Cara Menghilangkan Noda Kuning di Pakaian.

 menghilangkan noda kuning di baju
Kemeja Putih Yang Digunakan Untuk Aktivitas Keseharian 


“Bro,  jangan lupa besok pakai baju putih ya. Perhatikan jangan sampai ada bercak kuning di bagian ketiaknya ya.” Sebuah pesan masuk ke dalam smartphone saya. Secara besok ada salah satu kegiatan rutin kelompok kerja (Pokja) yang harus dihadiri. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah menggunakan kemeja putih bersih.

Nah masalah yang umum ketika menggunakan kemeja atau baju putih adalah noda yang tidak mudah untuk dihilangkan.  Seringnya adalah bercak kuning pada bagian ketiak atau bagian leher dan ga mungkin juga kan kemeja putih yang baru beberapa kali pakai dan sudah memiliki noda kuning lalu dibuang begitu saja. Sepertinya perlu sebuah cara khusus untuk menghilangkan noda kuning di bajubukan 

Dilema Kemeja Putih


Selain seragam rutin yang saya gunakan dalam bekerja, terkadang ada beberapa bagian saya diharuskan untuk bekerja menggunakan kemeja putih. Tentu tidak hanya sekedar aturan yang harus dipenuhi tetapi ada filosofi di dalamnya.

Masalahnya merawat kemeja putih tidak sesederhana kemeja lainnya, masalah yang sering muncul adalah noda kuning yang biasanya muncul di area leher ataupun ketiak. Ketika muncul noda ini akan mengganggu tidak hanya saya selaku penggunanya tetapi mata yang kebetulan menyasar daerah itu.

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan noda kuning di baju di antaranya adalah akumulasi bakteri ketika kita berkeringat  selain itu karena ada noda yang disebabkan oleh penggunaan deodoran. Tapi tenang berikut ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada kemeja atau baju yang keseharian saya gunakan.

Gunakan Pemutih Alami Untuk Menghilangkan Noda Kuning di Baju.

Kita bisa menggunakan bahan pemutih alami agar kemeja  putih   kembali menjadi putih cemerlang. Langkah awalnya adalah menggunakan sikat gigi bekas yang bersih lalu gosok bagian yang bernoda tadi dengan pemutih dan biarkan deterjen  pemutih tadi bekerja semalaman. Dilanjutkan keesokan harinya dengan membilas baju, kemudian mengolesi bagian yang bernoda dengan air perasan jeruk lemon, sebagai informasi saja bahwa jeruk lemon ini berfungsi sebagai bahan pemutih alami. Lalu langkah berikutnya adalah mencuci baju dengan mesin cuci seperti biasa.  Jemur baju putih di bawah sinar matahari untuk memperkuat efek pemutih alami.

Membersihkan Noda Kuning di Baju Dengan Metode Gosok dan Serap.

Cara efektif lainnya adalah dengan memakai butiran kasar sebagai penggosok kain, kemudian mengoleskan bubuk berdaya serap tinggi. Contoh bahan yang dapat kita gunakan sebagai penggosok adalah garam kasar. Lalu sebagai penyerap, gunakan bubuk soda kue yang biasa dipakai sebagai bahan pengembang kue. Caranya dimulai dari menggosok noda kuning dengan garam kasar. Lalu garam mulai bekerja mengangkat bakteri yang menyebabkan noda kuning. Setelah itu dilanjutkan dengan membilas baju dan olesi dengan bubuk soda kue. Lalu diamkan semalaman.

Soda kue sendiri memiliki daya serap tinggi untuk menyerap bakteri penyebab noda. Setelah itu buang semua sisa bubuk soda kue menggunakan sendok bekas kemudian bilas pakaian. Cuci di mesin cuci seperti biasa, dan perhatikan hasilnya.
 
Sumber Gambar dari www.pewangilaundry.co.id

Oh iya jangan lupa diperhatikan, ketika mencoba untuk menghilangkan noda kuning pada baju, kita perlu membaca label perawatan baju tersebut dan mengetes metode pilihan  pada satu area kecil terlebih dahulu. Jika terjadi sesuatu tidak berdampak pada keseluruhan kemeja.

Jadi ga ada alasan lagi untuk kemeja putih yang bersih hanya didapat ketika baru membeli saja. 

Dengan perawatan yang benar bukan tidak mungkin noda kuning pada kemeja putih hilang dan baju pun terlihat seperti baru kembali.


Selamat mencoba.

68 komentar

  1. Ternyata bisa ya pakai soda kue. Selama ini saya serahin aja sama laundry, hehehe. Emang dasar saya doyannya yang praktis dan instan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... tapi di laundry begitu juga mereka buat kok kak utk noda yang membandel

      Hapus
  2. Dari dulu gak sukaaaaa kalo disuruh pakai seragam putih. Rasanya kalo pakai putih-putih itu kita gak tenang naik motor, gak tenang makan, gak tenang naik kendaraan umum. Suka insecure aja gitu sama ancaman noda. Hahaha. Tipsnya oke nih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi dari kemeja putih juga terdapat filosofi bersih dan suci kak.. memang sich insecure kalau terjadi sesuatu..

      Hapus
  3. Sampai dengan hari ini, ketika kemeja putih sudah mulai ada yang menguning... biasanya saya beli kemeja baru Bang. Hahahaha.

    BalasHapus
  4. Menghilangkan noda baju memang pekejaan paling membingungkan sampai saat ini. Soalnya gak hilang-hilang wkwkw. Belum nyobaik baking soda sih. Ditambah garam ya? Nanti dicoba deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain kak.. biar tambah ilmu dan pengalamannya

      Hapus
  5. persoalan warna kuning di bagian ketiak baju itu memang ah...
    siap mas, akan saya coba tips dari mas
    semoga berhasil

    BalasHapus
  6. Thanks tips nya. Yg pake soda blm pernah nyoba. Baru pake pemutih biasa

    BalasHapus
  7. Perasan jeruk lemon bisa jadi pemutih alami ya Mas? Tapi untuk efektifitas, mana yang lebih baik dibanding pemutih pakaian komersial ya? Itu lho yang ada di pasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir serupa sih bang fadli... tinggal mau pilih yang mana kembali sesuai selera

      Hapus
  8. Saya juga sering pusing nih kalo kemeja kerja suami pada kuning di ketiak akibat deodoran. Makasih tipsnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip ka richa..jadi punya gambaran mengenai cara menghilangkan noda pada baju ya kak

      Hapus
  9. Baju putih emang perlu penanganan khusus, gak bisa dicampur dengan baju warna lainnya

    BalasHapus
  10. Aku ga gitu suka sama putih ,ehh sekarang malah ada satu hari yang diharuskan aku pakai baju putih, sebel sie tapi gimana, nah dengan info ini aku jadi ngerti nie gimana cara menghilangkan noda kuning. Karena kalau aku pakai baju putih terus kena kuah soto sebel kan.makasih infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak inna .. baju putih memang membutuhkan perawatan lebih ketimbang baju biasa ... Trims ya sudah mampir :)

      Hapus
  11. PeeR banget sih buat menghilangkan noda kuning di bagian ketiak ini. Untungnya udah jarang pake baju putih, jadi udah gak terlalu berurusan sama noda semacam ini. Tapi ya barangkali besok-besok kepake lagi, tips ini bisa dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip..minimal jadi tau bang doel ...nanti kalau pake baju putih..jadi ga khawatir lagi

      Hapus
  12. Wah bener kak biasanya noda kuning di bagian ketiak nih susah bngt ulangnya..boleh dicoba nih tipsnya pake baking soda..mksh kak tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip..dicoba kak..nanti sharing pengalamannya ya

      Hapus
  13. Ah, buat noda kuning ini masih merupakan suatu misteri bagi saya. Masih harus menyerahkan tugas ini ke mama, karena di aku ga pernah tuntas masalahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..mungkin ini saatnya masalah noda kuning dipecahkan sendiri kak fira

      Hapus
  14. Iya, soda kue cukup efektif memutihkan noda kuning. Sudah pernah coba. Tapi memang noda yang berkaitan dengan keringat, sih. Kalau noda coklat karena tanah merah dan semacamnya, ga berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted ya kak susi... untuk noda keringat soda kue efektif tapi untuk noda lainnya belum berhasil ya.. Trims ya kak infonya :)

      Hapus
  15. Wah bisa ya pakai soda kue. Sip...ada sih, tapi biasanya u bikin kue. Baju suami nih yg hari tertentu memang pakai putih. Aku sih jarang. Soalé pake putih, tampak gendut...hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok putih tampak.gendut kak... udah coba yang slim fit

      Hapus
  16. Termasuk disimpan terlalu lama dilemari membuat baju kemeja dan kaos putih menjadi kuning, apakah bisa hilang noda kuning tersebut dengan metode ini?

    BalasHapus
  17. Memang benar sekali, Mas Kornelius. Punya baju putih, mau kemeja, t-shirt, shirt, sama istimewanya. Tidak boleh dicampur dengan pakaian lain. karena kalau ada pakaian lain luntur, maka kelarlah pakaian putih kita hahaha.
    Kalau saya kadang pakai sitrun, Mas. Jadi ampuh juga menghilangkan noda, dan membuat pakaian putih, jadi putih lagi hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok..sitrun juga bisa ya mas..trims juga infonya

      Hapus
  18. Ada beberapa baju saya yg pada bagian ketiaknya terlihat menguning. Itu karena mungkin disebabkan karena pemakaian deodorant.

    Klo dipakai serasa gak pede gitu, jadi terpaksa gak dipake lg.

    Saya baru tahu kalo ternyata soda kue dpt digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. Waah efektif juga nih..

    Thanks infonya bang...

    BalasHapus
  19. dilema saya banget nih. noda kuning di kemeja putih suami. saking sebelnya gak hilang hilang, akhirnya saya biarin aja. ternyata ada ya yang bisa bikin noda kuning hilang. ntar dicoba ah. makasih kak

    BalasHapus
  20. noda kuning emang bikin masalah ama baju putih bersih yang aku pakek apalagi kalau telat bt buat dibersihkan udah deh langsung males pakek


    tapi emang ini solusi banget buat gosok serap dan soda kuee emang ampuh banget kak, kakakku pernahh coba cuma aku lebih sering pakek pemutih aja walaupun ga maksimal ntr bakal aku coba deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip...silahkan dicoba kak..ditunggu sharingnya ya

      Hapus
  21. Bermanfaat nih buat baju putihku yang kena noda kuning, selama ini pakai soda kue aja ternyata kurang sama garam. Mau nyoba lagi ah kak makasih ya infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap...silahkan dicoba kak Marfa..semoga berhasil ya

      Hapus
  22. Aku juga termasuk orang yang punya banyak dan suka pakai baju putih karena bisa diaplikasikan dengan warna cerah apa saja. Saya juga sering lihat beberapa tutorial DIY menggunakan soda kue untuk membersihkan noda, tapi belum pernah praktek sih... hehe nanti mau coba ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipraktekkan dong kak...mudah kok..selamat mencoba ya

      Hapus
  23. Memang pake dress code putih itu kesannya bersih yaa tp juga ekstra cara mencucinya agar tetap bersih dan terhindar dari noda. Kalau saya sih pake Rinso aja Bang, insyaallah seragam sekolah anak2 putih dan bersih, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga kak pake rinso .. senyaman nya pengguna aja kak

      Hapus
  24. Baju putih memang bikin dilema. Dimasukin ke laundry salah, dicuci sendiri biasanya males (hahaha.. gue aja kayaknya nih). Thanks banget ya infonya ya. Sepertinya mudah.

    BalasHapus
  25. Kalau saya tidak punya baju seragam putih. Pakaian kerja bebas, tapi kayaknya saya punya baju putih yang ada noda Kuning. Wah bisa dicoba nih tips nya. Terima kasih

    BalasHapus
  26. Bener banget nih, noda kuning di kemeja putih itu susah2 gampang ngilanginnya.
    Untungnya ada rinso ya, dr dulu detergen ini emg ampuh. Sekarng makin suka krn wanginnya jg enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah2 gampang..tapi bisa dihilangin noda kuningnya ya kak

      Hapus
  27. betul kalau pakai pemutih baiknya dicoba di bagian yg sekiranya gak kelihatan menonjol. sebab kadang warnanya malah jd biru aneh gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak...jadi kalaupun salah ga melebar kemana mana

      Hapus
  28. aku termasuk yang menghindari banget beli baju putih karena susah banget merawatnya. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg repot kalau diharuskan memakai baju putih kak

      Hapus
  29. Ternyata menghilangkan noda bisa memakai bahan alam ya mas, dulu saat masi jaman SMA permasalahan noda kuning di baju seragam ini sering buat ibu frustasi sudah di hilangkan dengan pemutih dan cairan" gitu tapi tidak ada yang berhasil, akhirnya beli baju lagi hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu ibu saya seringnya pake blau biar baju tetap putih.. etapi kalau kebanyakan..malah jadi biru

      Hapus
  30. Jadi ingat jaman sekolah dulu baju OSISnya di bagian ketiak pasti ada noda kuning yang sulit untuk dihilangkan, terlebih kalau kita pakai deodorant, duh susahnya.

    Ternyata, bia juga ya pakai bahan alami untuk menghilangkan noda membandel di pakaian. Dulu sukanya pakai deterjen yang banyak, terus disikat, al hasil dah, baju jadinya rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disikat rusak... jadi ada alasan beli baru dech

      Hapus
  31. Nah nah...baru aja aku mau saranin pakai baking soda pas baca ttg deodoran. Aku sudah lamaaa banget, 7 tahunan deh kayanya, ga pakao deodoran roll2an lagi. Sejak tau baking soda bisa menetralisir berbagai bau dan pH nya yang basa bikin kuman ga betah hinggap, jadi sekarang buat keti yang bakin soda.

    Ternyata bisa juga ya buat memutihkan baju

    BalasHapus
  32. Aku paling males punya baju warna putih. Paking cuma ada 1 tuh di lemari. Soalnya emg gampang nguning apalagi klo dipake biat keringetan. Aduhh
    .
    Untung skrg tau solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...jadi sekarang kalau baju putihnya nguning...udah tau solusinya kak

      Hapus
  33. noda kuning pada pakaian berwarna putih memang cukup menjengkelkan. apalagi kalau itu pada baju seragam. namun semuanya bisa diatasi, misalnya jangan terlalu lama terkena keringat ataupun deodoran. jadi segera rendam begitu seesai dipakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. displin membersihkan setelah digunakan ya kak.. bisa juga

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih