Rabu, 02 September 2015

Hati-hati menggunakan mesin cuci.


Spesifikasi Mesin Cuci Denpoo

Mesin cuci baru terasa penting jika sudah dalam keadaan rusak dan dibutuhkan segera. Ngga hanya mesin cuci saja sich, hampir semua perangkat rumah tangga karakternya seperti itu. Ketika dalam kondisi normal, perawatan dan penggunaan yang sewajarnya kurang mendapatkan perhatian khusus. Pun sama dengan yang saya alami beberapa hari lalu. 

Berawal dari penggunaan mesin cuci Denpoo yang sudah lebih dari 1 tahun dan selama itu tidak memiliki kendala. Baik dari segi penggunaan ataupun perawatan, memang dalam penggunaan terkadang melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

Tapi melihat kekuatan yang ditampilkan mesin cuci, semakin memacu saya untuk menggunakannya melebihi kapasitas. Hingga tepat setahun lebih 6 bulan, mesin cuci mengalami kendala. 

Apa kendalanya jika sering menggunakan mesin cuci melebihi kapasitas?
Pastinya pertama kali adalah pakaian yang kita cuci  tidak akan  mendapatkan hasil cuci yang maksimal. Pakaian pastinya akan terlihat masih kotor. Yang kedua dengan mencuci melebihi kapasitas akan memacu kerja mesin lebih keras, inilah yang akan mengurangi usia mesin cuci yang kita miliki.

Biasanya jika mencuci melebihi kapasitas hanya sekali-sekali tidak akan juga berdampak langsung terhadap mesin. Mencuci sering melebihi kapasitas dan berulang-ulang-lah yang biasanya menciderai mesin.

Jaringan Kabel Mesin Cuci dan letak Kapasitor
Menurut pengakuan tukang servis mesin cuci, sangat penting sekali mencuci untuk tidak melebihi kapasitas. Setidaknya jumlah debit air harus melebihi cukup dan jumlah pakaian yang dicuci tidak melebih dari setengah tabung atau maksimal 1/2 dari batas normal yang diperbolehkan. 

Kendala di mesin jika sering digunakan melebihi kapasitasnya adalah Mesin cuci akan mengalami penurunan kualitas putaran atau bahkan tidak mau berputar jika ada beban. Tetapi akan berputar jika dibantu tangan dan tidak ada beban. Dan seperti seolah-olah tidak terjadi masalah. 

Jika dibiarkan terus-menerus takutnya akan berdampak ke mana-mana. Maka itu  harus segera diperbaiki. Syukur-syukur bisa diperbaiki oleh teknisi resmi mesin cuci. Kalau tidak ada, tukang servis pinggir jalan pun okelah. 

Tukang servis jalanan langganan saya, hanya butuh waktu 45 menit untuk melakukan penggantian suku cadang yang rusak. Itu juga sudah termasuk membeli suku cadang yang perlu diganti. 
One Cool Kapasitor Pengganti yang asli

Kapasitor,  nama suku cadang yang rusak jika sering menggunakan mesin cuci melebihi kapasitasnya. Harganya sendiri untuk bengkel jalanan, dipatok Rp. 185.000,- ditambah ongkos pasangnya sendiri Rp. 50.000,-.

Garansi barang yang dipasang berlaku hanya 1 bulan saja. Terakhir sang montir berpesan agar mencuci baju sebaiknya tidak melebihi kapasitas. Sehingga kerja mesin akan lebih santai dan pastinya akan lebih lama awetnya. Lebih baik sedikit tapi berulang-ulang (yang ini seperti pesan dokter diet makanan ya).

Kita lihat berapa lama tahannya kapasitor jalanan ini, setidaknya dari saya juga harus merubah gaya mencuci, mencoba untuk mengurangi cucian dan membaginya agar tidak membebani mesin berlebihan.
Kapasitor yang asli disandingkan dengan yang jalanan punya :)

18 komentar:

  1. Baru hari senin kemarin mesin cuci saya habis di service karena tabung pengeringnya tdk kuat berputar saat diisi pakaian. Ternyata setelah dilihat kapasitornya lemah karena sering dipakai dengan pakaian penuh..... Ongkos servicenya kmrn 90rb... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari ini tukang service resmi untuk mesin cuci drumah mama yang tidak mau beroperasi pengeringnya datang untuk mengecek mesin cuci itu, setelah dicek katanya rusak n hrs ganti spare part, dengan harga 600ribu diluar biaya service. bagaimana menurut agan2semua disini? mohon advice nya.

      Hapus
    2. Cari pembandingnya dulu mba alia. Biar sepakat tahu kerusakannya sama. Baru bicara harga.

      Hapus
  2. Aku belum punya mesin cuci, heee. Tapi memang sih kalau kebanyakan jadi kayak mau ngadat :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ngga perlu berurusan dengan kerusakan mesin cuci mas ... :)

      Hapus
  3. kalau saya kendalanya bukan melebihi kapasitas tapi kabelnya suka digigit tikus hadeuuhh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh repot juga kalau berhadapan dengan tikus... :) perlu kesabaran dan trik khusus :)

      Hapus
  4. Wah, repot juga kalo mesin cuci rusak. Pastas deh anak bunda selalu melarang siapa pun operate mesin cuci itu, gak peduli cucian udah banyak. Yang penting: cuma anak bunda yang boleh operate mesincucinya, hehe...bebas deh si bunda, jadi bisa leha-leha. Dan memang benar sudah 3 tahun usianya gak pernah "ngadat" tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perawatannya bagus.. pastimya akan lebih lama tahannya :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. pastinya ngga akan repot dengan perawatan dan permasalahan mesin cuci :)

      Hapus
  6. Si Mbakku (ART), pernah ketauan memasukkan pakaian kotor sepadat-padatnya ke dalam mesin cuci kami. Untung aku tau. Waduh, dia pikir biar cepat kelar. Pfiuuuh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekali-kali ngga pa pa.. yang bikin rusak kalau sering.. tapi siapa juga yang tau si mba itu sekali-kali atau sering :)

      Hapus
  7. Iya ya, kalau kepenuhan jadi cepet rusak. Biasanya nggak mau muter mesin cucinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba Ila... sebaiknya dikit2 biar semakin awet :)

      Hapus
  8. Nimbrung ya....kalo sedikit2 berkali2 bagaimana dgn penggunaan listriknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin cucinya bakalan awet apalagi kalau airnya banyak, tapi memang agak boros dilistrik pastinya :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih