Sabtu, 01 Juli 2017

Gear Box Mesin Cuci Denpo Rusak




Dan setelah bongkar-bongkar yang tidak membutuhkan waktu lama, benar saja gear boks yang bermasalah. Sudah “oblak” gear box, rupanya gear boks ini yang menghubungkan dari motor ke piringan atas untuk memutar mesin cuci.

Tjakep banget tuch, pas hari raya pakaian kotor lumayan numpuk dan eng-ing-eng, mesin cuci ikutan “ngambil cuti” (baca:ngambek). Iya, tiba-tiba mesin cuci daya putar berubah menjadi pelan.  Untungnya ada tetangga jauh yang bisa benerin ini mesin cuci, dan benar saja, tikus-tikus nakal bikin ulah lagi. Ada kabel yang hampir putus menyebabkan kapasitor mengalami kerusakan.

Nah, masalah yang muncul kemudian adalah siapakah yang jual itu kapasitor disaat musim liburan gini. Alhasil harus menunggu setidaknya 4 hari untuk mendapatkan ganti kapasitor. Kapasitor baru terpasang rapih, mesin cuci Denpo sudah berputar normal kembali tapi ketika diisi air dan pakaian kotor kembali ngadat dan berhenti tetapi tetap mau berputar asalkan dibantu dorongan tangan. Aneh bin ajaib, masa iya sekarang sudah berputar kencang tapi tenaganya hilang.


Bongkar mesin cucinya, begitu saran tetangga saya. Dugaan dia antara motor (baca; Dinamo) mesin cuci atau gear box-nya. Pengalaman baru nich, bathin saya. Mesin cuci berputar tapi hilang tenaganya.  Sebab menurut beliau kadang-kadang Motor Mesin Cuci bermasalah akan seperti ini juga dan ia sudah siap dengan Motor Dinamo. Pengalaman dia, seringnya menemui dinamo motor mesin yang bermasalah. Tapi setelah di lakukan pemeriksaan dengan tespen, ada listrik mengalir di dinamo menandakan dinamo tidak bermasalah.

Toko penjual sparepart mesin cuci 
Jangan-jangan, gear box-nya pak, ujar tetangga saya itu. Kalau gear boks rusak, kita harus keluar lagi mencari pedagang gear boks. Kalau tahu sedari awal gear boks rusak kemarin ketika beli kapasitor kan bisa sekalian, kembali tetangga saya ini berujar.

Dan setelah bongkar-bongkar yang tidak membutuhkan waktu lama, benar saja gear boks yang bermasalah. Sudah “oblak” gear box, rupanya gear boks ini yang menghubungkan dari motor ke piringan atas untuk memutar mesin cuci.

Bagian Dalamnya Mesin Cuci Denppo

Sempat bertanya, kenapa gear box-nya bisa rusak ya? Teori-teori yang sempat diutarakan tetangga saya ini macam-macam. Mulai dari arus yang masuk tidak seimbang karena kabel yang digigit tikus hingga kapasitor yang tidak mampu menggerakan motor dan gear box bersamaan sehingga arus kembali lagi dan menyebabkan arus pendek (short).

Bagian dalam Gear box yang rusak 
Kalau sepengamatan kasat mata saya, gear box  tersusun dari seal-seal dan susunan gigi yang saling terkait dapat rusak ataupun terjadi keausan, salah satu penyebabnya selain usia dan takdir adalah beban yang terlalu berat. Nah beban yang berat ini yang menurut saya memberikan putaran pada gear yang berat juga sehingga menyebabkan putaran menjadi berat nah putaran yang tidak dapat berputar ini (tetapi dipaksakan) menyebabkan keausan atau rusak pada  gear-gearnya.


Gear Box yang bermasalah 

Ok, sekarang waktunya berfikir bagaimana menemukan gear box yang sesuai dengan mesin ccuci Denpo saya. Syukurnya ada juga tukang yang buka menjual gear box mesin cuci dan tidak jauh dari tempat tinggal. Sempat ketar-ketir kalaupun buka, gear box ini kan jarang rusak dan spesifikasinya seperti apa nanti ya.

Rupanya gear box ini dilihat dari gigi gearnya saja bukan dari tipe mesin cucinya (tapi tetep gear box kami bawa biar bisa menyesuaikan) karena menurut tukang gear box hanya ada 2 tipe yang bergigi 10 atau 11. Nah yang 11 ini yang jarang, untung punya saya bergigi 10.

Tali kipas Mitsuboshi 

Demi melihat sparepart mesin cuci lain, kita putuskan juga untuk membeli tali kipas (fan belt). Takut-takut nanti putus juga, melihat tali kipas di beberapa bagian sudah mulai mengelupas. Anehnya tali kipas di mesin cuci ini bisa dirubah ukurannya, bawaan mesin itu 30 tapi melihat keausan gear dan gear box baru yang dipasang bisa juga di ubah maksimal ke ukuran 28 agar kencang. Sayang saya harus rela dengan tali kipas yang merek alakadarnya. Maksud hati biar bagus sekalian aja di ganti yang merek BANDO, mana ada untuk mesin cuci merek itu kata penjualnya. Yang ada merek saat itu Mitsubisho, ya sudah daripada nanti 2 kali kerja dan dua kali bongkar sekalian ganti tali kipas aja.


Gear Box dan Fan Belt yang mulai rusak 

Hmm, tetangga saya ini orangnya cukup “cincai” juga selain mengajak saya langsung ke toko spare partnya ia memberikan pengetahuan-pengetahuan yang dimilikinya. Pengalaman tahun lalu ketikakapasitor bermasalah dan saya serahkan ke montir panggilan, yah gitu lah. Bahkan beberapa kali sempat dikerjain, ketika suatu saat membersihkan AC itu montir bilang perlu ada penambahan freon. Padahal menurut beberapa tetangga saya kalautidak ada yang bocor seharusnya tidak perlu ada penambahan (aneh kan).


Gear Box baru 

Dan jreng, lepas ganti gear box dan ganti tali kipas, mesin cucinya moncer berputar seperti baru. Oh iya untuk gear boxnya tanpa merk dibanderol Rp. 60.000,- sementara tali kipasnya Rp. 20.000,- dan untuk kapasitornya itu Rp. 45.000,- untuk ongkos pasangnya karena tetangga, dia mah cincai bajaj aja kok.

Nah sekarang kita lihat berapa lama tahannya itu barang.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih