Ngobrolin Yaris di VIVA Talklife


Demas Agil (DA)  siapa dia? Bukan sebentar dia menekuni industri balapan, DA bisa dikatakan sudah mendarah daging dengan industri balapan. Setidaknya DA sudah mencatatkan namanya dalam tiga cabang balap berbeda yaitu gymkhana atau slalom, touring dan juga drifting.

Sehari sebelum acara berlangsung, saya sudah mencari lokasi via maps juga dan sudah dapat gambaran lokasinya. Secara sering juga (tepatnya beberapa kali) main-main diseputaran Ampera Raya. Tapi entah kenapa hari itu sempat nyasar ke daerah Kemang dan muter-muter disana sekitar 20 menitan baru sadar seharusnya ke Ampera Raya.

Untung acara registrasi berlangsung selama 1 jam dari jam 12.00 hingga 13.00 WIB meskipun tiba 30 menit sebelum acara dimulai, alhasil makan siang yang diberikan ambil seperlunya (ga bisa explore makan berlama-lama) serius makan biar ketika acara berlangsung tidak ketinggalan dan tidak sedang sambil makan juga keles.


Pastinya kalian penasaran kan, acara yang saya hadiri beberapa hari lalu, iya sama, saya juga penasaran sebenarnya. Sebab kali ini VIVA menggandeng Toyota Yaris untuk menghelat sebuah acara  “Unleash Your Fun”. Bayangan saya awalnya adalah untuk mengenalkan produk baru dari Toyota, kalau yang kayak begini mah seneng-seneng aja. Secara udah brosing juga apa sih kelebihan dari Toyota Yaris. Etapi bukan produk baru yang mereka tawarkan loh.

Tampilan Yaris-nya Demas Agil 

Sekilas Tentang Toyota Yaris.
Untuk Toyota Yaris memang bisa dibilang bahwa hampir secara keseluruhan memiliki tampilan desain yang terkesan sporty, futuristik, stylish dan tentunya dengan gaya dinamisnya begitu elegan. Saya coba gali lagi informasi mengenai Toyota Yaris dan dari web semisena(dot)com jadi tahu detail dan pritilan-pritilan nya Yaris, mulai dari sisi depan yang mengusung Dynamic Headlamp dengan red ring (khusus tipe TRD). Sementara untuk melengkapi kecanggihannya, Yaris sudah dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime-Running Lights) yang dibuat menyatu dengan grill.

Sementara untuk menunjang keseimbangan dalam berkendara, Yaris sudah dibekali dengan suspensi handal yaitu suspensi tipe MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Kedua suspensi yang diusung Toyota Yaris tersebut dipastikan bakal sanggup untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara saat melewati berbagai kontur jalan.

Lalu bagaimana untuk mesinnya sendiri, berkaitan dengan dapur pacu, ini merupakan concern dari Yaris juga mengingat sangat berkaitan erat dengan performa yang dihasilkannya. Nah berhubungan dengan hal tersebut diketahui bahwa Toyota mempertahankan mesin 2NRR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dua VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc.

Saya dengan Yarisnya Demas Agil 


Mesin yang diusung Toyota Yaris ini nantinya akan dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT. Meski berbeda transmisi namun dipastikan bakal sanggup memberikan tenaga yang sama yaitu mampu menyemburkan power hingga 107 PS per 6000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4200 rpm. Selain itu pada bagian permesinan yang dibawa hatchback ini pun dilengkapi fitur tambahan Fun to Drive, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo pengaturan berkendara dilengkapi dengan pilihan SPORT ataupun ECO Mode. Sementara untuk sistem suplai bahan bakarnya sendiri sudah menggunakan Fuel Injection yang dipastikan bakal memberikan kualitas efesiensi bahan bakar (irit bahasa sederhananya).

VIVA Talklife Unleash Yout Fun.
Nah, rupa-rupanya minggu kemarin itu tanggal 25 Agustus 2019, VIVA menggandeng Toyota Yaris untuk duduk, ngobrol santai bareng blogger. Setidaknya lebih dari 50 blogger hadir dalam gathering kali ini. Mengambil tempat di Cerita Rasa Restaurant Jalan Ampera Raya No 9, konsep semi out door dengan tutup kanopi diatas sebuah halaman semacam aula.

Toyota Yaris yang digunakan untuk balapan juga dihadirkan, sekilas dari luar tampak anggun dan kece tapi tidak hilang unsur garang-nya. Ketika dilihat bagian dalamnya barulah ketahuan memang Yaris ini yang digunakan untuk cepet-cepetan.

Tengah Demas Agil, Baju Hitam Dimas Azka

Narasumber yang dihadirkan dari Toyota Yaris, plus Demas Agil sebagai pembalap dari Toyota Tim Indonesia (TTI). Sederhananya blogger hadir untuk mendengarkan mereka berbagi pengalaman dan ilmu perihal Yaris itu sendiri.

Demas Agil (DA)  siapa dia? Bukan sebentar dia menekuni industri balapan, DA bisa dikatakan sudah mendarah daging dengan industri balapan. Setidaknya DA sudah mencatatkan namanya dalam tiga cabang balap berbeda yaitu gymkhana atau slalom, touring dan juga drifting. DA hadir kali ini untuk bercerita dan berbagi pengalamannya memperoleh kemenangan yang tidak mudah untuk diraih. Dan Gokart adalah awal mula ia merintis karir kebut-kebutan.

Tahu ga, sekelas DA aja masih suka deg-deg an di 5 detik sebelum lomba berlangsung. Tarik napas, tetap tenang , fokus dan jangan lupa berdoa untuk menang, sesederhana itu tips dan triks dari Demas Agil.

Ruang Kemudi nya Demas Agil 

Beberapa blogger pun aktif bertanya, satu diantaranya, selama mengikuti lomba, hal apa yang DA anggap paling berkesan? Hmmm, yang paling berkesan menurut Demas ketika dukungan teknis dari beberapa tim ditambah dengan dukungan mental yang baik dan hasilnya juara, ini yang sangat berkesan  dan sulit untuk dilupakan. Bahkan DA juga pernah mengikuti lomba yang tidak hanya sekedar kebut-kebutan tetapi lomba ketahanan. Disini ia diharuskan bergabung dengan beberapa teknisi dan teman dari berbagai negara (praktis ini akan menambah pengalaman dan pertemanan DA dalam berlomba), ia harus mengendarai kendaraan selama 10 jam untuk mengetahui daya tahan sebuah kendaraan. 

Faktor fisik juga sangat menentukan dan mendukung. Jadi jangan kalian anggap kalau balap mobil ga perlu jaga kebugaran fisik ya. Demas Agil harus tetap menjaga berat bada ideal dan asupan nutrisi bagi tubuhnya agar performa fisiknya tetap fit. Ga lucu aja, kendaraan sudah oke, tapi fisik pembalapnya berantakan. Apalagi fisik yang bagus, banget diperlukan, supaya nanti kalau menang ketika bagian buka baju (sebagai selebrasi kemenangan) ga malu-maluin badannya untuk ditampilkan.

Ada yang tahu tabung apaan itu? 


Sementara Dimas Azka perwakilan dari Toyota Yaris (nama mereka hampir-hampir mirip jadi ga bisa saya singkat sebagai DA lagi, nanti kalian jadi bingung pastinya), menyatakan Toyota Yaris adalah jawaban dari semua kebutuhan dan pertanyaan yang ada. Karena Yaris sendiri dibuat di Indonesia oleh tenaga handal bangsa sendiri, artinya apa ya? Gini, kalau yang buat negara lain atau bangsa lain tentunya tidak paham akan kontur jalanan kita yang ajaib kadang turunan kadang tanjakan ditingkahi polisi tidur yang melintang. Untuk itu dibuat perbedaan tinggi Ground Clearence  (tinggi antara permukaan tanah dengan bodi terendah)-nya berbeda ketimbang negara lain. Inilah yang membuat Yaris tetap aman dan nyaman untuk dikendarai.

Bahkan dengan ikutan lomba Nasional dan Internasional Tim Toyota jadi tahu bagaimana cara untuk men-develope sebuah kendaraan yang tangguh tapi tetap aman dan nyaman sekaligus men-develope sumber daya manusia-nya (yaitu pembalapnya, Demas Agil).

Seperti lomba ketahanan kendaraan yang Demas Agil ikuti, dari situ ia dan timnya tahu bagian mana yang harus dibenahi untuk kenyamanan pengendara Yaris dikemudian hari. Jadi benar ajang lomba adalah ajang untuk Tim Toyota terus belajar dan berbenah tidak hanya mengejar juara saja.

Kagum dengan Toyota Yaris 


Jadi semakin tahu kan, ketahanan, kualitas dan keunggulan dari Toyota Yaris itu. Memang Yaris  sendiri menargetkan pasar untuk anak muda dan ini terlihat dari banyaknya komunitas Yaris yang mendesain ulang dan membangun Yaris mereka menjadi lebih berkelas dan kreatif. Tapi tidak menutup kemungkinan juga, Yaris menyasar kaum keluarga kecil yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan tapi tetap bisa diajak lari-larian.

Toyota Yaris yang kecil ini, tidak sekecil tenaga yang mampu dihasilkannya, gesit untuk diajak lari tapi tetap nyaman dan aman plus terlihat modis dari luar.

#unleashyourfun #vivacoidxtoyota @Vivacoid @toyotaid

Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih