SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Menata Karir Sukses Semenjak Muda.

 

Menata_Karir_Sukses_Semenjak-Muda.
Menata_Karir_Sukses_Semenjak-Muda.

 

Minggu lalu bertepatan dengan liburan panjang, beberapa kawan memilih  untuk menghabiskan waktu bersama keluarga liburan di luar kota. Sementara saya dan keluarga belum memiliki mental berani untuk berlibur keluar kota.

 

Namun sebagai blogger yang tergabung dengan beberapa komunitas, beruntung saya dapat menghabiskan waktu dengan menambah wawasan dan pengetahuan mengikuti webinar-webinar yang ada.

 

Kalau Kak Maria Tanjung, menceritakan alasan ia menulis adalah senang berbagi kisah yang terjadi dengan sekitaran sembari kalau beruntung menghasilkan sesuatu dari menulis.

 

Tidak jauh berbeda, kalau bisa menambah penghasilan dengan menulis kenapa tidak. Tapi kalaupun tidak dengan menuliskan yang terjadi disekitaran pastinya akan membuat daya pikir dan cara berfikir menjadi runut. 

Ublik_Bicara
Ublik Bicara

Mengikuti Webinar dan merangkumnya kembali adalah jalan ninja saya untuk mau terus belajar dan menyimak. Pun tidak berbeda kali ini, melalui Komunitas Ublik mengundang  Kak Anggita Cremonandra, untuk berbagi pengalaman suksesnya. Usianya terbilang masih muda banget tapi pencapaian yang sudah berhasil ia raih diatas rata-rata.


Berikut Catatan saya pribadi selama webinar berlangsung.

Ia memulai dengan berbagi cerita pengalamannya, hey, bulan ini saja  setidaknya ada tujuh  project yang harus ia selesaikan. Mepet dead line semuanya, namun terlihat kak Gita (begitu ia biasa disapa)  masih semangat untuk share ilmunya. 

 

Setidaknya empat  tahun sudah ia mengabdi di Telkom Jakarta, memulai di bagian Customer,  lanjut ke Deputi Unit Gambir.  Target yang ia harus ia capai sebanyak tujuh Milliar ketika pindah di Cempaka Putih yang sebelumnya di Gambir hanya sebanyak satu Milliar saja.  Sejauh ini semua target yang dibebankan kepadanya sudah tercapai.

 

Menata_Karir_Sukses_Semenjak-Muda.
Menata_Karir_Sukses_Semenjak-Muda.

Definisi sukses masing-masing orang beda-beda ya. 

Ka Gita berpesan bahwa menjadi cemerlang dalam hidup bukan menunjukkan kehebatan (lebih hebat dibanding orang lain) tapi harus memberikan manfaat, minimal orang disekitar kita. Hidup ini singkat dan harus bermanfaat. 

 

Pesannya sebisa mungkin sebelum lulus kuliah,  sudah bisa membayangkan pekerjaan yang akan ditekuni (ini karena 80 persen peserta ublik adalah mahasiswa dan pelajar). Ga harus mendetail namun setidaknya sudah memiliki bayangan.

 

MENGETAHUI DIRI

Gunakan SWOT, Strengh, Weakness,Opportunities dan threat. Definisikan diri dari sisi perilaku dan kompetensi.

Mengambil contoh dirinya sendiri, sebagai lulusan Teknik Industri ia selalu kedepankan efektivitas dan efesiensi  mencari dimana ada kesalahan dalam sebuah proses sistem.

 

Kenali kekuatan apa, sertifikasi apa yang sudah didapat.

 

Lalu kita juga harus tahu kelemahan kita apa?  Eg, orang seperti apa kita sebenarnya, apakah termasuk orang yang suka menunda, malas atau tidak.suka menerima pendapat orang lain. 

 

Biasanya anak-anak yang baru lulus kuliah memiliki ego tinggi dan sok pintar.  Ok, beberapa memang pintar tapi tunjukkan dengan cara yang baik, bukan dengan sikap sombong atau angkuh..

 

Hal berikutnya Ka Gita menegaskan bahwa kita harus mengetahui tujuan dan goals kita setelah mengetahui tentang diri.

 

Tentukan Goalmu dan naiki tangganya jangan sampai terlena.  Tangga itu pijakan sementara agar kaki kita melangkah lebih tinggi.

 

Setelah tau goal kita apa? Lalu apa? Thomas alva Edisom berujar, vision without execution is a hallucination. Ya, berani mengambil tindakan.

 

Setting target kita terlebih dahulu lalu melakukan yang terbaik

Always Do your Best,  what you plant now you will harvest later.

Og. Mandino

 

Yang baik itu bukan menyempurnakan satu  hal tapi mampu mengoptimalkan semua hal yang ada. Yang baik adalah optimal bukan perfeksionis. 

 

 

Menata_Karir_Sukses_Semenjak-Muda.
Menata_Karir_Sukses_Semenjak-Muda.

Tentang Passion

Ternyata passion bisa muncul setelah kita bekerja keras. Mungkin saja kita tidak merasakannya diawal ketika bekerja. 

 

Ia mengambil contoh sosok Gita Gutawa, dari kecil sudah ia sudah akrab dan  berkenalan dengan musik, bahkan lahir dalam keluarga pemusik. Tidak mustahil ketika ia bertumbuh besar passion dan karirnya tidak jauh dari musik.

 

Sementara Bunga Citra Lestari (BCL), tahun 2011 ia memulai karir sebagai penyanyi (karena tuntutan peran) sembari memainkan  peran di film Dealova. BCL mengambil latihan, les vokal dan lainnya yang diperlukan dengan usaha dan upaya yang luar biasa. 

 

Ketika waktu rekaman tiba ia sakit, namun ia memaksakan diri untuk sembuh dan mencoba untuk  memberikan yang baik. Dan itulah single pertama BCL. Siapa sangka sekarang setelah semua perjuangan ia lewati, passion BCL muncul di bidang olah vokal dan sukses dalam bidang tersebut melebihi karirnya dalam industri film.

 

 

Pekerjaan_Yang_Bertahan_dan_Hilang
Pekerjaan_Yang_Bertahan_dan_Hilang

Upgrade Your Self. 

Setelah menemukan passion jangan lupa untuk melakukan upgrade diri. Makin tinggi seseorang makin tinggi skill juga yang dibutuhkan. 

 

Kak Gita sendiri saat ini masih rajin untuk mengikuti les, rajin baca buku, ikut pelatihan dari kantor dan lainnya. Ia menegaskan bahwa dalam proses belajar memperoleh ilmu pengetahuan didapat 10 persen dari membaca buku lalu 20 persen dari mentor, guru atau pelatih atau diskusi dengan teman sementara sisanya 70 persen   adalah eksekusi learning by doing. 

 

Kalau lagi belajar diperhatikan meskipun ada pelatihan yang sudah pernah kita ikuti, tetap serius dan semangat serta percaya pasti akan ada hal baru lainnya di dalam pelatihan tersebut dan sebisa mungkin ikut terlibat aktif. 

Terakhir dari semua penjelasan dan sharingnya Kak Gita ia simpulkan secara sederhana. Knowing your self, Set your goals, Do your best, Up grade your self.

 

Its all about you, jadi semuanya tentang kita.

 

Kalau dari dasarnya kita tidak mau makanya tidak akan pernah jadi dan pastinya tidak akan pernah berhasil. Jangan pernah menyalahkan lingkungan.

Jadi sudah tahu rencana dan bayangan mengenai dunia pekerjaan setelah lulus kuliah. Atau untuk orang yang sudah bekerja seperti saya, kembali diingatkan (meredefinisi) semua tentang diri saya, mulai dari mengenali, membuat goal, melakukan yang terbaik dan selalu meningkatkan kualitas diri.

 

Terimakasih Kak Gita untuk sharingnya.

Sukses untuk kita semua ya

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

16 komentar

  1. wah keren bgt sih acaranya, pematerinya jg masih muda ya. memang banyak yang bersembunyi pada alasan lingkungan yang tidak mendukung, padahal mah kalau udh passion pasti ada aja jalannya. thanks for sharing ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benner banget kak... dari kak gita ini saya belajar kembali banyak hal . . Terutama kemampuan softskill dan mau untuk terus belajar...

      Hapus
  2. Saya respek sama BCL, dia bener-bener berlatih vokal banget loh. Dan skrng kualitas suaranya terbukti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah baru tau cerita BCL dari sharing kak gita ini kak...

      Hapus
  3. Keren banget webinarnya. Aku sampe meleleh pas baca pernyataan kak Gita, bahwa hidup harus bermanfaat untuk orang sekitar. Jangan cuma sekadar kesuksesan yang engga ada manfaatnya. Kerenn seriuss

    BalasHapus
  4. Menata karir semenjak muda , kalau udah tau dari awal passionnya enak ya, kalau untuk yang sudah berkarier tinggal terus mengupgrade diri aja ya , dengan terus belajar sehingga mendapatkan hal baru.

    BalasHapus
  5. benar ya kalau ingin punya karir cemerlang dan sukses harus mau upgrade skill. soalnya kalau gak mau upgrade bakalan ketinggalan zaman. apalagi zaman sekarang sudah maju sama teknologi. keren banget tips-tipsnya makasih.

    BalasHapus
  6. Semua membutuhkan proses dan pembelajaran ya kak mau jadi apaun yang penting niatnya dulu, kerjakan dan nikmati proses maka hasil akan menghampiri dengan sendirinya.,. mantab pencerahannya

    BalasHapus
  7. Upgrade skill itu merupakan nilai plus di jaman now karena kita harus banyak belajar sebab di zaman kita kecanggihan teknologi itu masih belum ada anyway thank you so much for the tips is so amazing

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang udah modern tentu kita juga harus melek teknologi sesuai perkembangan yang ada.
    Apalagi sekarang ilmu bisa kita akses dari mana aja asalkan mau, tentu bisa kita manfaatkan untuk mengasah skill kita supaya menjadi nilai lebih kita.

    BalasHapus
  9. upgrade skill ini sih yang kayaknya paling punya pengaruh besar, karena biar gak berhenti di satu titik aja, atau mungkin malah berhenti, kan berabe

    BalasHapus
  10. Yups setuju dengan kak gita kalau hidup harus memberikan manfaat pada orang sekitar kita ya kak. Setidaknya sebagai blogger kita bisa mengupayakan agar tulisan kita benar-benar bermanfaat ya

    BalasHapus
  11. vision without execution is a hallucination. so, Knowing your self, Set your goals, Do your best, Up grade your self. success your career

    BalasHapus
  12. Upgrade skill masih jadi PR buat aku bang, seringnya terbentur sama waktu. Padahal pengen banget ikut pelatihan mengenai si mengenai teknik menulis hingga belajar coding. Apalah daya masih jadi halusinasi kalau kata Thomas Alva Edison.

    BalasHapus
  13. Pembahasan ngena banget Bang Iyus. Jadi inget PR PR yang bleum diselesaikan dan bikin semangat nih

    BalasHapus
  14. Upgrade skill memang harus terus dilakukan, karena zaman terus berubah, jgn sampai ketinggalan

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih