SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Makanan Yang Baik Dan Jahat Buat Jantungmu

 

Sakit Jantung
Waspada Sakit Jantung

Edan, penuh dan ramai banget orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat. Secara hari ini jadwal saya untuk melakukan Fisioterapi lanjutan, pemulihan tangan paska operasi.


Sembari menunggu ada baiknya baca-baca brosur yang sudah mereka buat, dan taraaa, saya jadi terinformasikan kembali tentang makanan yang baik dan tidak baik untuk jantung itu sendiri.


Saat ini beberapa penyakit jantung sulit terdeteksi dan menyerang tiba-tiba, sehingga korban meninggal dengan cepat, makanya penyakit jantung juga familiar disebut silent killer.  Sudah sepatutnya untuk dapat terhindar dari penyakit jantung adalah menerapkan pola hidup sehat (yang ini susah susah gampang pastinya). 

 

Pola makan yang tidak sehat, tidak seimbang seperti mengandung protein, lemak, kalori dan garam tinggi tapi rendah serat dapat membuat perubahan status gizi menuji obesitas. 

 

"Nutrition isn't just about eating, it's about learning to live," Patricia Compton.

 

Makanan Baik Untuk Jantung
Makanan Baik Untuk Jantung 


 Berikut makanan yang baik untuk jantung.

  1. Yoghurt, ditenggarai mampu menormalkan detak jantung karena mengandung vitamim B12 yang dapat membantu sel-sel saraf berkembang, pada akhirnya dapat memperkuat sel saraf. Apalagi saat ini banyak varian rasa dan produsen Yoghurt jadi ga ada alasan lagi untuk tidal mengkonsumsi yoghurt.
  2. Pisang, kalau yang ini sudah pada tau kan, pisang itu mengandung kalium yang merupakan elektrolit penting untuk mengatur detak jantung. 
  3. Bawang putih, kandungan alicin didalamnya mampu membantu menghilangkan kolesterol jahat.
  4. Ikan, semua lemak ikan terutama salmon, mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan kolesterol baik. Ah, ikan mah kesukaan saya jadi ga ada masalah.
  5. Oatmeal, makanan ini dapat menyingkirkan kolesterol jahat dari pembuluh darah. Oatmeal juga kaya asam lemak omega 3 yang menjaga detak jantung lebih stabil.

Makanan Jahat Baik Untuk Jantung
Makanan Jahat Baik Untuk Jantung 


 

Lalu makanan apa yang harus dihindari agar jantung tetap sehat?

  1. Makanan Olahan Kripik, bila di konsumsi berlebihan maka makanan ini berpotensi untuk menimbulkan penyakit jantung. Haduh...malah suka banget lagi makan kripik, harus dikurangi mulai sekarang ini. 
  2. Kuning telur, makan kuning telur berlebihan akan menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. 
  3. Lemak Jenuh, biasanya terdapat dalam daging merah, aneka produk susu, kelapa dan minyak sawit. Ini dapat menyebabkan arteri di jantung mengeras dan menyempit.
  4. Garam, makanan yang mengandung garam berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang akan berujung pada penyakit jantung. 
  5. Makanan Manis,  kebanyakan makanan manis akan menimbulkan diabetes, salah satu faktor penyebab sakit jantung dan pembuluh darah adalah diabetes.
  6. Makanan Cepat Saji, terutama yang dipanggang memicu penyakit jantung karena peningkatan lemak dalam tubuh.

 

Jadi pada intinya adalah mengurangi atau menghindari (lebih baik dan kalau bisa) makanan penyebab sakit jantung akan lebih bermanfaat ditambah lagi meningkatkan konsumsi makanan yang menyehatkan dan berguna untuk meningkatkan kualitas jantung itu sendiri.

 

Semoga kita dijauhkan dari sakit jantung. Dan untuk yang sudah terkena sakit jantung, diberikan semangat dan mematuhi pola hidup sehat agar dapat sembuh dan beraktivitas kembali seperti sedia kala.

 

Salam Jantung Sehat.

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar