SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Regulator Gas...Again Bermasalah

 

Regulator Gas


Pagi-pagi sudah direpoti oleh kompor  gas yang tidak mau menyala. Sebelum memulai pemeriksaan setidaknya lakukan SOP sederhana ini, dimulali dari memperhatikan terlebih dahulu, apakah ada bau gas, khawatir terjadi kebocoran. Kalau tidak terdapat bau gas cek dan pastikan bahwa tabung gas memang kosong atau habis.  Kalau habis ya ganti dengan tabung gas baru ya  (masalah selesai). Nah kalau masih tidak berhasil hidup juga kompor gasnya. Sementara tabung sudah ganti baru dan kompor serta selang regulator ga bermasalah. Mari kita laksanakan SOP selanjuntnya yaitu :

  1. Ok, SOP untuk kompor gas yang tidak mau menyala, langkah pertama cek dan ganti karet didalam kepala tabung gas, biasanya ini sumber awal masalahnya. Ganti karet selesai.
  1. Kalau masih tidak nyala juga maka coba tambahkan karet gelang disekitaran kepala tabung, khawatir licin atau longgar (tapi untuk bright gas atau gas 12 KG kemungkinan ini ga pernah terjadi, biasanya di gas 3 KG).
  1. Kalau masih tidak berhasil juga, coba ketuk-ketuk regulator gasnya.

Fixed pengalaman saya sudah hampir ganti 5 kali dalam 7 tahun terakhir, sebut beberapa merek yang sering digunakan, WINN Gass salah satunya lainnya  adalah Ken Master.  Padahal 2 merk yang saya sebutkan ini bukan pemain baru dalam regulator gas loh. Tapi entah kenapa selalu regulator gas yang bermasalah.

 

Regulator Gas

Sekarang kita coba merk lokal buatan tangerang, EAD  (ga jelas terlihat merknya) info petugas Alfa hanya ada ini yang mereka punya, untuk harganya sendiri dibanderol Rp. 85.500,-. Sementara  kalau regulator dengan selang ada merek lain. Tapi ya itu, kembali ke merk 2 diatas yang sudah saya sebutkan.

 

Dan berdasarkan pengalaman pribadi juga bahwa yang sering menjadi masalah pada regulator adalah pentil yang tidak bekerja secara normal.

 

Pentil Regulator Gas Yang Sering Bermasalah
Pentil Regulator Gas Yang Sering Bermasalah 


Dalam kasus saya, seringnya pentil tersebut sudah lemah sehingga tidak mau menahan ujung tabung gas alhasil kalaupun hidup hanya sebentar saja, pasri akan mati kembali karena pentil tersebut terdorong masuk.

 

Dan ketika diganti dengan regulator yang baru, tara semua permasalahan selesai. Kompor kembali menyala.

 

 

Kita lihat berapa lama tahan/ usia pakai regulator buatan lokal ini .

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar