Kunci keberuntungan yang tidak membawa keberuntungan (The Detective Son's)



Kalau orang-orang tertarik dan menggilai Film-film Korea atau makanan Korea atau segala sesuatu yang berbau Korea, berbeda dengan kebanyakan, saya mencoba menikmati Korea dari salah satu Novel ringan penulis Korea itu sendiri.


Tangsuyuk 
Hmmm, setidaknya dari buku saya jadi tahu sedikit budaya Korea dan makanan khas mereka. Sebut saja Tangsuyuk yang adalah makanan berasal dari china dan biasanya dalam masakan ini menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Penyajian Tangsuyuk biasanya bersama dengan Jjajangmyeon atau mie hitam dan Jjampong atau mie kuah pedas, saat ini telah menjadi makanan popular masyarakat Korea dan  dapat dinikmati siapa saja.

Jjajangmyeon

Wiki sendiri mencatat Jjajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis masakan Korea berupa mie saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Tionghoa, dan orang Tiongkok biasa menyebutnya Zhajiangmian.  Jajang sendiri artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.

Ok udah dulu soal makanannya ya,… semoga suatu saat bisa menikmati langsung di negara asalnya (amin).

Detective Son’s
Jadi ini kisah sosok anak yang bernama Gogiwang yang berarti raja daging, jangan ngayal dia bertubuh tambun ya, gohiwamg kecil kurus hanya berbalut kulit.

Dilahirkan dan dibesarkan dari orang tua yang tidak harmonis Gogiwang tinggal bersama ayah yang nyentrik dengan hobi membaca novel misterius. 

Cover Buku The Detective Son's

Ketika ibu harus berangkat tugas ke luar neegri, kehidupan bareng ayah terus berlanjut, dengan sesuatu yang baru pastinya (dan semoga menyenangkan, harapan awalanya), dengan rumah sewa baru 2 lantai, lantai atas mereka gunakan untuk tinggal dan lantai dasar mereka gunakan sebagai cafe dengan nama "The Adventure Of The Christmas Pudding" ini juga terinspirasi dari novel yang ayah Gogiwang baca. 

Hari pertama Gogiwang masuk SMP, lantai bawah yang digunakan sebagai cafĂ©, hmmm bertambah kegunaannya, kali ini cafe yang juga sekaligus kantor detektif  "Go Myung Dal" namanya.

Rupanya di Korea juga ada bully an, wang ta istilah mereka, namun ada turunannya yang lebih ringan yaitu shuttle, semacam pesuruh, shuttle roti, shuttle ponsel dll.

Dan cerita dimulai dari kedatangan seorang klien langganan yang ingin menggunakan jasa mereka sebagai detektif. Namun kali ini bukan mencari seekor kucing atau anjing yang hilang. Tetapi mencari sebuah kunci, dan bukan sembarang kunci "only luck key" yang hanya dibuat 10 buah untuk seluruh dunia. Bayangkan 700 juta orang yang mendaftar dan hanya 10 orang beruntung mendapatkannya. Klien itu bernama Yun hee tapi bukan ia yang mendapatkan kunci tersebut  melainkan sang adik. Dan masalahnya selain kunci tersebut hilang, kartu garansinya pun diberikan kepada seseorang yang Yun hee tidak ketahui. Nah inilah misi detektif nya. 

Penulisnya Sang Hee Choi

Sempat panik sang ayah, karena kasus kehilangan kunci dengan harga fantastis membuat ia enggan untuk mengambil misi ini. Melihat uang yang ditawarkan, suka tidak suka dan terdesak karrna kebutuhan hidup, Gogiwang memaksa ayahnya untuk mengambil tugas tersebut. Dibantu sahabatnya, monkey, misi dijalankan.

Seorang detektif harus menyelesaikan tugasnya dengan komplit tanpa mempertanyakan atau mempersoalkan kasus yang diterimanya. Tapi tidak boleh melewati batas. Detektif harus bergerak dengan kepala dan kakinya, bukan hatinya. Halaman 132.

Dan Oh Yun Hee kakak dari Oh Yuri, yang curiga sedari awal perihal hilangnya kunci keberuntungan. Semakin bingung setelah adiknya ditemukan tewas bunuh diri melompat dari lantai 4 sekolahnya. Padahal menurut Gogiwang, jika Oh Yuri berniat bunuh diri mengapa tidak lompat dari kamar apartemennya saja yang berada di lantai 15. Belum lagi ada pesan masuk ke Yun hee, "ingin hidup"  tapi belum sampai tangan menggapai kapal sudah terlebih dahulu tenggelam. Apa maksudnya? 

Penyelidikan ala detektif Conan berlanjut, jangan bayangin serius ya,  berantakan banget pastinya, namanya juga anak SMP. Kalau Conan kan memang derektif yang terjebak di jiwa anak kecil, lah ini memang anak kecil beneran. 

Mulai dari awal ketika monkey berkenalan dengan Yeong Chorong, teman sebangku Oh Yuri, lanjut ke Min Jihye yang menyatakan kemungkinan Yeong Chorong pelakunya karena ia memiliki motif untuk memiliki kunci tersebut. Chorong salah satu peserta untuk memperoleh kunci tersebut tetapi Yuri yang mendapatkannya.

Itu belum ditingkahi kisah Monkey yang jatuh hati kepada Yeong Chorong. Karena dari Chorong ini semua informasi terkuak dan berasal. Tidak hanya informasi, tapi sumber-sumber informasi lainnya didapat dari Chorong. 

Rupanya di Korea juga ada film horor seperti jelangkung, judulnya Bunshinsaba  film Korea yang bercerita tentang arwah yang dipanggil melalui permainan papan ouja. 

Daftar Isi The Detective Son's

Ada pula pesan detektif Philip Marlowe, yang diselipkan Gogiwang "tanya jawab detektif hanpir sama dengan catur atau tinju, ada saatnya bertanya, ada pula saatnya bersabar dan menunggu hingga lawan meradang". Lakukanlah sebisamu. Halaman 230. 

Dan cerita bergulir ke informan selanjutnya, Han songi, siapa sangka Oh Yuri punya sahabat maya yang pura-pura tidak bersahabat di dunia nyata. Bahkan hingga di ujung kematiannya pun kakaknya tidak menyadari itu. Hingga sebuah kode di pecahkan, dengan kode sebelumnya tanggal ulang tahun Song, lalu berikutnya tanggal unik mereka (aneh ya).  

Taraa, ketemu sich kunci keberuntungan itu, tapi tidak utuh, tapi setidaknya kasus terpecahkan. Ga jelas, dibunuhkah Oh Yuri, bunuh diri kah? Kalau bunuh diri apa sebabnya? 

Bahkan sang kakak mengutarakan, ketika kucing mereka hilang, Yuri sangat sedih kecewa dan kehilangan, tetapi ketika kucing mereka meningga, Yuri terlihat tenang menyikapinya seolah-olah tahu, kalau ia tinggalkan sang kucing sendirian, tidak ada yang sanggup mengurusnya. Siapa sangka kucing yang mati tadi, bukan karena usia atau kecelakaan tapi karena racun tikus. 

Tarraaa...Buku Ini Masuk ke Perpustakaan SMA Athalia 
Hmmmm, yah gitulah.... senang bisa berkenalan dan membaca  karya bangsa lain. Jadi tambah tahu sedikit-sedikit kebudayaan mereka. Beberapa teman bahkan kerajingan film romantis dari negeri ginseng ini. Kalau saya mah hanya terhitung remahan rengginang, yang menikmati seperlunya dan alakadarnya. 

Salam Membaca J




Sumber Gambar diambil dari
cookpad(dot)com
wikipedia(dot).org


Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih