SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Gilaaaakkkkkk.. Kotoran Telinga Ini Yang Membuat Berdenging Seminggu Lebih

 

telinga
telinga (ilustrasi dari pexels)


Setidaknya saya memperhatikan telinga sebelah kiri berdenging dan ada rasa berisik didalamnya. Entah apa pemicu awalnya, namun sempat menduga-duga kemunculan bunyi berdenging pada telinga kiri berawal dari bersin pada pagi hari beberapa waktu lalu.

Memang saya kalau pagi hari sering bersin-bersin dan akan hilang dengan sendirinya jika beranjak siang.  Mungkin ini lah penyebab awal kuping berdenging tersebut (dugaan saya).

Namun telinga berdenging ini tidak disertai gejala sakit lain seperti pusing atau pilek. Sempat semakin bingung awalnya, ini telinga hanya berdenging dan sebelah kiri saja (kanan tidak berdenging, normal) tidak merasa sakit tapi jelas mengganggu aktivitas.

 

Proses Pencarian Informasi.

Selama hidup baru kali ini merasa telinga berdenging tidak diketahui juga secara pasti pemicu apa? Penasaran dan mencari tahu dulu didunia maya.

Google sendiri merangkum dengan kata kunci telinga berdenging kepada iklan obat herbal, Obat herbal yang dijual seharga Rp. 170.000,- ditengarai mampu mengobati segala keluhan mengenai sakit pada telinga.  Ada nomor yang dapat dihubungi setelah sebelumnya membaca informasi dari halaman website mereka.

Sempat memesan dengan sistem pembayaran COD namun karena akhir pekan dan saya juga sedang tidak berada dirumah akhirnya diputuskan untuk menunda transaksi.

Sembari saya juga brosing ke website kesehatan yang terpercaya, beberapa menjelaskan telinga berdenging dengan istilah tinnitus, dijelaskan secara lengkap apa itu tinnitus hingga disarankan agar konsultasi ke dokter yang lebih ahli agar dapat diambil tindakan yang lebih pasti,

Melalui internet informasi dikumpulkan tetapi tetap dibutuhkan konsultasi kepada orang yang lebih ahli dalam hal ini dokter, sempat bingung diawal, apakah cukup hanya brosing informasi dari dunia online dan konsumsi obat herbal dahulu saja. Karena telinga berdenging sebelah kiri saja sehingga waktu seminggu berlalu. Berdenging tetapi tidak sakit.


Coba Periksa Ke Puskesmas

Setelah satu minggu berlalu dan kebetulan ada waktu lowong, saya coba periksakan diri ke puskesmas.  Mengambil waktu sore hari selepas bekerja juga demi menghindari keramaian pagi hari (pagi hari masih digunakan sebagai tempat vaksinasi).

Datang bertemu dokter dan memang sepi puskemas kala sore hari, kebetulan rujukan faskes saya adalah puskemas menteng (bukan karena saya anak menteng ya, namun lokasi kerja yang kebetulan di Jakarta Pusat, jadi faskes merujuk ke puskesmas Menteng ini.

Lupa juga saya bertanya nama dokternya, namun yang saya ingat dokter wanita muda berkerudung merah muda ini baik. Memeriksa dan bertanya tentang keluhan sakit dan alasan datang ke puskemas.

Menggunakan lampu yang dikenakan di kepala dokter memeriksa telinga bagian dalam dan semudah membalikan telapak tangan, penyebab telinga sebelah kiri bising adalah adanya kotoran telinga yang menumpuk. Maka tindakan yang dilakukan adalah mengambil kotoran telinga tersebut, menggunakan penjepit panjang yang dimasukkan ke dalam telinga.

Tidak membutuhkan waktu lama, kotoran telinga padat berdiameter sebesar ujung jari kelingking berhasil di tarik keluar.


Kotoran Telinga Yang Menyumbat
Kotoran Telinga Yang Menyumbat 


Ploooongggg, setelah kotoran telinga tadi dibawa keluar, otomatis telinga jadi berasa longgar dan seketika bunyi berdengingnya hilang.

Kenapa bisa terjadi sumbatan kotoran telinga ya? Ini yang menjadi pertanyaan saya dan dokternya. Sehingga telinga kanan juga dilakukan pemeriksaan dan ditemukan hasilnya bersih. Lah secara saya sendiri kalau membersihkan telinga, pasti kedua-duanya, kiri dan kanan. Namun mengapa yang kiri mengalami sumbatan dan menjadi kotoran telinga ya.

Namun kata doktenya, tidak apa-apa dan tidak menjadi masalah selama kotoran itu sudah dibuang. Sementara bekas kotoran tadi di telinga menyebabkan sekitar telinga berwarna merah. Dokter bertanya, apakah sakit telinga setelah di buang kotorannya dan memerlukan resep penghilang rasa sakit.

Memang karena tidak sakit (meskipun kata dokternya ada sedikit bekas merah/iritasi bekas kotoran tadi)ya saya putuskan untuk tidak usah diresepkan obat. Toch sumber yang bikin berdenging dan suara berdenging itu sudah hilang. Tujuan saya tercapai dan sembuh.


Kesimpulan,

Beruntung telinga yang berdenging namun tidak sakit namun memang mengganggu aktivitas, membuat saya mencari tahu dan menentukan berbagai macam pilihan untuk diputuskan.

Keputusan yang tepat setelah mengumpulkan dan mendapatkan informasi adalah berkonsultasi kepada yang ahli dalam hal ini dokter.

Sebab keputusan yang saya buat berdasarkan pencarian di internet nantinya hanya akan berujung trial and error (coba-coba) sementara dokter sudah ahli dan paham serta memiliki pengalaman dan pengobatan mengenai kesehatan itu sendiri.

Jadi kalau sakit, ga salah juga cari tahu di internet tapi jangan lupakan untuk tetap konsultasi dengan dokter ya, biar ga salah pengobatan.

Salam sehat.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

1 komentar

  1. wah hasil pemeriksaan di puskesmas menteng ternyata akibat berdengingnya itu terdapat kotorannya lumayan besar ya, alhamdulilah setelah dibuang tidak ada rasa sakit. Thx for share

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih