Minggu, 11 Mei 2014

AC Haier (Kita lihat berapa lama tahannya)

Haier 05 LEQ03 (1/2PK)

















Akhir-akhir ini suhu di sekitaran Bekasi tepatnya Jatiasih semakin tidak bersahabat, entah karena hendak pergantian musim atau  ada musabab lainnya yang tidak diketahui. Yang ada hampir setiap malam suhu menjadi panas, alhasil istirahat malam pun terganggu.

Daripada mengorbankan kualitas tidur yang nantinya akan mengganggu kualitas-kualitas lainnya, akhirnya kami coba hunting ke beberapa mall yang menawarkan produk-produk pendingin ruangan. Pilihannya terbagi menjadi 2 pilihan antara LG dan Mitsubishi. LG dikarenakan ada beberapa kerabat yang sudah menggunakannya dan tidak kecewa dengan hasilnya, lalu harga yang ditawarkan masih terjangkau.

Sementara Mistsubishi, memang harga yang ditawarkan lumayan mahal tetapi sebanding dengan kualitasnya. Rupanya Mitsubishi pun saat ini terbagi 2 ada yang "Mitsubishi Electric" ataupun "Mitsubishi Heavyduty". Bagi sebagian kalangan mengatakan Mitsubishi Electric lebih unggul dibandingkan yang "heavyduty". Ataupun untuk yang mencari harga terjangkau dengan kualitas Mitsubishi,  Mitsubishi sendiri mengeluarkan pendingin merk Dast. Untuk kualitas, yah silahkan dicoba sendiri. 

Nah ditengah maraknya pendingin, baik yang menawarkan listrik murah (260 watt) tetapi yang memakan waktu lama dinginnya ataupun sedikit lebih tinggi wattnya tapi hanya sebentar dinginnya. Teknologi Blue finn'lah hingga lainnya.

Singkatnya kami memutuskan untuk mencari Pendingin ruangan ditoko electric sekitaran Jatiasih. Dari Toko inilah kami mendapat informasi, baik mengenai kualitas dan teknologi yang lumayan, rupanya ada di AC HAIER. Memang belum se-terkenal para pendahulunya, teapi HAIER sendiri bukanlah pemain baru. 

Sebagai seorang penjual yang kredibilitasnya sudah baik, ia pun mengemukakan berapa alasan untuk memilih AC HAIER, saya pun beragumentasi dengan membandingkan produk-produk lain yang sudah lebih dulu terkenal dan lebih dulu unggul. Yang kami bandingkan pertama adalah kualitas dan ketahanannya. Dari segi penjualan pun memang lebih banyak Haier di daerah sekitaran Jatis asih. Ia pun selaku produsen jika harus memilih antara produk Haier dengan Produk lainnya pastinya akan memilih HAIER. 

Akhirnya setelah berargumentasi panjang dan lebar, baik kualitas dan harga. Akhirnya sedari harga yang ditawarkan diawal sebesar Rp.3.500.000,- dapat kami tawar menjadi Rp.2.800.000,- plus bracket AC dan Selang sepanjang 3M. Oh iya konon katanya Selang AC juga ada yang kualitasnya kurang terutama selang yang berwarna hitam, jadi kalau beli AC usahakan minta selang yang baik. 

Hanya butuh kurang lebih 2 jam saja, instalasi selesai. Biaya tambahan yang dikeluarkan baik untuk pembelian kabel dan stopkontak itu habis sekitaran Rp. 130.000,-  kabel 10M merk Eterna dan Stop Kontak AC Merk BROCO.  Dan untuk tukang yang mengerjakan instalasi kami berikan Tips Rp. 50.000,- Total Biaya sekitaran Rp. 2.980.000,- 

Setelah diuji coba, memang AC HAIER langsung bekerja maksimal dibutuhkan waktu kurang dari 2-3 menit untuk mendinginkan ruangan sebesar 4X3Meter. Mungkin karena masih baru kali ya. Memang tarikan awalnya HAIER agak sedikit besar sekitaran 460Watt. Lepas itu akan normal disekitaran 200-300W. 

Memang jika dibandingkan dengan merk tertentu yang lebih irit wattnya akan beda kualitas dinginnya, entah karena wattnya rendah atau karena besarnya ruangan.  Entahlah!!!! Ya sudah kita lihat berapa lama AC HAIER ini tahan, menurut tukang yang melakukan instalasi, HAIER ini harus dibersihkan selama 3 bulan sekali (artinya setahun 4X) dan setiap 2 tahun harus diperiksa Freon-nya apakah mebutuhkan penambahan atau tidak.....

Ok, sekian dulu mengenai AC, semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat...

55 komentar:

  1. yang dipasang Seri apa pak? berapa PK? freon nya jenis apa? saya pake Daikin 0,5pk freon R410A untuk ruangan 3,5x3,1m ga dingin soalnya.. niatnya mo ganti haier.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daikin setengah pk memang ga dingin.santoloyo.aku jg nyesal beli daikin

      Hapus
    2. Di cek apakah ada kesalahan instalasi atau tidak.. kalau memang masih belum dingin ditanyakan saja ibu ke toko penjualnya :)

      Hapus
  2. Pa @eko Purwanto.. Waduh serinya dan tipe Freonnya saya kurang paham. Dan AC Haier ini saya gunakan belum genap setahun. Belum dapat direkomendasikan. Meskipun untuk ruangan 3,5 x 3 punya saya cukup dingin.

    BalasHapus
  3. Pak ni saya ada masalah ..baru beli seminggu kok tiba tiba gak dingin ya?? Apa penyebabnya AC tidak dingin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek kembali mas.. siapa tau ada masalah dalam proses instalasinya

      Hapus
  4. Pak saya mau nanya..saya baru beli seminggu..awalnya dingin tp setelah satu minggu kok hilang dinginnya??? Apa ya masalahnya??

    BalasHapus
  5. Pak saya mau nanya..saya baru beli seminggu..awalnya dingin tp setelah satu minggu kok hilang dinginnya??? Apa ya masalahnya??

    BalasHapus
  6. pakainya yang brp PK pak dengan ruangan sebesar itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pake di ruangan 3,5 x 3 .. Dan lumayan dingin... Terbukti sudah melewati satu tahun masa garansi belum ada kendala berarti.. Semoga ke depan ngga ada kendala

      Hapus
  7. Pak kornelius, gimana kabar ac nya skrg? Masih berjalan baik tanpa masalah? Saya lg cari ac, rencana mau ambil haier tp masih perlu riset hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lancar jaya pak.. Hanya bulan januari 2016 kemarin saya tambah freonnya.. Biar lebih dingin..selebihnya saya baru 2 kali servis rutin.. Dibersihin ajah...

      Hapus
    2. Masih lancar jaya pak.. Hanya bulan januari 2016 kemarin saya tambah freonnya.. Biar lebih dingin..selebihnya saya baru 2 kali servis rutin.. Dibersihin ajah...

      Hapus
    3. Tambah freon berarti ada yg bocor tuh,,,,ac klo kaga ada yg bocor kaga perlu tmbah freon

      Hapus
    4. Kemarin tanya tukang ac nya ngga ada yg bocor.. Tapi berkurang.. Hmm .. Jadi bingung ya.. Mana yg bener :)

      Hapus
    5. Salam kenal,,Kalau enggak bocor ngapain nambah freon, berkurang? Paling ya di buang dikit sama tukang ac nya dari unit outdoornya diem2 atau bisa juga meter pembaca tekanan freon gak dibuka full... hehehe kena deh sama tukang ac nakal :). Kulkas aj kalau gak bocor 15thn gak perlu tambah freon. Asal tau freon R32 lbh dingin dari R22 dan R22 lbh dingin dari R410, berhubung R22 sdh di stop, gantinya R410 agak kurang dingin. R32 lbh dingin biasanya di produk daikin dan panasonic seri tinggi/ seri inverternya, seri bawahnya R410 sama merk2 lainnya kebanyakan R410, belum pernah lihat merk lainnya pakek freon R32 apa mungkin sdh dipatenkan panasonic dan daikin saya kurang tau. Saiya jg pakek haier di tempat usaha tipe standar freon R410, sdh 1thn masih awet, saat instalasi yg utama vaccum pipa yg penting sama spek ketebalan pipa 0.6 kalau gak salah krn freon R410 sama R32 butuh pipa tebel krn tekanan di pipa lbh tinggi dari freon R22 yg sudah di stop penggunaannya.

      Hapus
    6. Sepertinya saya merasa saya yg dikerjain sama tukang acnya.. karena memang tidak ada kebocoran. Btw trims infonya mas adit..lengkap banget. Jadi kalau tidak bocor ngga perlu ditambah ya. Nah tau bocor atau tidaknya itu dari mana ya.. sementara saya tidak ada keluhan kurang dingin. Pelajaran lagi untuk lebih hati2 memilih servis ac

      Hapus
    7. ya gitu deh mas ginting, namanya orang cari makan urusan perut, kalau ngandelin cuma cuci saja paling dapet 30 sd 50rb, belum dipotong sama bosnya, bensin, rokok :). sepengetahuan saya ngecek bocornya lihat ada rembesan oli di pipa yg bocor, bisa juga pakai air sabun buat ngeceknya, cek tekanan freon pakek manifold alat ukurnya, kalau turun setelah beberapa menit berarti ada yg bocor. Dulu jaman ngekos gak ngerti apa2 saya mas, kos ukuran 3x3 ac 1pk gile apa dinginnya menggigil gak ngerti btu2an itu apa, terus tagihan listrik juga bengkak, pipa ac panjang minimal 3meter dipotong jadi 1meter, alhasil jebol tuh kompresornya.. hehee kalau inget dulu dulu itu pengen ngakak.
      mas ginting bisa buka web
      http://www.tipsrawatrumah.com/2015/07/tips-cara-mengetahui-dan-memperbaiki.html or http://www.tipsrawatrumah.com/2013/07/cara-mengecek-ampere-currency-dan.html siip itu mas.
      bukan maksud menggurui loh mas, sama2 belajar dan share pengalaman aja.

      Hapus
    8. Okm.sip terimakasih infonya..siapa tahu ada teman2 butuh informasi tambahan bisa kontak langsung ke mas adit ya

      Hapus
  8. akhirnya saya putuskan untuk beli ac merk haier juga pak setelah dapat rekomendasi dari teman yang biasa psng ac. moga2 awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pake 2 tahun Belum ada kendala berarti. Semoga jangan ada kendala juga sixh.

      Hapus
  9. Barusan beli 3330000 hadew blm lagi ditawar ya dia patik pertama 3700000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pintar pintar nawar ya mas.. :)

      Hapus
  10. Saya pakai 6 AC haier 0.5 pk untuk kamar kos saya dengan harga 2,9 juta di depok... sudah 6 bulan tidk da masalah. Ada pembelian terakhir tidak dingin ternyata instalasinya kurang baik dan diset ulang..sekarang jadi dingin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih pakai juga mas yono.. Sudah 2 tahun lebih...

      Lumayan bandel juga.. Soalnya ssya srting lupa utk servis rutinnya... :)

      Hapus
  11. Saya baru beli haier juga rekomen dari engkoh yg jualan. Mudahan awet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih pakai sampai hari ini,,, belum bermasalah kok.. Awet

      Hapus
  12. Saya baru beli seminggu, dan dari pertama di pasang, sudah ga dingin sama sekali, udah gitu setiap kali di swing, berisik sekali, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada kesalahan teknis dalam pemasangan mas Tanjung.

      Kayanya kalau belum sebulan masih bisa ditukar kok, kalau ada kesalahan terhadap kualitas barang.

      Hapus
  13. bisa jadi referensi untuk beli AC nantinya .........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Saya masih pake ac ini hingga hati ini mas ilham. Dan belum ada masalah. Semoga ke depannya ngga nemuin masalah juga

      Hapus
  14. Saya udah pake ac merk gree 5 ,tahun alhamdulillah aman aman aja tanpa ada menambah freon sekali pun, air pembuangan diluar sangat banyak, (gree 1/2 pk, hrg 2.3 jt)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. Jadi tau juga gree, tembus 5 tahun belum ada masalah.
      .trims infonya

      Hapus
  15. Saya udah pake sekitar 6 taun, baru 2 kali servis.. semoga awet yaakk :D

    BalasHapus
  16. saya baru beli seminggu, awalnya dingin tapi setelah satu minggu kok hilang dinginnya? kira-kira Apa ya masalahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung diklaim aja..biar ditukar sama yang baru

      Hapus
  17. Detail banget pak proses pembeliannya, jadi pengen nyari yang murah juga untuk membeli AC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. detil biar ngga lupa dan yah setidaknta membantu orang untuk memudahkan melakukan perbandingan antara satu dengan lainnya.

      Hapus
  18. sy bru beli ni mas...
    smoga g da kendala y..amiiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini saya belum ada masalah dengan pemakaian ac haier.. semoga jangan sampai bermasalah

      Hapus
    2. Haier type HSU-05ECO03/LW itu produk baru atau prduk lama ya om?soalnya kmren saya baru beli harganya lumayan tinggi,,saya didaerah cikarang

      Hapus
    3. Kalau tipe yang saya pakai sudah jalan tahun ke 3 mas samsudin said..kalau tipe kita sama ya berarti produk lama.. saya juga kurang paham tipe2nya secara pengguna biasa aja

      Hapus
    4. Apa ac bapak setiap 3 menit sekali kipas outdor mati nyala pak?

      Hapus
    5. Mati nyala iya.. tapi ngga setiap 3 menit sekali sepertinya pa sam

      Hapus
  19. Gan, indoor haier dan outdoornya apakah gak berisik?
    , saya lihat specnya indir 37db dan outdoor 48db yg bagus kan max 35 iuntuk indoor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya yg indor nga berisik..memang untuk yg outdoor agak berisik.. tapi saya pernah denger yg lebih berisik lagi outdoornya waktu itu mereknya sh***p tapi indornya senyap banget..intinya ac haier yg saya pakai ini masih masuk kategori ngga berisik lah (menurut saya loh ya dan berdasarkan pengalaman saya selama 3 tahun belakangan pake haier)

      Hapus
  20. To ko ac saya kl suhu udh stabil,,kipas outdor saya itung per 3 menit mati nyala pa,,apa itu ada yg salah ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya saya kayanya agak lamaan dikit dech..ngga per 3 menitan pa samsudin

      Hapus
  21. Saya pake haier tipe hsu yg ada fitur auto voltage.. Kebetulan listrik didaerahq g stabil voltasenya.. Jd saran teknisi ac pake aja yg ada fitur autovoltagex.. Smoga awet dah.. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. semoga awet acnya... punya saya kebetulan masih awet dan semoga ngga bermasalah ke depannya

      Hapus
  22. Slm knl om.. Saya pake haier juga setelah baca blog ini.. Tipe hsu 0,5pk yg ada fitur autovoltage.. Semoga awet dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.. semoga awet mas andre.. sejauh ini punya saya tidak bermasalah,, hanya melakukan perawatan tiap 6 bulan aja dibersihkan saja. dan syukurlah blog saya bermanfaat untuk dijadikan rekomendasi ya .

      Hapus
  23. kalo ac haier sama ac gree sama ga om? soalnya harga jual ac gree sama dengan haier.. tp teknologi katanya gree yang lbh canggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan baru nyoba yang haier saja... ac gree belum pernah pakai sich

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih