk membantu mengempeskan bengkak pada bibir.

Menjaga kelembaban bibir

Menjaga bibir agar tetap lembab dapat dilakukan dengan dua cara berikut:

             Minum banyak air putih supaya bibir tetap terhidrasi dengan baik

             Menggunakan pelembab bibir atau lip balm

Penting juga untuk membersihkan area bibir secara rutin, terutama setelah makan. Jangan hanya mengusapnya dengan tisu, tapi dianjurkan untuk membilas area mulut dengan air sehabis makan. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa kotoran makanan tidak menempel pada bibir yang bengkak dan kemudian menyebabkan infeksi atau peradangan.

Konsumsi makanan lembut

Jagalah lapisan bibir yang bengkak agar tidak semakin meradang dengan mengonsumsi makanan bertekstur lembut seperti bubur setidaknya selama 2-3 hari.

Minum obat sesuai resep dokter

Jika memiliki alergi terhadap sesuatu dan hal tersebut menyebabkan bibir membengkak, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghindari penyebab alergi tersebut. Biasanya, dokter akan meresepkan obat alergi yang dosisnya disesuaikan dengan kondisi Anda. Dokter juga dapat meresepkan antibiotik bila Anda mengalami tanda-tanda infeksi.

Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, maka segera periksakan diri ke dokter. Terlebih jika bibir  terus membengkak disertai dengan gejala berikut ini:

             Mengi (suara napas seperti siul karena sesak napas)

             Susah bernapas

             Hilang kesadaran

             Pembengkakan pada mulut dan lidah

Apakah Bibir Tiba-Tiba Bengkak Berbahaya?

Kondisi bibir bengkak berdasarkan penyebabnya bisa dikategorikan menjadi kondisi yang berbahaya dan tidak. Jadi penting untuk Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Penanganan akan lebih mudah apabila dengan cepat bisa mengingat apa yang sudah kita konsumsi, apa yang membentur bibir, atau adakah penyakit keturunan yang kita miliki,

Terlambat menangani penyebab bibir bengkak yang bisa membahayakan. Bahkan jika hanya disebabkan oleh alergi pun, jika tidak langsung mendapatkan pengobatan maka alergi bisa juga membuat  kesulitan bernafas.

Itulah mengapa jika bibir bengkak diikuti juga dengan gejala membahayakan lain, sebaiknya segera mencari pertolongan pertama dengan memeriksakan diri.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi bibir tiba-tiba bengkak, semoga bermanfaat.


Photo by Shiny Diamond from Pexels

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar