Rabu, 20 Maret 2019

Berburu Evamat Di Seputaran Jakarta.


Ini dia Evamat yang diperlukan sesuai kebutuhan
Sebenarnya kalau si abangnya ramah dan komunikatif mungkin kami akan memutuskan belanja di toko mereka. Tapi karena situasi lagi ramai dan seolah-olah mereka lagi diatas angin, membuat saya mencari pilihan lain.

Haloo orang-orang baik, jadi ceritanya minggu siang kemarin, istri minta tolong dicarikan evamat untuk keperluan kantor yang jumlahnya tidak sedikit. Tapi ga termasuk juga dalam jumlah besar. Ya untuk ukuran evamat kecil setidaknya butuh 20 Pax (isi 1 pax itu 10 evamat).

Bagi teman-teman yang belum tau evamat itu apa, sederhananya evamat digunakan sebagian orang untuk alas meditasi atau yoga (biasanya evamat ukuran besar). Ata ada juga yang menggunakan sebagai alas lantai agar kalau jatuh tidak langsung membentur lantai. 

Ukuran evamat sendiri yang saya tahu baru 2 ukuran, ukuran kecil itu 30 X 30 dengan ketebalan 1cm, sementara yang besar 60 x 60 untuk ketebalan kayaknya serupa (atau beda ya). 

Lalu dimana biasanya mendapatkan evamat, toko mainan anak biasanya tersedia seperti Pasar Asemka Mangga Dua, atau Pasar Jatinegara sementara saya mencarinya di Pasar Mainan Gembrong Jakarta Timur. Ituloh disamping Mal Bassura Jakarta Timur.


Sayangnya hanya ada 2 buah toko yang menawarkan evamat dan hanya 1 toko yang menyediakan evamat dengan ukuran besar. 

Nah, pengalaman saya pribadi hunting evamat di Pasar Gembrong ketika hari minggu sangat tidak nyaman. Selain ramai oleh pembeli yang mencari aneka rupa mainan ditambah letak Pasar Gembrong sendiri yang berada dipinggir jalan, menyebabkan belanja harus ekstra hati-hati kalau tidak mau disenggol kendaraan motor yang lewat.

Itu belum ditingkahi pedagang yang sedikit arogan (menurut saya) ketika mereka membuka harga dan tidak dapat ditawar sedikitpun. Mengapa demikian? Karena saya sebelumnya pernah juga belanja disana, di toko yang sama belanja evamat untuk keperluan pribadi tapi yang memiliki motif, tetapi datang tidak di hari minggu. Harga evamat motif harga pas itu di Rp. 85.000,- sebelumnya itu saya beli Rp. 70.000,- 

Lah kalau yang polos gimana? Rp. 60.000,- ga bisa kurang, berapapun ambilnya. Sementara masih di Pasar Gembrong tapi di toko yang berbeda, harga bisa kurang dua ribu jika ambil banyak. 

Info dari istri, teman kantor dapat harga Rp. 55.000,- di Pasar Jatinegara. Asal sama saja dengan di Jatinegara kami ambil di Pasar Gembrong (daripada harus pindah pasar lagi). Sayang seribu sayang, si abang pedagang tidak mau bergeser dari angka Rp. 58.000,-

Posting Disini Biar Ga Lupa Toko Elektrindo 


Saya juga cek toko online, rupanya di toko online ada beberapa yang menawarkan produk evamat dengan harga serupa dan juga beberapa bahkan menawarkan harga miring. Browsing-browsing, sayangnya toko online ketika membeli jumlah banyak ada kendala juga. Masa iya, ongkos kirim dari Tangerang ke Jakarta itu sudah setengah dari harga beli keseluruhan barang (ga masuk akal).

Elektrindo.
Ga sengaja dapat toko online ini di bukalapak, tapi tetap saja kalau pembelian dalam jumlah banyak meskipun sama-sama di kota Jakarta tetap mahal dan membutuhkan waktu antar 1-2 hari. Edan, toko online rupanya tidak memberikan fasilitas untuk kita membeli dalam jumlah banyak ya.

Tapi komunikasi dengan toko eletrindo masih nyambung, awalnya harga yang mereka tawarkan untuk evamat kecil itu Rp. 54.000,- untuk pembelian 20 pax dapat potongan lagi Rp. 2.000,- alhasil dari yang di Pasar Gembrong Rp. 58.000,- dapat di toko Elektrindo Rp. 52.000,- selisih Rp. 6.000,-

Dan yang ukuran besar juga ada 60 X 60 kalau di Pasar Gembrong harga mati itu di Rp. 105.000,- di toko Eletrindo pasnya itu Rp. 85.000,-. Bah, makin berasa bedanya kan.

Kekurangannya kami harus ambil sendiri barangnya ketimbang harus menggunakan kurir (karena jumlah yang lumayan). Tapi dari pasar Gembrong ke daerah Kelapa Gading hanya butuh waktu sekitar 30 menit karena minggu tidak macet.

Pfuuf ga sia-sia, menggunakan semua sumberdaya yang ada untuk mendapatkan evamat murah. Sebenarnya kalau si abangnya ramah dan komunikatif mungkin kami akan memutuskan belanja di toko mereka. Tapi karena situasi lagi ramai dan seolah-olah mereka lagi diatas angin, membuat saya mencari pilihan lain.

Padahal untuk keperluan kantor, selama ada kuitansi ga perlu harus mencari yang murah juga bukan, tetapi kandung kecewa akhirnya menemukan jalan baru dan pengalaman baru, dan bonus tambahannya adalah harga yang murah.

Terimakasih Dunia Maya. 
Comments
2 Comments

2 komentar:

Bangtax mengatakan...

mantap nih

Kornelius Ginting mengatakan...

Iya..jadi tambah ilmu