SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Titik Tolak Seorang Junior Blogger


Think_Positif
Think Positif (sumber dari Pixabay)

Blogging adalah kegiatan menulis yang hasilnya disebarluaskan ke dunia maya. Itulah hal pertama yang saya tangkap mengenai blogging. Blogging sendiri sudah mulai terkenal di Indonesia sudah beberapa tahun belakangan ini, tepatnya saya kurang tahu. Saya tertarik mengenai blogging pertama kali kira-kira tahun lalu (2009) ketika saya berkunjung ke Karang Anyar, Solo jawa tengah. Ketika itu saya diperkenalkan secara verbal mengenai blogging oleh saudara, yang mana pada saat itu telah menerbitkan buku novelnya yang perdana (judulnya saya lupa). 

Karena keterbatasan waktu dan peralatan yang saya miliki, niatan untuk membuat sebuah blog pun tertunda. Tapi ketertarikan untuk menulis tetap ada dan setiap hasil tulisan saya simpan secara manual. Tepat bulan April 2010, saya sudah mulai ditempatkan kerja pada sebuah institusi pemerintah, inilah titik tolak di mana   sudah harus berkutat kembali dengan teknologi komputer dan dunia maya   (dimana sebelumnya saya sempat vakum lama dalam menggunakan teknologi komputer dan berhubungan dengan dunia maya).

Bahkan seorang teman kantor (Bpk.Ahmad Chaedar, thanks ya atas bantuannya) pun turut membantu niat saya, dia rela searching dan print out tentang Wordpress. Saya coba buat sebuah belajar membuat blog dengan wordpress, tapi karena kekurangan kemampuan (karena sudah putus terlalu lama dengan maya… hehehe, ngeles.com) membuat saya bosan, terlebih teman  tadi dapat membuat blog pribadi yang menarik dan eye catching. Dia menunjukkan blog buatannya untuk memotivasi, alih – alih termotivasi, yang ada malah membuat minder dan semakin bosan dengan word press.

Tepatnya bulan September 2010, saya coba browsing ke sana kemari ga jelas dan tanpa tujuan. Lalu tiba – tiba secara tidak sengaja terbrowsinglah oleh saya Kompasiana. Sebuah komunitas blog yang disediakan oleh Kompas. Dimana semuanya sudah tersedia secara detail oleh kompasiana dan fitur yang digunakan sengaja di buat mudah, artinya siapa saja  mampu untuk menggunakan kompasiana. Tertarik dengan fitur dashboard yang ditawarkan, saya memutuskan bergabung dengan kompasiana.

Saya coba menulis dan menayangkan hasil tulisan, hasilnya menurut saya sangat luar biasa, kenapa luar biasa? Tulisan kita bisa langsung tayang pada saat itu juga tanpa ada proses penyaringan yang ketat. Dan siapa saja selama sudah bergabung dengan kompasiana bisa memberikan komentar dan kritik terhadap tulisan yang saya buat. Hebat kan (menurut saya loh). Disini juga saya dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama anggota kompasiana. Sejauh 3 bulan saya bergabung dengan kompasiana, semua teman yang sudah saya kenal lewat kompasiana selalu memberikan respon yang positif.

Yang serunya lagi tepat di hari ulang tahunnya yang ke 2 kompasiana juga mengadakan acara nonton bareng. Tanggal persisnya 13 Nopember 2010 bertempat di studio XXI Plaza Senayan. Dan awal November 2010, kompasiana juga melakukan perubahan-perubahan dalam rangka untuk terus meningkatkan kualitas dan kenyamanan pengguna kompasiana (kompasianer). 

Hal ini yang membuat semangat menulis saya kembali kambuh. Lingkungan yang positif dan yang saling menghargai satu sama lainnya. Tapi hal yang benar – benar membuat saya sadar inti dari blogging itu adalah ketika menghadiri sebuah acara workshop yang diadakan oleh kompas muda pada tanggal 14 Nopember 2010. Waktu itu mba Margareta Astaman (biasanya akrab dengan Margie) memberikan kuliah singkat bagaimana membuat semangat menulis itu tetap ada, lalu konsistensi dan kesinambungan dalam menulis, membuat dan menyimpan tulisan dalam folder bank Tulisan, masih banyak hal yang diberikan pada saat itu. Bahkan kalau ada dari peserta workshop yang kurang jelas dan hendak bertanya, tidak sungkan – sungkan Mba Margie ini memberikan alamat yang dapat di kunjungi. 

Semua hal yang saya sudah ceritakan di atas, memaksa saya untuk membuat sebuah resolusi akhir tahun 2010. Bahwasannya :

1. Saya harus lebih rajin untuk menulis di blog pribadi buatan saya. Perihal tampilannya menarik atau tidak. Tetap harus Menulis. Perihal ada yang mengomentari atau tidak. Tetap harus Menulis

2. Tetap aktif menulis juga di kompasiana, hal ini untuk melatih sense akan topik yang sedang hangat di masyarakat, dan membina serta meningkatkan hubungan baik dengan sesama anggota kompasiana.

Resolusi ini di buat pada tanggal 15 Nopember 2010, dan akan kita lihat dan evaluasi hasilnya setiap tahun. Dan apa yang terjadi setelah 3 tahun….

Kita lihat ya….
Salam hangat.
Kornelius Ginting
Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar