Jakarta Blues festival

Jakarta_Blues_Festival
Jakarta_Blues_Festival
Posted by Picasa



Acara Jakarta Blues Festival tahun ini akan selalu menjadi kesan terbaik buat saya pribadi. Secara saya sendiri terbilang jarang menyaksikan konser-konser musik besar sekelas Jakarta Blues Festival. 

Dan Blues sendiri memiliki keterikatan dengan saya bukan karena saya penggemar berat blues. Tapi karena saya tertarik dengan alat musik gitar, mau tidak mau, ilmu yang pertama kali diajarkan setelah tahu teknik dasar, maka musik blues lah yang perdana pertama kali dikenalkan. 

Jadi apapun latar belakang musik kalian (terutama untuk gitar) kalau mau belajar ke tingkat selanjutnya, minimal harus paham dengan genre Blues. 

Sederhananya Blues itu menghilangkan nada 3 (mi) dan 5 (sol) jadi seputar 5 nada itu aja yang dimainkan, biasanya orang-orang menyebutnya Pentatonik. 

Tapi yang saya terangkan diatas sebatas teori kulitnya saja ya, karena pada dasarnya ada juga Blues yang tetap memasukkan unsur Mi dan Sol tetapi tidak kehilangan unsur Bluesnya. 

Nah untuk master blues yang mendunia (dan saya baru tahu juga) sebut saja BB. KING, beliau bisa dikatakan bapak Blues International setelah Jimmy Hendrix (kali ya) atau yang agak kekinian Garry Moore dengan Still Got The Blues-nya. Atau yang terkenal banget di kalangan musisi blues itu SRV Steve Ray Vaughn dengan Little Wings nya. 

Biasanya kalau yang sudah ahli seperti Steve Vai, Joe Satriani meskipun tidak memainkan Blues tetap mereka paham musik Blues bahkan pasti ada salah satu karya mereka yang berlatar belakang atau bergenre Blues. 

Bisa dikatakan musik Blues itu sebagai dasar untuk tingkatan musik berikutnya, 

Salam Musik 

Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih