Kirim Uang Tanpa Rekening Yang Ga Bikin Pusing.


Ilustrasi dari catatankecillina.blogspot(dot).com
Ini cerita si Mbok dikampung.
Kampung kita bukan kampung yang kecil juga, bahkan sudah bisa di katakan kota kecil. Memang sich tidak semua tersedia, tetapi beberapa fasilitas sudah ada. 

Pasar tradisional, pasar modern hingga ke mini market (retail) yang berbentuk seperti Alfamart sudah hadir  bahkan perbankan pun sudah lengkap, meskipun jaraknya tidak berdekatan dan beberapa jauh dari tempat tinggal kita. 

Si mbok sendiri sering mengeluhkan kiriman uang yang diterimanya, bukan jumlahnya, ia menuturkan agak jauh kalau hendak mengambil tunai, bahkan kalau langsung melakukan pembayaran ia sendiri sering kerepotan dengan nomor PIN nya, maklumlah seusia si Mbok mata sudah tidak awas lagi. 

Sederhananya si Mbok itu maunya, uang diterima dengan mudah dan praktis. Apa ada yang mudah dan praktis se-menurut pemikiran si Mbok? Mudah dalam pengiriman uang, apakah mungkin mengirim uang tanpa atm atau mengirim uang tanpa bank. Mungkin ga ya?

Saat ini hal itu dimungkinkan, beruntunglah si Mbok hidup di masa yang segala hal serba dipermudah. 

Ga perlu jauh-jauh ke bank untuk mengambil uang, ga perlu lagi ingat-ingat No PIN yang bikin kepala mumet. 

Kolaborasi TrueMoney dengan Alfamart
TrueMoney bekerja sama dengan Alfamart mencoba mewujudkan itu semua. Sepertinya produk ini mengambil konsep pengiriman uang tunai pada masa lalu yaitu pengiriman wesel pos, kalau yang hidup di generasi sekarang pastinya bingung, mahluk apa wesel itu? Tema besar yang diusung wesel pos adalah pengiriman uang mudah didukung tema-tema kecil seperti mengirim uang tanpa bank,  mengirim uang tanpa rekening. Kala itu wesel merupakan produk dari kantor pos. Sementara saat ini saya ga tahu apakah masih digunakan atau sudah usang. 

Dari konsep itu sepertinya TrueMoney Indonesia mencoba peruntungannya membantu masyarakat dalam hal pengiriman uang yang dapat ditarik tunai tanpa rekening yang membuat pening, hingga ke kota-kota kecil (seperti kota si Mbok) yang sudah hadir jaringan Alfamart. 

Penasaran dengan konsep ini, menjajal langsung Customer Service mereka, saya ajukan pertanyaan via aplikasi mereka. Taarrraaaa.... tidak butuh waktu lama, CS TrueMoney Indonesia langsung konfirmasi dengan menelpon kembali.

list Q&A di aplikasi True Money 

Menindaklanjuti banyaknya pertanyaan yang saya ajukan, saya  coba saya rangkumkan (sebenarnya di aplikasi sudah ada kumpulan template pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan, tapi rasanya berbeda ketika berinteraksi dengan CSnya langsung).

Pertanyaan mendasarnya adalah apakah masih bisa melakukan transaksi kirim uang dan tarik uang jika tidak memiliki aplikasi di smartphone baik di kita atau di orang yang akan kita kirimi uang? Pasti bisa, selama ada Alfamart pengiriman dapat dilakukan tanpa perlu instalasi aplikasi. Kalau sama-sama memiliki aplikasi, tidak perlu lagi hadir ke Alfamart, hanya melakukan transfer antar aplikasi. Kalau transfer pasti si Mbok lebih memilih rekening yang sudah biasa ia gunakan. 

Lalu apakah aman melakukan pengiriman uang menggunakan Alfamart, sejauh ini (info petugas CS TrueMoney) selama pesan PIN yang diberikan tidak diinformasikan ke lain pihak sangat aman. 

Memang diperlukan verifikasi para pihak untuk menandakan baik yang menerima dan mengirim adalah orang yang sama. 

Berikut tata cara pengambilan uang di Alfamart
  • Pelanggan datang ke toko Alfamart untuk  “Mengambil Uang” dengan membawa KTP/SIM yang masih aktif
  • Pelanggan HARUS menunjukan Identitas Asli
  • Pelanggan memberikan kode pengiriman uang (MTCN) kepada Petugas Kasir
  • Pelanggan mengisi form pengambilan uang dan dan memberikan fotocopy KTP/SIM ke kasir Alfamart. 
  • Petugas akan melakukan Input data ke system mesin kasir Alfamart
  • Kasir akan memverifikasi data pengirim dan penerima uang, kalau sudah sesuai, Pelanggan akan menerima uang dari  petugas Kasir
  • Pelanggan mendapatkan Uang sesuai jumlah yang dikirimkan.

 Mudah untuk di aplikasikan bukan. 

Notifikasi yang masuk melalui SMS dan sifatnya rahasia ya


Jadi saat ini si Mbok sudah mudah untuk menerima dan mencairkan uang transferan belanja setiap bulannya. Ga perlu lagi harus ke bank atau atm untuk melakukan pencairan. Apalagi jarak Alfamart dan bank, lebih dekat menuju Alfa. Yang pasti membuat hati tenang, si Mbok ga perlu pergi terlalu jauh hanya untuk mencairkan uang. 

Terlebih setelah mendapatkan uang si Mbok juga dapat langsung membelanjakan kebutuhan pokok yang ia perlukan di Alfamart tempat ia mencairkan uang. Ini sama saja seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Kerjasama yang menguntungkan antara Alfamart, TrueMoney dan Konsumen.

Atau kalau masa batas pengambilan masih tersedia beberapa hari, si Mbok dapat menunggu sampai benar-benar ia membutuhkan uang tersebut. Dilain sisi, kalau ia pergi kerumah kerabat, dan di sana ada Alfa terdekat, si Mbok pun dapat melakukan penarikan.

Sementara yang mengirim disini pun lebih tenang, mulai dapat mengirim sesuai kebutuhan si Mbok, ga harus sebanyak transfer ketika menggunakan jasa perbankan. 

Kalau Mbok butuh cepat Rp 500.0000,- (lima ratus ribu rupiah) kirim sekarang dan tidak butuh waktu lama langsung sudah dapat dilakukan penarikan.

Ataupun kalau si Mbok bilang ga jadi hari ini atau besok, uang yang saya kirim masih bisa di lakukan pembatalan dengan tidak dikenakan biaya pembatalan tapi tetap dikenakan biaya pengiriman.  

Sangat membantu dan memudahkan saya dalam melakukan pengiriman uang ke si Mbok. 

Dibalik keuntungan kerjasama yang dibangun TrueMoney Indonesia bangun dengan Alfamart, masih ada beberapa yang perlu dibenahi beberapa di antaranya; 
1.    Jumlah uang yang dikirimkan hanya dapat diambil tergantung ketersediaan uang di Alfamart tempat mengambil. Contoh, jika saya kirim si Mbok uang Rp. 3.000.000,- belum tentu bisa diambil pada hari itu jika tidak tersedia jumlah itu di Alfanya. 
2.      Tidak semua Alfa melayani transaksi  ini, hanya Alfamart dan Alfamidi saja. Alfa ekspres dan lainnya masih dalam tahap menyusul.


Ah sudahlah, biarkan itu menjadi catatan bagi mereka untuk dapat terus memperbaiki diri dan kualitas layanan. 

Sementara saya menikmati pengiriman mudah tanpa perlu atm dan rekening begitupun dengan si Mbok. Dan dapat dilakukan di semua gerai Alfamart dan Alfamidi yang di lewati atau terdekat dengan lokasi tinggal. Total Alfamart yang ada di Indonesia saat ini 13.726 gerai.


Informasi CS - nya True Money Indonesia


Belum lagi kalau ada pertanyaan atau masalah (semoga jangan sampai ada masalah) CS mereka siap membantu, untuk email dan website 24 jam. Sementara Operator CS mulai beroperasi dari pukul 07.00 wib hingga pukul 22.00 wib. 

Tentang TrueMoney.
TrueMoney memulai debutnya pada tahun 2007 di Thailand, lanjut menyebar ke Mynmar dan Kamboja. Baru pada tahun 2015 True Money hadir di Indonesia dengan nama TrueMoney Indonesia dibawah payung Ascend Group melalui PT. Witami Tunai Mandiri. 

Saya tidak berhenti disana, aman atau tidak  melakukan transaksi dengan True Money. Bagaimana dengan lisensi mereka di negara kita?  Rupanya TrueMoney Indonesia sendiri sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang eletronik dan jasa pengiriman uang yang dapat dinikmati oleh semua orang diseluruh Indonesia.



Bahkan media online mensejajarkan True Money dengan PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk, PT XL Axiata, Tbk hingga ke Go Pay  (PT. Dompet Anak Bangsa) sebagai operator E-Money yang telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia. 

Ok dech, terimakasih TrueMoney Indonesia, terimakasih Alfamart.









Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih