6 Tahapan Perpanjang SIM Langsung Ke Kantor Satpas Terdekat.



Perpanjangan SIM dilakukan 5 tahun sekali, dan dapat dilakukan di mana saja selama tidak melewati batas waktu yang tercantum.

Nah kalau sudah lewat batas waktu baru dech, kalau ga ribet urus ulang di Samsat Daan Mogot atau biaya yang dikeluarkan akan mehong (baca: mahal) banget cyin.

Jadi sebisa mungkin lakukan perpanjangan dengan batas maksimal satu bulan sebelum masa habis berlaku. Dan sabtu tetap buka melayani perpanjangan SIM tapi hanya sampai setengah hari saja, jam 11 sudah tutup sementara minggu tetap libur. 

Saya sendiri melakukan pengurusan perpanjangan ini hitung-hitung sebagai jalan-jalan sama keluarga, sembari mengenalkan kantor polisi ke bocah.

Secara melakukan pengurusan langsung ke Satpas sendiri tidak memakan waktu lama. Karena sudah dibebaskan melakukan perpanjangan di daerah mana saja bahkan sebagian sudah dapat on line (yang ini saya belum sempat coba) atau menggunakan mobil perpanjangan keliling,  saya melakukan pengurusan di kantor cabang asal saja yaitu di Jakarta  Utara. Lokasi persisnya itu berada di Jalan Gorontalo raya No 80 Sungai Bambu Tanjung Priok Jakarta Utara.

Bergaya Di Depan Kantor Satpas 

Dan ga sampai 1 jam sudah selesai dari awal datang hingga jadi SIM, karena tertera sebenarnya melakukan pengurusan SIM hanya memakan waktu 30 menit. Lalu kenapa saya sampai satu jam, kan molor 30 menit. Itu karena saya hitung dari waktu datang sampai, ambil berkas lanjut fotokopi SIM lama lalu terakhir saya tutup dengan me-laminating SIM, yang semua ini bukan layanan dari Samsat itu sendiri. 

Jadi 30 menit itu tahapannya seperti ini. 
  1. Kalian datang dan ambil berkas untuk perpanjangan SIM. Terima saja, ga usah di apa-apain nanti petugasnya yang bantu mengisikan.
  2. Lanjut ke bagian berikutnya tes kesehatan disini dikenakan tarif per SIM Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah) tertulis kok dan petugasnya ga berani untuk meminta lebih, kecuali kalau kalian berbaik hati memberikan lebih ya. Dibagian ini yang agak lama karena ditanya-tanya, golongan darah, tinggi badan hingga memeriksa singkat kesehatan mata. 
  3. Langkah berikutnya adalah membayar Biaya Asuransi juga tertulis jelas kok per SIM dikenakan tarif Rp. 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah).
  4. Selesai langkah diatas barulah membayar biaya administrasi perpanjangan SIM untuk Motor Rp. 75.000,-  (tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk Mobil Rp. 80.000,- (delapan ribu rupiah).
  5. Sudah tinggal 2 langkah terakhir, masuk ruang foto diri dan tanda tangan.
  6. Dan terakhir tinggal tunggu panggilan untuk mengambil SIM yang sudah selesai. 

Ruang Kesehatan 

Sebenarnya bisa kurang 30 menit jika petugasnya ada di pos masing-masing, karena waktu masih jam 8.30 WIB petugas belum lengkap sementara yang antri sudah ada 7 orang. 

Secara keseluruhan menyenangkan berinteraksi dengan petugas berseragam coklat ini. Sudah tidak ada pungli, semua harga tertera jelas. 

Dan waktu tunggu sesuai dengan yang di tampilkan. Tetapi SIM yang di perpanjang sekarang belum merupakan Smart SIM seperti yang sedang digalakkan akhir-akhir ini. 

Ini cerita akhir pekan saya, Bagaimana cerita kalian? 

2 komentar

  1. Nice info gan.. walaupun masih lama perpanjang sim nya..hehe

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih