SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Aki Mobil Cepat Rusak Karena 5 Hal Sering Dianggap Sepele


Aki Mobil Cepat Rusak


Sebagai komponen yang bekerja untuk menyimpan dan mengalirkan arus listrik, aki mobil harus sering dijaga kondisinya.

Bukan hanya karena harganya yang mahal, namun mobil mogok karena aki tekor sangat mengganggu aktivitas harian.

Mengenali apa saja yang menyebabkan aki mobil cepat rusak adalah tugas dari pengemudi sekaligus pemilik kendaraan.

Apakah Anda sudah tahu apa saja yang menyebabkannya? Jika belum baca artikel ini sampai habis.

5 Hal yang Menyebabkan Aki Mobil Cepat Tekor

Aki mobil yang rusak akan membuat mobil Anda tidak akan menyala. Tanda aki mengalami kerusakan adalah mobil distarter mengalami kesulitan. Memperhatikan tanda ini, tentunya Anda tidak akan kesulitan mendeteksi kapan kondisi aki mobil harus dicek.

Ada beberapa penyebab yang diantaranya adalah kebiasaan mengemudi buruk sehingga menyebabkan aki menjadi tekor. Cek apa saja penyebab yang harus Anda cermati sebagai berikut:

  1. Menggunakan Aksesoris Berlebihan

Sering mengganti sistem audio pada mobil atau menambahkan aneka macam lampu? Hati-hati penambahan berlebihan akan membuat aki cepat tekor. Semua aksesoris tersebut membutuhkan daya listrik yang mungkin saja di atas kapasitas aki.

Anda yang tidak memperhatikan seberapa besar kebutuhan daya listrik dari aksesoris tersebut harus bersiap mengalami kerusakan aki. Jadi berhati-hatilah sebelum memasang aksesoris, cek terlebih dahulu berapa daya listrik yang dibutuhkan.

  1. Mobil Jarang Dipanaskan

Pandemi Covid membuat banyak orang akhirnya harus bekerja di rumah dan mobil pun jarang digunakan. Kelalaian dalam pemeliharaan mobil walaupun tidak digunakan juga bisa membuat aki rusak.

Mobil seharusnya dipanaskan selama 5 hingga 10 menit setidaknya dua hari sekali agar aki terus bekerja. Bukan hanya mobil yang jarang digunakan, sebaliknya mobil dengan instensiaan penggunaan tinggi juga bisa membuat performa aki menurun.

  1. Kotornya Terminal Aki

Penyebab ketiga adalah timbulnya kotoran atau kerak di bagian terminal aki. Kerak ini terbentuk akibat terjadinya oksidasi pada aki kering. Biasanya terdapat paling banyak di terminal plus (+).

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan terminal aki dengan rutin sehingga jamur akibat oksidasi tadi tidak menumpuk. Bukan hanya aki kering saja, kotoran ini juga bisa terjadi pada tipe aki basah.

  1. Pengguna yang Lupa Mematikan Lampu

Seringkali lupa mematikan lampu mobil? Hati-hati karena daya listrik pada aki akan terus mengalir dan habis. Kelalaian ini tidak hanya satu dua saja terjadi, tetapi juga banyak kejadiannya.

Jika aki dayanya sudah habis maka Anda harus mengisinya ulang. Meskipun sudah diisi biasanya daya tampung listrik akan berkurang. Aki akan jadi lebih boros dibandingkan penggunaan sebelumnya. Beberapa bahkan ada juga yang mati total.

  1. Terjadinya Korsleting pada Sistem Kelistrikan

Sistem listrik mobil adalah bagian yang paling mudah terjadi korsleting mengingat kabel yang berukuran kecil. Kondisi kabel yang tidak rapi atau beberapa klem rusak akan menimbulkan korsleting.

Kerusakan kabel bisa terjadi karena ada hewan pengerat yang masuk ke mesin mobil atau usia kendaraan yang sudah cukup tua. Anda bisa mengecek sekring setiap kali servis untuk mengetahui apakah kondisi sistem kelistrikan cukup baik. Jika tidak dampaknya bisa merusak aki mobil.

  1. Kerusakan Alternator

Setiap kali mobil berjalan atau menyala maka pengisian daya ulang pada aki terjadi karena komponen alternator. Pada saat alternator ini tidak bekerja kembali maka pengisian aki akan terhambat.

Hanya dalam waktu singkat aki akan mengalami kerusakan dan arus tidak mengalir sama sekali. Kerusakan alternator biasanya diakibatkan pengisian ulang aki yang berlebihan.

  1. Membeli Aki dengan Kualitas Buruk

Sudahkah Anda membeli aku kualitas baik? Produk yang murah bisa saja menghasilkan barang kualitas buruk. Jika Anda membeli aki yang jelek sudah pasti pengisian atau aliran arus listrik tidak sesuai dengan kebutuhan mobil.

Aki biasanya memiliki garansi yang singkat dan merk tidak terkenal. Supaya lebih aman Anda bisa menggunakan aki rekomendasi dari bengkel resmi. Anda bisa menanyakan langsung aki berkualitas baik kepada teknisi di bengkel resmi Suzuki berikut ini.

Suzuki Dealer Sun Motor Jakarta - https://suzukisunmotor.com

Suzuki Dealer Citra Buana Asri - https://suzukidealercab.co.id

Suzuki Dealer Trimitra Sejahtera Mobilindo - https://suzukitrimitra.co.id

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar