Selasa, 21 Juni 2016

Perjuangan Sabari Bin Insyafi (Resensi Novel Ayah, Andrea Hirata)



Kalau bicara mengenai  Andrea Hirata yang terlintas adalah Laskar pelangi dan lanjutannya. Rupanya masih ada beberapa karya lainnya dari abang ini. Sebut saja buku Ayah salah satunya. 

Dan bukan sebuah kebetulan juga saya selesai membacanya tepat pada saat perayaan hari ayah (untuk wilayah eropa dan sekitarnya, minggu ke 3 Juni) tepatnya 19 Juni 2016.

Detil bukunya sendiri
Judul              : Ayah
Penulis             : Andrea Hirata
Penerbit           : Bentang Pustaka
Terbit               : Mei 2015
Tebal               : 412 halaman + xx

Andrea Hirata sendiri mengejawantahkan kehidupan Sabari dalam Novel Ayah. Entah nyata atau tidak hanya Andrea dan Tuhan yang mengetahuinya.

Tapi dari keseluruhan cerita buku setebal 412 halaman. Tersimpan pesan positif dan membangun dalam alur cerita yang sederhana. 


Resensi Ayah.
Ini mengenai kisah hidup Sabari Bin Insyafi dan teman-temannya. Ada Ukun dan Tamat. Pertemanan yang dibangun sejak kecil mengakar kuat hingga dewasa. 

Siapa sangka Sabari jatuh cinta tapi dengan seorang gadis anak dari tauke press batako.
Iya, Marlena bin Markoni namanya. Anaknya judesnya ampun-ampunan. Bapaknya juga terkenal galak di kampung. 

Melirik saja tidak ke Sabari apalagi menaruh hatinya. Tapi bukan Sabari kalau menyerah begitu saja. Lagi juga kalau gampang menyerah ngga jadi novel juga.

Sabari dibesarkan di keluarga yang kebetulan doyan berpuisi. Ayahnya mengajarkan puisi kepadanya sedari kecil. Ilmu puisi jugalah yang diturunkan kepada anaknya kelak. 

Mengambil setings di kepulauan Belitong. Bedanya kalau di laskar pelangi detil pantainya kuat banget. Nah kalau di Ayah agak sedikit berkurang. 

ooOOoo
Perjuangan Sabari mendapatkan hati Marlena adalah inti cerita Novel Ayah. Tapi pesan yang coba disampaikan adalah perjuangan Sabari ketika membesarkan anaknya Zorro.

Sabari akhirnya menikah atau rela menikahi Marlena. Apapun asal bareng Marlena (pokonya Marlena segalanya) sementara Marlena tetap dengan keras kepalanya. Sifat memberontaknya yang membuat nya lari menjauh dari Sabari dan anaknya. 

Marlena lari ke pelukan pria yang menurutnya mampu memenuhi semua kebutuhan dan kesenangannya. Yang pastinya tidak didapati dari Sabari. 

Dan Sabari tetap mencintai Marlena apapun kelakuannya. Tepatnya Zoro anak Meraka yang membuat Sabari Kuat untuk bertahan. 

Hingga suatu ketika, Zorro diambil Marlena. Sabari seperti Obor kehilangan api. Semua harapabnya musnah seketika 

Zorro kecil yang tidak tahu apa-apa di bawa sang bunda berkelana. Tinggallah Sabari sendiri. 

Delapan Tahun ia tersiksa dalam kesendirian. Hampir mendekati gila. Hingga Ukun dan Tamat sahabat kental Sabari memutuskan untuk mencari Zoro dan membawanya kembali ke Belitong. 

Perjalanan Ukun dan Tamat mencari Zoro sampai ke Aceh dan menyaksikan kemegahan Masjid Baiturachaman. Yang terkenal akan keindahannya. 

Sementara kegilaan Sabari menanti Zoro sudah mendekati"klimaks"nya. Hingga suatu hari ia menuliskan kerinduannya bertemu Zoro di sebuah lempeng besi dan ditempelkan ke kaki kura-kura.

Siapa sangka pesan ini sampe ke negeri kanguru (Australia) sana dan ada yang menanggapinya dengan serius mencari Zorro.


Nukilan Novel Ayah versi layar Hape

Lalu bagaimana dengan Zorro sendiri. Hanya selembar baju sang Ayah yang selalu membuatnya teringat. Selembar baju sang Ayah juga  yang membuatnya terdiam dari tangisan-tangisan malamnya.

Siapa sangka juga Zoro kecil yang setiap malam di susupi puisi oleh sang Ayah. Memiliki kecerdasan diatasi rata-rata. 

Sekilas Mesjid Baiturrahman
Sepertinya kemegahan dan keindahan mesjid Baiturrahman di Aceh memang patut diacungi jempol. Bukan tidak ada alasan Andrea Hirata menyematkan mesjid Baiturrahman dalam novelnya. 
 
Masjid Raya Baiturrahman sendiri  adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun olehSultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di India.

Letak Mesjid ini tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.

Sumber Wikipedia.com (Mesjid Baiturahman Aceh

Ada cerita dibalik mesjid ini ketika  Kerajaan Belanda menyerang Kesultanan Aceh pada agresi tentara Belanda kedua pada Bulan Shafar 1290 Hijriah/10 April 1873 Masehi, Masjid Raya Baiturrahman sempat dibakar.

Tetapi pada tahun 1877 Belanda membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman untuk menarik perhatian serta meredam kemarahan Bangsa Aceh.

Pada saat itu Kesultanan Aceh masih berada di bawah pemerintahan Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat yang merupakanSultan Aceh yang terakhir.

Masjid Raya Baiturrahman termasuk salah satu Masjid terindah di Indonesia dan  memiliki arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani dan akan sangat terasa sejuk apabila berada di dalam Masjid ini. 

Ukun dan Tamat sudah sampai ke mesjid ini demi mencari Zoro untuk Sabari.

ooOOoo
Hingga akhir hayatnya semua usaha sudah dilakukan. Sabari demi meluluhkan hati Marlena. Sementara Marlena tetap dengan pendiriannya.

Dan Zoro sendiri semakin hari semakin menikmati puisi. Setiap tempat yang ia kunjungi bersama sang bunda ia jadikan sumber ide untuk puisinya. 

Perjalanan Sabari baik kisah perjuangannya mendapatkan Marlena, kisah persahabatan nya dengan Tamat dan Ukun. Dirangkum manis dan sederhana dalam Novel Ayah. 

Yah meskipun ada moment dimana abang Andrea H mencoba menjelaskan secara detil setiap cerita tapi karena terlalu detil jadi sedikit membosankan. 

Tapi setelah dapat benang merahnya kembali, jadi penasaran untuk menyelesaikan novel Ayah hingga tuntas. 

 ooOOoo
Novel Ayah yang terbit Tahun lalu tepatnya Mei 2015.  Banyak dijual di toko buku kesayangan kita baik on line maupun offline. Harganya lumayan terjangkau kok Rp. 74.000,-

Nah kalau mau yang gratisan, ada kok. Kemarin waktu ikutan acara Indosat. Diinformasikan juga bahwa mereka ada apps bagi pecinta buku. 

Downloads buku di bookmate masih gratis loh. 

Saya sendiri sudah downloads 3 buku gratis di bookmate  2 sudah selesai dibaca dan 1 lagi nunggu antrian dibaca.

Seru juga baca buku via bookmate. Selain ikut berpartisipasi dalam mengurangi penggunaan kertas. Sekaligus membiasakan diri untuk membaca versi digital. 

Cuplikan  Novel Ayah versi desktop 


Kalau dijalan sembari menunggu bus, kereta dan Transjakarta seru juga. Saya sendiri aja ngga kerasa 1,5 Minggu sudah selesai 2 buku.

Hmmm... kalau mau coba bookmate downloads aja aplikasinya. 


Semoga Indosat dengan Cipika Bookmate nya semakin memanjakan para pecinta buku untuk beralih ke versi digital. 

Kalau mau Coba gunakan kode CB12016 lumayan kan dapat bacaan berkualitas tapinya gratis :)

Lumayan pastinya buat hiburan pulang kampung, sambil nunggu kereta, menikmati kemacetan. Tanpa harus bawa buku yang tebal dan berat. Versi digital lebih bersahabat. 







2 komentar:

  1. Ah ya, kalau bicara mengenai Andrea Hirata, maka yang terlintas di benak adalah novel serial Laskar Pelangi yang fenomenal itu. Andrea Hirata juga menelurkan novel-novel lainnya ya, termasuk "Ayah". Saya malah baru ngeh pas baca artikel ini hehe.

    Hebat si Sabari, masih tetap mencintai Marlena, apapun kelakuannya, dan ternyata si Zorro lah yang membuat Sabari bertahan. Satu potongan kisah yang unik adalah tentang tulisan kerinduan Sabari akan Zorro yang dipasangnya ke kaki kura-kura. What an idea! Hehe. Malah ternyata sampe ke Australia tuh pesan, luar biasa.

    "Apa yang tak mampu membunuhmu akan membuatmu semakin kuat" --> wah, ini bagus banget quote-nya.

    Saya baru tahu tentang bookmate ini. Gratisannya apakah terbatas untuk beberapa buku atau semuanya, dan apakah ada masa tertentu? Saya sendiri punya beberapa e-book yang dibeli dari Play Store, dan harus diakui, membaca e-book memang menghemat beban bawaan, namun saya masih cinta dengan "membaca buku secara fisik" :)

    Anyway, thanks ya infonya.

    BalasHapus
  2. Hai mas bayu.. Untuk masa promonya saya dapat satu bulan Gratis dari cipika...untuk semua buku... Total ada sekitar 4 buku yg selesai saya baca dari cipika bookmate mas bayu...

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih