SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Berkenalan Dengan Dunia Data Scientist (Pengalaman Belajar di Bootcamp Hacktiv8)

 Bootcamp Hacktiv8


Kalian ada rencana kemana akhir tahun, hmmm, saya sendiri belum memiliki rencana kemana-mana, tapi yang pasti minggu ke tiga di bulan desember ini saya habiskan dengan mengikuti sebuah kelas on line. Dari pada mati gaya ga bisa bebas ke mana-mana, selama masih bisa bekerja dan berolahraga, sesekali mengambil kelas online menjadi hiburan tersendiri.

Sebagai seorang blogger emang selalu dituntut untuk terus mau belajar dan berubah. Selain mengikuti tren yang terjadi minimal tidak tertinggal informasi akan teknologi yang selalu hadir. Bahkan perkembangan dunia blog pun selalu ada perubahan setiap tahun. Berubah atau punah, beberapa pakar motivasi sering mengatakan itu.

Beberapa kelas lancar untuk diikuti, beberapa lainnya mulai terasa bosan dan mulai tersendat bahkan untuk kelas data science sempat berfikiran untuk berhneti ditengah jalan sajalah.

Penasaran sama kelas online yang saya ikuti? Ini dia kelasnya ….

 

sekolah coding


Belajar Mengenal Data Scientist Bareng Bootcamp Hacktiv8

Tidak ada alasan khusus sebenarnya untuk mengenal dan belajar mengenai data scientist, ga bisa dipungkiri juga sich sebenarnya data scientist telah menjadi sebuah pekerjaan yang prestisius dan semakin diminati terutama di era digital seperti sekarang.

Apalagi saat ini juga sudah mulai banyak sekolah coding yang menawarkan program kursus data science.

Jadi kamu-kamu yang tertarik dengan akselerasi dunia big data, mengambil kursus data science adalah pilihan menarik.

Sederhananya Data Science itu sendiri adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang data kualitatif dan data kuantitatif yang terstruktur dan tidak terstruktur. Pengumpulan, analisa, pengolahan, pengelompokan, penyajian, distribusi hingga mengubah suatu data menjadi tersaji dalam bentu informasi dalam bentuk output yang diinginkan dan mudah dimengerti adalah sebuah proses data dalam ilmu data science.

Data science sendiri bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan-keputusan yang tepat dan lebih baik sehingga tujuan bisnis tercapai.

Kalau mengambil jalur pendidikan formal pendidikan tinggi maka setidaknya dibutuhkan waktu 4 tahun namun dengan hadirnya sekolah coding, proses ini dapat di persingkat menjadi 3-4 bulan saja. Namun memang bener-bener memerlukan ekstra diatas rata-rata. Tidak hanya waktu yang ektra mepet, dengan tingkat konsentrasi yang harus benar-benar fokus untuk dapat memahami data scientist ini.

Dalam mengikuti kelas Data Science ini kita dituntut untuk sangat fokus dan memiliki jadwal kosong, dan sangat tidak direkomendasikan untuk mengikuti kelas bootcamp sembari bersekolah, kuliah apalagi bekerja. Hal ini karena dalam bootcamp ada keterbatasan waktu belajar yang sangat singkat dan padat disertai tugas yang harus disertai dengan deadline.

Dalam kelas kemarin cukup intens membahas beberapa library Python seperti Pandas, Numpy dan Matplotlib. Sementara Pandas mirip dengan bahasa SQL untuk melakukan manipulasi query, Numpy digunakan untuk penghitungan data numerik, dan Matplotlib untuk visualisasi data.

Disini kalian diajarkan bagaimana menampilkan data secara realtime di internet, meskipun masih via localhost, untuk Matplotlib diajarkan bagaimana cara membuat graphic reporting berupa chart, line maupun pie. Latiham lainnya adalah sebuah analisa data yang diterjemahkan dalam bentuk visual, mampus gw, malah masih belum paham lagi. 

Tapi tenang kalau masih bingung dan belum paham mentornya siap membantu menjelaskan kembali kok.  


coding bootcamp terbaik


Bootcamp Hacktiv8  hadir untuk menjawab semua rasa ingin tahu tentang dunia data scientist. Tidak perlu latar keahlian mengenai IT untuk dapat mengerti data scientist, hanya perlu pribadi-pribadi yang tertarik dan mau belajar hal baru, karena disini tempatnya belajar programming untuk pemula dan kalian juga akan belajar pemograman phyton.

Tulisan ini terkesan tulisan Review Hacktiv8, namun kalian belum tahu kan reputasi yang disematkan sebagai coding bootcamp terbaik. 

Bahkan Hacktiv8 berhasil mematahkan stigma negatif tentang coding bootcamp yang mampu mencetak Programmer siap kerja hanya dalam kurun waktu 4 bulan. Ngeri kan hanya dalam kurun waktu 4 bulan saja loh ya.

Jadi ga salah kalau Hacktiv8 sebagai tempat Kursus Full Stack Developer, tempat Belajar Pemrograman Python dan Belajar programming untuk pemula. Memang sangat tidak mudah, ini harus saya tekankan sedari awal. Sangat tidak mudah. Karena Data Science kental dengan segala bentuk disiplin ilmu yang berhubungan dengan science khususnya matematika, aljabar, statistik, dan kalkulus. Selain itu, perlu dilakukan eksplorasi diri untuk mengetahui apakah kita tertarik dengan dunia Big Data, Machine Learning, dan hal-hal yang berkaitan dengan software engineering, ingat sangat tidak mudah.

Tapi tenang, saya juga sempat down kemarin, ini kok susah amat. Ada salah satu bagian dalam kursus Kursus Data Science yang mengajarkan kegigihan untuk mau terus belajar. Engineering empathy yang mengajarkan agar untuk tidak menyerah ketika  Belajar Pemrograman Python ataupun Kursus Full Stack Developer. Sembari terus menerus dimasukkan pesan positif agar tidah menyerah dan berhenti ditengah jalan. Plus diingatkan kembali goal-goal yang dapat diraih, pekerjaan yang dapat dikerjakan.

Alasan lainnya mengapa mengikuti Bootcamp Hacktiv8,  karena Hacktiv8 adalah salah satu sekolah coding bootcamp terbaik dan sekolah coding bootcamp pertama di Asia yang sudah terdaftar di CIRR (Council on Integrity in Results Reporting). CIRR sendiri adalah standar yang dikembangkan oleh lembaga independent yang melakukan audit lulusan atau output dari banyak coding bootcamp di tingkat global yang menjunjung tinggi transparansi hasil belajar kepada publik.


Belajar Pemrograman Python



Jadi terasa pas ketika sudah merasakan langsung kelasnya dan mendapatkan ilmu, waktunya untuk berbagi Review Hacktiv8, agar semua orang dapat merasakan manfaat yang sama.

 

Jangan Kendur Balajar Data Science.

Seperti yang sudah saya katakan memang tidak akan mudah, namun coba ikuti hingga selesai. jangan berhenti sebelum selesai. Komitmen penting selama mengikuti program Bootcamp Hacktiv8, pasti akan banyak tantangan, tekanan selama mengikuti melalui tugas yang diberikan. Namun semuanya adalah pilihan tetap mengikuti atau akan berhenti. Perlu diingat adalah mengikuti Kursus Data Science hingga selesai akan mendapatkan hasil sepadan dengan apa yang sudah diupayakan.

Dalam Kursus Data Science tempat Belajar programming untuk pemula. Tidak hanya akan mendapat pelatihan teknis pemograman saja. engineering empathy yang masuk didalamnya termasuk dalam kurikulum motivasi dan pengembangan diri yang diberikan. Juga diberikan materi pembentukan growth mindset, yang akan menjadikan kamu pribadi lebih aware akan kemampuan diri serta memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu bisa dipelajari dan kegagalan merupakan jembatan menuju kesuksesan. Growth mindset sangat membantu untuk memiliki mental yang kuat, membuat sadar bahwa setiap orang memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda sehingga tidak akan membandingkan diri dengan orang lain.

 

Kursus Full Stack Developer.


Siap-siap belajar

Perangkat keras yang harus dimiliki minimalh sebuah unit komputer dengan spesifikasi  prosessor setara Intel Core i5, kecepatan 2 GHz dengan RAM minimun 8 GB atau lebih, plus ruang hardisk 200 GB.

Hal dasar lainnya yang harus siapkan adalah membuat akun zoom karena pembelajaran akan dilakukan via online, plus membuat akun discord yang akan memudahkan berkomunikasi baik dengan student ataupun coachnya. Lalu buat akun juga di kode.id. setalh itu lanjut dengan melakukan download beberapa tools seperti Python, Anaconda dan beberapa Code editor seperti Visual Studio Code, Sublime Text.

Dalam Bootcamp Data Science beberapa materi yang akan didapatkan meliputi Python, Aljabar, Linear, Calculus, Statistics, Machine Learning, Deep Learning, dan Big Data.

Oke, jadi sekarang punya gambaran dalam membuat tampilan statistik laporan kegiatan bulanan, semesteran dan tahunan yang menarik dan terstruktur. Big data yang sudah ada semakin dapat dimaksimalkan lebih. Sehingga tidak hanya bermanfaat untuk instansi tetapi pihak-pihak lain yang membutuhkan.


Review Hacktiv8

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

36 komentar

  1. huha banyak bahasa asing yang roaming di otak saya, oke harus belajar lagi, mengosongkan gelas, tapi untuk saat ini belum dulu, mabuk saya
    terima kasih sharingnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga udah mabuk kemarin-kemarin kak .. tapi seru kok.. kalau bingung.. liat rekamannya lagi

      Hapus
  2. Berarti bisa belajar dari dasar banget ini ya kak. Terutama buat yang belum pernah pegang aplikasi Python dan masih belum paham bahasa yang dipake. Aku masih penasaran sama data science ini. Pengen ikut belajar juga jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kak ikutan.. mumpung banyak promo menarik yag tersedia

      Hapus
  3. Sesungguhnya saya tidak paham bahasa pemrograman. Namun penasaran sebenarnya. Dalam benak saya selalu menganggap dunia pemrograman adalah milik lelaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah banyak berubah kak.. banyak banget wanita yang sudah terjun ke dunia pemograman

      Hapus
  4. Jujur saya masih awam banget sama programming kak, tapi makin kesini saya liat banyak yang udah paham jadinya saya lebih termotivasi buat belajar juga. Makasih sharingnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kak coba ikutan.. setidaknya coding dan programing tidak seseram dahulu

      Hapus
  5. Jujur bagi saya profesi data scientist masih terdengar asing. Tapi memang pekerjaan ini semakin banyak dicari dan diminati. Kalau memang berminat dan butuh ga ada salahnya untuk fokus mengikuti kursus ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini dan ke depannya profesi data scientist akan sangat dibutuhkan dan akan berkembang pesat...

      Hapus
  6. Lumayan banget nih kalau bisa belajar Data Scientist. Di masa sekarang sangat sangat dibutuhkan. Bisa disarankan ke anak-anak gen z yang sedang bingung cari apa yang cocok untuk masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss... bener banget kak... salah satu profesi menarik di masa depan

      Hapus
  7. Kalau suruh belajar ngoding otak saya sampai pusing karena kode yang rumit sakali

    BalasHapus
  8. Mengenal data seperti coding Bootcamp Hacktiv8 menyenangkan dan tidak membuat binggung

    BalasHapus
  9. Semua hal yang berurusan dengan coding menurutku adalah hal yang rumit. Apalagi kalau disandingkan dengan data science. Aku mendadak migrain.

    Tapi beberapa waktu lalu, aku mendaftarkan adikku di hacktivkidz. Dan dia cukup fun belajarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan memang hacktivkidz mengemas pelajaran coding untuk anak menjadi mudah dicerna dan menyenangkan.....

      Hapus
  10. Kak bagi Saya Hal ini masih awam banget, Tetapi disatu sisi malah membuat saya termotivasi buat belajar juga, jadi tertantang nih. Trims sharringnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak... saya juga masih awam,... makanya ambil kursus singkatnya

      Hapus
  11. Kalao kata Erick Thohir, salah satu pekerjaan masa depan yang menjanjikan adalah menjadi analis data scientist. Gak semua orang bisa diandalkan soal ini. Asik banget bisa ikutan bootcamp Hacktiv8, bisa dapat banyak ilmu.

    BalasHapus
  12. Mas, kalau pengen ikut bootcamp di hactiv gini biayanya berapa ya? Saya pengen banget belajar phyton, kayaknya harus ikut kelas biar belajarnya lebih semangat. Soalnya kalau belajar sendiri, banyak godaannya dan akhirnya nggak fokus deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess... bisa langusng kunjungi website mereka kak untuk harganya.... semoga masih kebagian diskon dan promo menarik dari mereka

      Hapus
  13. Akupun mengakui kalau belajar pemrograman itu enggak mudah apalagi dalam waktu singkat. Tapi menurutku bagi mereka yang ingin berkarir di data science dan belum punya basic, ada baiknya bekali dulu basicnya atau konsultasikan dengan Hacktiv8 terlebih dahulu sebelum ambil kelasnya

    BalasHapus
  14. Jujur setelah membaca, aku banyak hal2 yg muncul dikepalaku kak, Bisa dibilang orang awam kayak aku ttg data science rumit ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm.. baiknya ikuti kursusnya aja kak biar ga penasaran lagi

      Hapus
  15. Bagi yg minat ama data scientist, bootcamp dari Hactiv8 ini pantang untuk dilewatkan nih

    BalasHapus
  16. Mantap banget kalau ngomongin soal Data Science ya mas. Memang ilmu ini yang nanti akan berguna banget di masa depan. Nah, kalau kursusnya di Hacktiv nggak diragukan lagi deh gimana skill jebolan mereka. Pasti pada keren..terbukti

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. secara sudah banyak lulusan mereka yang telah bekerja ... jadi ga ada alasan lagi untuk ragu kursus di hacktiv..

      Hapus
  17. Laptopnya kalau hanya RAM 4GB kurang ya? Saya hanya punya laptop RAM 4 GB soalnya

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih