Memaksimalkan Pendidikan Anak di Usia Emas-nya.



Play Ground-nya Kids Republic Cipinang
Yup, sabtu pagi sebelum ke acara Kompasianival, menyempatkan diri hadir di Open Housenya Kids Republic Cipinang, persisnya mereka berada di Jalan Cipinang Bali 1 No 5A, Jatinegara, Jakarta Timur. Patokannya kalau kalian dari arah Pasar Ciplak sebelum Mal Cipinang Indah ada mesjid besar sebelah kiri jalan, ya sudah parkirkan kendaraan kalian di sekitaran mesjid tersebut, lanjut jalan ke dalam sekitar 200 m, karena saat ini di Kids Republic Cipinang (KRC) sedang ada pembangunan jadi ruang parkir tidak disediakan.

Sempat mundur 30 menit dari yang dijadwalkan 9.30 WIB baru dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Beberapa yang berhasil saya catat dan rangkum adalah seperti Visi dari Kids Republic  adalah menciptakan generasi pemimpin masa depan dengan memanfaatkan potensi usia emas. Saya sependapat memaksimalkan usia emas semenjak dini dengan mengenalkan berbagai macam jenis pengetahuan kepada anak semenjak dini.

Jenjang Kelas di Kids Republic Cipinang

Di Kids Republic sendiri menerapkan character based education. Chidren see children do. Plus Spiritual intelegence, banyak yang saat ini memiliki ilmu pengetahuan tapi sifatnya individualis tidak suka bersosialisasi. Yang nantinya akan berujung berkurangnya  rasa kebangsaan dan nasionalisasi itu sendiri. Berapa banyak orang pintar di negeri ini yang menimba ilmu di luar sana tapi enggan untuk kembali.

Sangat penting untuk menimba ilmu sampai ke negei Cina tapi penting untuk datang  kembali dan ikut membangun bangsa.

Lan hal lagi yang dihendak dibangun Kids Republic dalam tumbuh kembang anak adalah Knowledge and skill, faktanya banyak yang sudah lulus sekolah tapi tidak siap untuk bekerja. Karena tidak dibekali akan pemahaman keahlian bekerja dan ilmu pengetahuan itu sendiri

Multiple Intelegence

Terakhir saya dikenalkan dengan metode mereka yang Holistic Education prinsipnya ada banyak aspek untuk mendukung individu sukses tidak satu hal saja. Ketika kita sebagai orang tua melihat anak lain mampu dan sukses menjadi seorang insinyur lalu merasa gagal tatkala melihat anak kita tidak menyukai bidang serupa. Mungkin saja anak kita lebih tertarik dengan dunia luar angkasa atau dunia kedokteran.

Oh iya, Kepala Sekolah Kids Republic (saya lupa namanya) menjelaskan juga bahwa ketiak anak belajar dikelas mereka akan memilih dan dipilih untuk menjadi leader setiap harinya, disini akan diajarkan untuk memantau teman-temannya sekaligus melatih si anak tersebut untuk berkenalan dengan tanggung jawab. Terakhir sebagai penutup Kids Republic Cipinang menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman  bagi anak-anak. 


Kelas Gym di Kids Republic Cipinang 


🔻🔻🔻
Salah satu penelitan menyebutkan pendidikan yang penting untuk anak mulai dari melatih panca indera, saat ini sudah berkembang menjadi 8 panca indera,  dan 5 diantaranya yang sudah akrab mulai dari perasa, penglihatan, pendengaran, penciuman,  peraba,  Semua indera ini perlu distimulasi sejak dini. 

Sejauh pengalaman guru-guru yang mengajar di Kids Republic yang menjadi program unggulan yang disukai anak adalah Montesorri dan Show and Tell. Untuk kegiatan Exschool  juga ada beberapa seperti renang, gymnastic dll.

Kunci keberhasilan sekolah itu bukan dimulai dari usia berapa dan menjadi bosan karena dimulai lebih awal tapi lebih kepada metode yang diberikan sekolah sehingga anak tidak cepat merasa bosan melainkan menyenangkan untuk berkegiatan di sekolah. 

Hmmm, menyenangkan bisa mengenal program dari Kids Republic Cipinang. Tinggal kita selaku orangtua mencari, memilih dan memutuskan pendidikan mana yang terbaik untuk buah hati kelak sebagai modal hidupnya.

Ok…. Ikuti terus Info Pendidikan yang terbaik buat buah hati kita.

 
Adminstrasi di Kids Republic 

46 komentar

  1. Bagus ya programnya di house kids republic ini.. masih kecil aja udah dilatih dan diajarkan untuk memantau teman-temannya sekaligus melatih si anak tersebut untuk berkenalan dengan tanggung jawab.

    Menciptakan leadership yang handal sejak dini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas...idenya bagus...menciptakan pemimpin sedari dini

      Hapus
  2. Aku seneng banget ttg: melatih anak bergantian menjadi leader. Ini penting banget biar anak tidak minder sekaligus tidak sombong di masa depannya.
    DUh mas, baca ini jadi inget anak 2 orang di rumah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam buat anak2nya mas ariegetas... semoga menjadi generasi baik dan berkualitas kelak dimasa depan nanti

      Hapus
  3. Jadi ini semacam pendidikan anak usia dini sebelum sekolah dasar ya? Menarik..
    apakah tidak ada biaya per bulan? Karena pada foto tadi kok sepertinya hanya ada biaya per tahun saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong biaya perbulannya, kebetulan bagian yang itu luput dari dokumentasi kk

      Hapus
  4. Wah bener juga, banyak yang sekolah di luar negeri, setelah lulus lupa pulang. Sedih ya . .

    Mengingat visinya yang mulai banget, semoga Kids Republic Cipinang ini sukses di masa mendatang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...pada dasarnya banyak orang kita yang sukses diluar sana...tapi enggan untuk kembali membangun negeri

      Hapus
  5. Ponakan kebetulan pernah sekolah playgroup di kids republic. Memang ok lho sekolah disitu. Elite pula , hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang agak elite juga sich... bayarannya juga elite ...heheheh

      Hapus
  6. Ini semacam tempat penitipan anak atau kelompok belajar (playgroup) gitu ya mas?

    BalasHapus
  7. Memang agak dilematis juga ya mas kalo gak holistik ketika dapet pendidikan buat anak. Penginnya sih semua hal dapet, ya skill, pengetahuan, karakter, sikap, dan lainnya semuanya baik. Tapi jarang yang dapet itu semua dalam satu tempat. Semoga Kids Republic ini bisa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...demi masa depan anak bangsa... semua dilakukan

      Hapus
  8. saya mempunyai adik sepupu dan keponakan yg alhamdullilah ortu mereka sangt memaksimalkan pendidikan anak di usia emas.. karena mereka tau usia segitu si anak akan mengenal dekat dengan ortu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...usia emas anak..jangan sampai dilewatkan begitu saja

      Hapus
  9. saya juga mempunyai anak yang sebentar lagi masuk ke usia sekolah TK, sampai saat ini juga masih bingung dan masih mencari tempat pendidikan untuk anak yang memiliki konsep yang bagus tentunya.

    untuk di daerah yang terbilang jauh dari pusat kota sangat sulit mencari tempat untuk melabuhkan pendidikan buah hati.

    beruntung jika para orang tua dekat dengan lingkungan pendidikan yang memiliki konsep seperti yang ada di Kids Republik Cipinang.

    Semoga bertambah banyak tempat pendidikan usia dini yang menerapkan konsep belajarnya seperti di Kids Republik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas...semakin banyak pendidikan seperti ini...semakin berkualitas generasi masa deoan bangsa

      Hapus
  10. Memang benar bahwa mengajarkan anak harus dimulai sejak dini dan Kids Republic sepertinya sangat memahami akan hal ini. Program sekolah bukan hanya berkutat pada nilai, tapi juga mental anak. Didukung program ekstra kulikuler seperti gymnastic dan renang, bener deh sekolah ini keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..termasuk salah satu sekolah yang keren memang sich

      Hapus
  11. Wah...udh 8 ya indera kita. Berarti harus distimulasi semuanya. Keren sekolahnya Kids Republik. Programnya bagus, perhatian ke fase tumbuh kembang anak.
    Aku yaa dulu tinggalnya di Cipinang. Cipinang Kebembem. Kayaknya jauh yah...

    BalasHapus
  12. Kids Republic memiliki sistem pengajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan. Cocok banget yaa buat anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya anak2 memang suka berkegiatan ditempat tempat seperti ini

      Hapus
  13. Di daerah saya sudah banyak sekolah yang berkonsep bermain dan belajar. Dengan sistem holisticare education anak-anak lebih bisa menghargai diri dengan mengembangkan potensi yang ada pada anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..semoga ke depannya lebih banyak lagi sekolah sejenis ini sehingga masa depan bangsa lebih baik lagi

      Hapus
  14. Wah programnya bagus banget
    Terutama bagian melatih anak bergantian menjadi leader itu. Semua anak memang punya potensi dan kesempatan yang sama, dengan pemerataan kayak gini, semua jadi lebih terlatih leadership sejak dini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...karena jiwa leadership itu bisa dilatih ...memang beberapa dilahirkan berjiwa pemimpin..tapi bagi yg tidak...maka berlatihlah

      Hapus
  15. Keren ini paket lengkap bisa ngolah skill, pengetahuan karakter plus sikap si anak..

    Biayanya lumayan tinggi sih untuk sekolah dini. Tapi kayaknya emang worth it yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang biaya yang masih menjadi kendala.... tapi ya..gitulah .. karena masih jarang2... jadi harga mereka sedikit berbeda ketimbang yang lain

      Hapus
  16. Menarik juga ini programnya, karena sekilas saya baca memang akan benar-benar bisa mendidik anak untuk memiliki jiwa leadership sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang menarik programnya mas... dan memang anak2 rerata menyukainya

      Hapus
  17. Garagara ngeblog gini jadi dapat ilmu parenting. Terutama bagian melatih anak berjiwaleader itu sulit yakalau dia ga born with that.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..tapi tenang leadershi0 bisa dilatih kok

      Hapus
  18. Dari yang saya baca, Kids Republic ini lembaga yang profesional ya. Memang memberikan pendidikan terbaik bagi anak di usia emasnya adalah hal yang sangat penting, jadi seringkali memang butuh investasi yang besar. Setidaknya begitu kata kawan2 saya yang sudah punya anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas fadli.. investasi besar untuk anak... akan mengembalikan hasil yang besar pula untuk masa depannya kelak

      Hapus
  19. Wah, lumayan dalam ya, kalau mau merogoh kocek. Malah ga bisa pakai receh lagi, nih. Tapi kalau sesuai dengan ekspektasi, tentu akan tetap laris manis. Karena sangat membantu orangtua dalam mengasah dan minat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan memang laris manis... bahkan utk usia tertentu harus menunggu agar mendapatkan kuota

      Hapus
  20. Montessori yang dianut ya. Di lembaga pendidikan anak. Senang nya baca tulisan ini, karena memang seorang anak harus tetap belajar tanpa merasa sedang belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..montesori... idenya memang begitu belajar tanpa merasa sedang belajar

      Hapus
  21. takjub dengan visi nya kids republic ini, keren sih memilih dan dipilih untuk menjadi leader di kelasnya pasti akan sangan bermanfaat membangun kepercayaan diri si anak tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idenya memang seperti itu membangun kepercayaan diri sehingga siap untuk me jadi pemimpin di masa yang akan datang

      Hapus
  22. Menarik, belajar ilmu parenting memang tidak ada habisnya. Seni mendidik anak akan senantiasa berkembang. Kita yang harus selalu mengosongkan gelaa untuk mengisinya dengan ilmu dan wawasan baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener..kita harus selalu mengosongkan gelas kita..agar selalu siap untuk diisi dengan ilmu2 baru

      Hapus
  23. kita sebagai orangtua harus bisa memperhatikan tumbuh kembangnya anak kita, dengan begitu terlihat nanti pada usia berapa si anak dapat memaksimalkan pendidikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat...harus memperhatikan tumbuh kembang anak kita

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih