SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Perawatan AC berkala (Menikmati Promo Perawatan AC di Dokter Mobil)

 

Veloz Generation


Merawat kendaraan itu susah-susah gampang. Dibilang gampang eh susah juga, dibilang susah rupanya bisa kok. Berawal dari informasi yang didapatkan dari media sosial, bahwa salah satu gerai doktermobil baru buka di Harapan Indah Bekasi dan menawarkan beberapa promo menarik.

Dan disinilah saya membersihkan AC kendaraan sekaligus melakukan beberapa pemeriksaan mengenai kondisi AC. Seingat saya selama servis di bengkel resmi tidak sekalipun pernah disinggung mengenai pembersihan AC kendaraan yang saya gunakan, paling hanya sebatas mengganti saringan udara AC yang berada didalam kabin. Memang sih sejauh ini belum ada keluhan dan jangan sampai ada keluhan juga.

Situs harga web id menjelaskan bahwa service AC mobil secara umum terdiri dari dua jenis pengerjaan, yakni basic service dan advance service. Basic service biasanya dilakukan saat mobil  sudah menempuh jarak 10.000 km hingga 20.000 km, atau sudah berusia 1 tahun. Jika kerap menggunakan AC mobil di perkotaan dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, maka setelah mencapai 10.000 km, sebaiknya segeralah melakukan perbaikan AC. Ini (seingat saya belum pernah dilakukan)

Dalam perbaikan tipe basic service, biasanya bengkel AC mobil akan melakukan pemeriksaan dan perawatan pada kompresor, seperti mengganti oli dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Kemudian, mereka juga akan mengganti receiver dryer dan filter kabin karena kedua komponen ini memang cuma sekali pakai.

Nah mungkin di bengkel resmi memang telah dilakukan pemeriksaan rutin namun tidak ada masalah juga sehingga tidak dilaporkan telah melakukan perawatan dan pembersihan AC kendaraan.


Perawatan Sederhana AC Kendaraan Di Dokter Mobil

Setelah mendapatkan informasi dari Media Sosial, akhirnya memutuskan untuk membuat jadwal servis AC di Dokter Mobil Harapan Indah. Selain karena lokasi tidak jauh jga dari kantor plus ada promo menarik yang mereka tawarkan.

Pengerjaan perawatan AC pun terbilang tidak lama, setidaknya saya berhitung hanya membutuhkan waktu 30-45 menit. Dan untuk pengerjaannya dapat dilihat langsung oleh konsumen setidaknya ini yang membedakan dengan bengkel resmi yang membawa kendaraan ke belakang/ ke dalam bengkel dan tidak dapat dilihat sedang melakukan perbaikan apa saja.

Pemeriksaan Tekanan AC Kendaraan
Pemeriksaan Tekanan AC Kendaraan


Hal pertama yang mereka (teknisi Dokter Mobil) lakukan adalah memeriksa tekanan AC jika tidak ada masalah lalu melanjutkan dengan pemeriksaan saringan udara baik yang dalam kabin ataupun pada bagian depan.


Blower Yang Berdebu
Blower Yang Berdebu 


Nah untuk yang bagian kabin inilah yang dilakukan perawatan pembersihan. Minimal yang dapat saya perhatikan adalah mulai dari pelepasan blower dan mencucinya (terlihat berdebu karena tidak pernah dilepaskan ± 6 tahun) selanjutnya adalah memeriksa evapurator yang terdapat dalam kabin dengan menggunakan kamera kecil yang dihubungkan dengan handphone dimasukkan ke dalam dashboard  bagian (belakang head unit dan blower dashboard). Dan memang terlihat berdebu (kotor tapi terbilang tidak parah dan masih mudah untuk dibersihkan).


Cek Kebersihan Evapurator
Cek Kebersihan Evapurator


Fixed, diambil cairan tertentu dan disemprotkan  berulang-ulang seperti sedang membilas, sehingga air yang disemprotkan tadi keluar melalui blower-blower AC di dashboard plus debu-debu yang melekat. Lumayan juga debu yang berhasil dikeluarkan pada saat itu.

Bagian pembersihan ini yang sedikit memerlukan waktu lebih lama tergantung dari kotoran yang terdapat dalam saluran AC kendaraan.

Selesai, palingan yang terakhir adalah pembersihan pada bagian depan (dekat dengan radioator) sebatas penyemprotan saja. Dan pasang semuanya kembali, AC kendaraan sudah bersih dan menjadi lebih dingin dari yang sebelumnya (untuk yang kotor banget ya).

Untuk kendaraan saya karena tidak terlalu kotor dan memang masuk bukan karena ada keluhan dengan AC alhasil tidak ada perubahan signifikan, hanya sebatas (perasaan) lebih bersih dan terasa lebih harum saja.

Kalau sudah dibersihkan maka harus tahu juga cara menjaga kebersiha ke depannya dengan cara :

  • 1.  Tidak Merokok Saat AC Mobiil digunakan,  karena merokok dengan kondisi AC mobil menyala akan menyebabkan filter AC akan cepat kotor karena abu rokok yang terbang dan masuk ke dalam filter. Selain membuat AC bau, kemampuan mendinginkan ruangan mobil juga akan menurun.
  • 2.      Tidak Membuka Jendela Saat Ac Mobil Digunakan, jendela mobil yang terbuka dalam waktu yang cukup lama ketika AC menyala, hal tersebut akan berpengaruh pada kompresor karena komponen tersebut harus bekerja lebih keas agar suhu dalam mobil tetap ideal.
  • 3.  Tidak Mematikan Mesin Kendaraan Pada Saar Ac Masih Hidup, jika terlalu sering melakukan hal ini AC tidak hanya akan cepat kotor tetapi juga kompresornya akan mudah rusak.
  • 4.      Pilih Pewangi Kabin Yang Tepat,  pilih pewangi yang berjenis cair bukan gel, karena pewangi jenis gel tidak bisa menjadi gas dan menguap. Saat terkena hawa dingin dari AC, uap tersebut akan berubah kembali menjadi gel sehingga menghambat filter serta evaporator dalam AC.
  • 5. Selalu Menjaga Kebersihan Kabin, jangan  membiarkan kabin dalam keadaan kotor. Membersihkan kabin bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk menciptakan rasa nyaman saat berada di dalam mobil. Segera bersihkan mobil saat mulai terlihat kotor dan berdebu karena debu yang menumpuk bisa berdampak pada filter AC. Hal tersebut membuat AC lebih cepat kotor dan bahkan rusak. Usahakan sebisa mungkin 1 minggu sekali cuci kendaraan kita secara rutin.

Penting untuk merawat AC semenjak dini sebelum menjadi kotor, rusak dan kerusakan menjadi parah sehingga akan berujung pada biaya servis yang lebih mahal.

So tetap rawat dan perhatikan kendaraan yang kita gunakan sehari-hari ya….

 

Sumber Referensi Tmbahan dari

10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil, Lengkap dan Mudah! (qoala.app)

Info Terbaru Kisaran Biaya Service AC Mobil – Daftar Harga & Tarif 2022

 

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar