SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Di Waspadai.

Serangan-Jantung
ilustrasi dari pixabay.com


Tubuh kawan itu terbilang bugar dan segar namun siapa sangka tanpa ia sadari memiliki jantung yang lemah dan berujung harus meregang nyawa diusianya yang terbilang masih muda.

Dalam tubuh manusia salah satu organ yang vital dan penting adalah jantung. Jantung sendiri memiliki fungsi mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen menuju seluruh tubuh. Tidak hanya oksigen, jantung juga  mengalirkan darah yang berisi dengan segala jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jantung yang sehat dan normal akan membantu kelangsungan hidup manusia menjadi lebih baik.

Jantung bekerja non stop, terus-menerus dalam tubuh untuk memompa darah dan mengalirkan darah menuju seluruh tubuh. Jantung setidaknya perlu untuk mengalirkan 14.000 liter darah pada orang dewasa setiap sehari. Jadi sudah paham kan, meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun jantung menjadi organ yang sangat vital dalam tubuh. Bayangkan jika berhenti sejenak, maka berhenti pula aktivitas kita sebagai manusia.


Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Di Waspadai.

Faktanya adalah penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Beberapa bahkan mengabaikan  gejala awal penyakit jantung yang hadir.

Padahal dengan mengenali gejala awal dari  penyakit jantung yang tepat dan ditangani secara dini akan berujung kepada mengurangi risiko kematian.

Serangan-Jantung
ilustrasi masih dari sumber yang sama 


Pahami juga bahwa tidak semua gejala awal penyakit jantung itu sama, apalagi untuk pria dan wanita. Namun ada sejumlah gejala awal penyakit jantung yang umum terjadi. Dimulai dari  : 

1. Mudah Lelah

Ini adalah indikator yang mudah ditemui, jika kalian sering merasa lelah secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang berarti, hati-hati. Bisa jadi itu pertanda   memiliki masalah dengan jantung.

Terlebih jika sebelumnya kalian tidak merasakan kelelahan ini setelah melakukan aktivitas yang sama, misalnya naik tangga atau membawa barang belanjaan.

Dalam beberapa kasus, kelelahan yang tidak biasa seperti ini dapat berlangsung beberapa minggu menjelang munculnya penyakit jantung. Kondisi tubuh yang lemas, lemah, dan terus gemetar ini bisa disertai dengan beberapa gejala lainnya. Mulai dari mudah gelisah, pusing terus-menerus, dan sering pingsan. Perhatikan gejala awal ini ya.

2. Detak Jantung Tidak teratur

Gejala umum lainnya adalah Palpitasi (detak jantung tidak teratur) biasanya ditandai dengan detak jantung yang berhenti sebentar, tapi kemudian dilanjutkan kembali dengan irama yang kencang.

Sebagian besar orang yang mengalami Palpitasi jantung juga memiliki aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Jika detak jantung yang tak teratur ini berujung pada penyakit jantung, biasanya akan disertai dengan tanda lainnya. Mulai dari pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh terasa goyah.

 3. Sakit Punggung, Lengan atau Dada

Serangan jantung terjadi karena suplai oksigen ke jantung terhambat, akibat dari aliran darah pembawa oksigen ke jantung terhalang. Saat sel otot jantung mulai kehabisan oksigen itulah, sistem saraf akan memberikan sinyal rasa sakit. Akan tetapi karena lokasi saraf yang berdekatan, otak bisa mengalami kebingungan perihal asal sinyal tersebut. Alhasil, mungkin saja rasa nyeri atau sakit itu terasa di siku, bahu, punggung atas, rahang, atau leher. Bukan di dada. Karena itulah, banyak orang mengabaikan gejala ini.

4. Napas Pendek

Lainnya adalah munculnya sesak napas dan biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri dada, adalah salah satu gejala yang juga sering terjadi sebagai gejala awal penyakit jantung.

Jantung mengambil peran kunci dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari jaringan. Sehingga, aliran darah yang terhambat bisa berdampak pada cara bernapas. Nah, kalau napas pendek ini kalian alami tanpa ada pemicu yang jelas, sebaiknya waspada ya.

5. Nyeri Dada

Nyeri dada atau angina adalah gejala awal penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada dada. Gejala ini terjadi pada saat otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen dan penyumbatan pada arteri yang memasok darah menuju ke jantung. Nyeri dada ini berupa rasa sakit, sesak, seperti ditekan, hingga seperti ditindih benda keras pada bagian dada.

 6. Sakit Perut, Heartburn, dan Muntah

Alih-alih dirasakan di dada, serangan jantung juga bisa muncul berupa masalah perut. Misalnya merasa mual, heartburn, muntah atau perut tegang. Uniknya, gejala ini lebih sering terjadi pada wanita. Namun, gejala yang sama juga bisa dirasakan ketika kamu mengonsumsi makanan yang salah. Namun, untuk lebih jelasnya, lebih baik kalian memeriksakan diri ke dokter ya.

7. Keringat Dingin

Saat pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan asupan oksigen sehingga menyebabkan suatu kondisi yang disebut iskemia.

Keadaan ini memicu keluarnya keringat berlebih dan penyempitan pembuluh darah, yang kemudian muncul sebagai suatu sensasi yang sering dideskripsikan sebagai keringat dingin.

Perhatikan tubuh kalian ya, jika mengalami beberapa hal di atas secara terus-menerus, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahli ya.  Tapi jangan juga tersugesti negatif dan langsung menghubungkan dengan sakit jantung. Berkonsultasi dengan dokter ahli adalah jalan terbaik.



Namun akan jauh lebih baik untuk menerapkan perubahan kecil pada kebiasaan hidup kita untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Caranya mudah, mulai dari mengatur pola hidup sehat dengan rutin berolahraga (saya memilih bersepda dan sangat baik untuk jantung) dan konsumsi makanan sehat seperti buah segar, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian setiap harinya. Selain itu, susu yang rendah lemak jenuh sangat membantu untuk kesehatan jantungmu.

Jangan lupa juga untuk menambahkan susu Anlene Gold Plus dengan formula tambahan Beatplus yang membantu melengkapi gaya hidup sehat dengan asupan gizi yang dapat mempertahankan kesehatan jantung.

Jadi sudah tahu dong yang harus diwaspadai dari penyakit jantung namun jangan lupa juga untuk merawat serta mempertahankan kualitas jantung agat tetap dalam keadaan sehat dan fit selalu.

Salam Sehat


Sumber:

·     http://www.depkes.go.id/article/view/17073100005/penyakit-jantung-penyebab-kematian-tertinggi-kemenkes-ingatkan-cerdik-.html

·     https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease/art-20046167

·     https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-fungsi-jantung-ini-pada-tubuh-manusia

·     https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/03/184400420/waspadai-enam-gejala-awal-serangan-jantung

· https://www.webmd.com/heart-disease/features/never-ignore-symptoms#2

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar