Mampir Sejenak Ke Sate Bandeng Hj. Maryam- Serang


 
Sate Bandeng H. Maryam
Sate Bandeng H. Maryam, Serang 
Ini kali cerita ketika saya tugas ke Serang dan sejarah mencatat sebelum pulang dinas saya dibekali oleh-oleh pak bos. Tumben nich, iya secara pak bos termasuk orang yang selektif dalam memberi. Bukan berarti pelit tapi bukan berarti royal juga. Ada sudut pandang sendiri yang hanya beberapa orang yang memahaminya saja, termasuk saya salah satunya. Dari (katakanlah) 10 perjalanan ke-dinas-an yang saya lakukan 8 kali kunjungan selesai bekerja langsung balik kanan (pulang) tidak ada acara mampir ke sana – sini, artinya hanya ada 2 kali dinas yang diijinkan untuk pelesiran sejenak.
Sepertinya tugas Serang kali ke 3 ini baru saya diajak mengelilingi alun-alun kota mereka, itu pun tidak berhenti. Hanya sekedar mengeliling dan mengagumi luasnya alun-alun dari dalam kendaraan saja. Namanya anak buah diajak jalan mah seneng-seneng aja, ye kan.
Rupanya pak Bos berbaik hati setelah mengajak kami ke alun-alun kota Serang, ia membawa kami ke sebuah tempat oleh-oleh khas Kota Serang yaitu Sate Bandeng. Beliau menceritakan bahwa istri dan anaknya suka sekali dengan panganan khas kota ini.
Namun hanya ada satu tempat dan merek yang mereka suka dan kerap kunjungi ketika di Serang. Sementara ini adalah hal baru buat saya. 

Ikan Bandeng dan Kebaikannya.

Ikan Bandeng yang banyak kita jumpai adalah ikan air asin pasifik berwarna perak yang bertelur di perairan dangkal. Habitat asli bandeng di air laut namun bandeng dapat juga di ternak pada area air tawar. Dulu saya pikir ikan ini masuk jenis air payau, campuran air asin dan tawar. Karena mudah untuk ditemui bandeng menjadi menu favorit masyarakat kita saat ini apalagi harganya terbilang tidak mahal. Yang sering menjadi masalah (buat saya) adalah duri yang dimiliki bandeng ini luar biasa banyak dan mengganggu banget. Pernah makan durinya dan sempat jengkel berhari-hari dan memutuskan tidak makan bandeng lagi sampe ditemukan teknologi presto untuk melunakkan tulangnya.
Ikan bandeng sendiri kaya akan lemak omega 3 yang baik untuk otak, omega 3 menjaga kesehatan membrane sel dan memfasilitasi komunikasi antara sel-sel otak. Kekurangan omega 3 dapat mempercepat penuaan dan defisit fungsi otak.
Selain Omega 3, ikan bandeng juga kaya akan vitamin B12 yang mana mencegah atrofi otak dan kehilangan memori.  Vitamin B12 juga berguna untuk memproduksi serotonin, bahan kimia yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati. Vitamin ini juga menvegah dan mengatasi anemia  dan berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.
Ikan bandeng juga mengandung fosfor dan kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Vitamin A dalam ikan ini juga sangat membantu untuk penglihatan dan mempertajam kornea dan melindungi dari penyakit mata sepert katarak dan degenerasi macula karena usia.
 
Sate Bandeng H. Maryam Serang
Sate bandeng H. Maryam

Sate Bandeng Serang

Nah kalau mampir ke Serang salah satu panganan yang wajib menjadi oleh-oleh adalah Sate Bandengnya. Ini adalah keunikan dari daerah Serang, kalau daerah lain memiliki sate daging khas kambing, sapi atau ayam, Serang berbeda. Selain menjadi Sate Bandeng kuliner lainnya yang unik dari Serang adalah Pecak Bandeng. Namun kali ini saya hanya menceritakan Sate Bandeng saja ya.
Konon kabar yang beredar, Sate Bandeng yang ada merupakan racikan dari juru masak  Kesultanan Banten pada abad ke 16. Ada cerita yang beredar pembuatan sate bandeng berawal dari kebingungan seorang juru masak. Sang juru masak akan menghidangkan ikan bandeng kepada raja, namun ragu-ragu karena ikan bandeng memiliki banyak duri.
Keunikan dari Sate Bandeng ini adalah makanan yang tidak bertahan lama. Daya tahan paling lama adalah 3 hari jika disimpan dalam lemari pendingin sementara kalau tidak paling lama satu hari saja. 

Dan keunikan lainnya Sate Bandeng ini tidak memiliki duri atau tulang, tulang ikan bandeng sudah dikeluarkan tanpa merusak bagian kulit ikan. Saat – saat awal resep asli dari juru masak Kesultanan Banten hanya menggunakan garam, bawang merah, gula merah, dan santan saja. Namun perkembangan zaman saat ini ada dilakukan penambahan ketumbar dan cabai, bahkan beberapa menggunakan penyedap rasa

Suasana Warung Rumahan Sate Bandeng Serang H. Maryam


Dan beruntungnya saya sempat mampir ke salah satu gerai yang legend, namanya Sate Bandeng – Bekakak Ayam Hj. Mariyam yang terletak di  No 63 Kaujon Tengah, Jl Ki Uju Serang, Kota Serang Banten Telp 0853 1114 7641.

Sumber tambahan
merahputih.com 10-fakta-menarik-tentang-sate-bandeng-khas-banten
hot.liputan6.com 6-manfaat-ikan-bandeng-untuk-kesehatan-kaya-nutrisi


34 komentar

  1. Wah mau nyoba tapi jauh ya. . Saya ceritakan kisah ini ke istri saja kali Yaa. Biar dimasakkan istri. . Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. idenya menarik,.... minta dibuatkan istri.. hmmm

      Hapus
  2. Saya sukaaaa sekali sate bandeng ini enak dan ikannya tak bau lumpur pula. Terkadang saudara yang suka mengirim dari serang banten. Di makan dengan nasi panas plus sambal tomat atau sambal terasi nyaman banaarrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi berasa laper.. baca komennya koh hendra

      Hapus
    2. Yummy banget, bisa nih jadi ide kuliner yang wajib dicoba kalau pas pergi ke Serang

      Hapus
    3. Yup kak aisyah.. ini salah satu kuliner wajib coba kalau ke Serang

      Hapus
  3. Saya taunya sate itu sate kambing atau sate ayam. Baru denger nih ada Sate Bandeng. Jadi pengen nyobain rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bah.. harus nyoba kak.. enak loh sate bandeng serang ini

      Hapus
  4. Kalau boleh tau, perkiraan harganya berapa untuk satu bungkus oleh-oleh sate bandeng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisaran 30-50 kak.. tergantung besar kecilnya bandeng kak

      Hapus
  5. Nah, ini nih yang pernah kucari, tapi waktu ke Banten malah nyesel karena gak beli, heuheuheu. Moga ada kesempatan lagi buat ke Banten trus beli Sate Bandeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. bah.. udah nyampe banten ga beli oleh2 ini sayang banget kak

      Hapus
  6. Wah unik nih belum pernah makan. kebetulan di kota asal saya bugis itu paling khas adalah bandneg. Hampir tiap hari kami makan bandeng. Tapi jarang ada olahan sate bandeng. Paling bandeng presto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... bugis... banyak juga bandeng disana ya .. baru tahu.. di Serang juga banyak..makanya mereka olah jadi Sate Bandeng kak

      Hapus
  7. Dulu zaman rajin, beberapa kali aku bikin lho bandeng isi tsb. Tapi waktu mau dimakan, dipotong jadi bbrp kerat, celup telur lalu digoreng. Top laaah. Skrng males banget bikinnya...Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...seru nich... kak hani malah bisa bikin sendiri

      Hapus
  8. Dulu pernah mau beli oleh2 bandeng tapi takut ngga sesuai perkiraan rasanya. Next time bisa nih dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan dan memang enak kok kak Nomsaa bandeng ini

      Hapus
  9. Sate Bandeng di serang, Mayan ya kalau ke serang jauh, patut dicoba nie sate bandengnya sepertinya yummy . Makasih infonya kak

    BalasHapus
  10. Aku suka sebel baca artikel makanan jam segini duh, auto laper belum waktunya. Hehehe. Apalagi ini sate bandeng gak ada durinya pula. Eh cuma tahan 3 hari dikulkas. Mantep dong berarti tanpa bahan pengawet. Jadi bandeng kaya akan omega 3 yang banyak manfaatnya untuk tubuh ternyata ya. Makasih mas, aku jadi tahu kandungan apa yang ada dalam ikan bandeng. Pengen nyobain satenya juga ah nanti kalau ke Serang Banten :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... ga ada durinya..kalau ada satu aja.. bikin jengkel kak

      Hapus
  11. Aku makan ikan bandeng segar yang kemudian diolah, adalah saat aku di Semarang. Tetapi, aku tidak merasakan enaknya, krena 2-3 kali nyoba di warung berbeda, kok rada kerasa tanah gitu dagingnya... Musti nyoba d resto lain nih aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum jago warungnya ngolahnya mas ari.. kalau yg ahli.. biasanya ga amis

      Hapus
  12. Wah ternyata bandeng nggak hanya bisa dipresto tapi juga dibikin sate. Sepertinya enak banget.

    BalasHapus
  13. Ikan bandeng enak, tapi jangan yang bu tanah. Boleh nih referensinya kalau ke Serang ciba sate bandeng

    BalasHapus
  14. Biasanya kalau pulang ke Lombok saya berburunya sate ikan. Eh ternyata di Serang juga ada ya, tapi sama jauhnya dari Jawa Timur. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ..iya jauh banget kak..dari jawa timur

      Hapus
  15. Kalau bandeng presto di daerah saya, Semarang pun banyak kak. Tapi untuk sate bandeng ini hmm jadi penasaran untuk nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..kapan ada waktu...rasakan keunikan kuliner bandeng di kota Serang kak Andayani Rhani

      Hapus
  16. Sate bandengnya itu dibuat dengan daging ikan fillet atau ikan yang dikeluarkan tulangnya, Mas? Kalau namanya sate memang enaknya dimakan pas hangat menurut saya. Dan karena daya tahan maksimalnya cuma 3 hari, kayaknya susah kalau dijual ke luar daerah dengan jasa pengiriman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulangnya dikeluarkan kak fadli...dan memang tahan 3 hari itu utk menjaga kualitasnya... saya coba..lebih seminggu... masih enak diolah dan disantap juga sich

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih