SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

4 Alasan Menggunakan LMS ruangkerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

 

online training


Sumber daya manusia yang unggul adalah salah satu aset perusahaan yang harus dijaga. Dengan sumber daya yang unggul, praktis perusahaan akan mampu menghasilkan output produksi terbaik. Namun apakah karyawan yang sudah perusahaan punyai  memiliki kualitas unggulan? Lalu apakah kualitas unggulan itu dibawa semenjak seseorang bergabung atau dibangun pada saat berjalan bersama perusahaan?

Beberapa memang datang bergabung ke dalam perusahaan dengan kualitas yang unggul dan menularkan keunggulan kepada yang lain. Sementara opsi berikutnya adalah mengikuti atau memberikan pelatihan-pelatihan kerja (training) yang berkesinambungan.

Berdasarkan Undang-undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pelatihan kerja adalah seluruh kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompentensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerja,

Semakin paham kan bahwa memang penting untuk mendapatkan pelatihan dan terus untuk mengembangkan diri demi mencapai tujuan organisasi yang terbaik. Pelatihan sendiri dapat dilakukan dengan mengundang praktisi-praktisi handal ke perusahaan atau memberikan ijin sekolah, pelatihan kepada karyawan-karyawan.

Namun saat ini, ada pengecualian, ada penyesuaian yang berlaku dan harus diperhatikan dengan sangat seksama. Memang tujuan utama adalah mengembangkan diri demi meningkatkan produktivitas. Covid-19 memaksa untuk merubah paradigma yang ada, mengijinkan karyawan mengambil pelatihan atau mendatangkan mentor ke kantor sama berbahayanya. Alih-alih mendapatkan ilmu yang ada nyawa terancam khawatir terpapar Covid.

Lalu bagaimana dengan pengembangan dan peningkatan kualitas diri, seperti yang sudah disebutkan diatas.

Jawaban sederhananya, “Tetap Memerlukan Training Pengembangan Diri Untuk Karyawan”. Tetapi sekarang media yang digunakan berbeda, pemanfaatan media online adalah jalan keluarnya.

Pelatihan tatap muka dalam satu ruangan digantikan pelatihan on line, ini adalah pilihan terbaik saat sekarang. Kelebihan online adalah semakin memudahkan setiap individu untuk berinteraksi tanpa harus bertemu secara langsung. Ada yang familiar dengan Learning Management System (LMS), wiki mencatat LMS adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik (e-leaning program) dan isi pelatihan.

Sederhananya LMS adalah sebuah sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk  mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara daring.
lms ruangkerja
lms ruangkerja


 4 Alasan Menggunakan LMS ruangkerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

Salah satu LMS yang ada di Indonesia dan memberikan jasa pelatihan secara daring bagi sumber daya manusia di berbagai macam perusahaan adalah ruangkerja by Ruangguru. ruangkerja tidak hanya memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan karyawan di era modern, tapi ruangkerja  sudah memiliki trackrecord baik dalam menjawab kebutuhan tersebut.

Kenapa memilih lms ruangkerja sebagai tempat untuk meningkatkan skil karyawan?

  1. ruangkerja memberikan kemudahan dalam mengakses materi pelatihan dengan menggunakan berbagai macam perangkat seperti handphone atau PC dan Laptop.
  2. ruangkerja memiliki leaderboard, yang dapat memacu peserta training untuk  untuk bersaing mendapatkan nilai terbaik dan nilai tersebut dapat dilihat oleh atasan ataupun pimpinan ditempat bekerja.
  3. ruangkerja menyediakan forum diskusi yang memudahkan para peserta training untuk mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta training lain. Uniknya di ruangkerja dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka sudah dapat.
  4. Fitur-fitur yang ada di ruangkerja membantu memudahkan para administrator hingga pimpinan ketika melakukan monitoring atau pengawasan. Sekaligus menentukan training apa saja yang perlu diberikan atau training lanjutan dan memberikan penilaian.

Jadi sudah tahu kan salah satu tempat mengembangkan skil karyawan terbaik adalah ruangkerja by ruangguru. Penggunaan teknologi dan media pelatihan secara daring sudah menjadi pilihan yang harus diambil. Karena tidak dapat dipungkiri berdasarkan penelitian yang dilakukan Training Industry, tercatat bahwa 20 persen terdapat peningkatan penggunaan teknologi digital dalam penyampaian materi pelatihan. LMS ruangkerja memahami dan telah melakukan hal tersebut.

 


Penting Untuk Diperhatikan!!!

LMS ruangkerja akan berusaha memaksimalkan semua daya upaya untuk sharing skil dan sharing knowledge bagi peserta training, tetapi jangan lupa ada bagian lain, peserta training dituntut untuk berperan serta aktif. 

Sebelum memulai pelatihan online, perhatikan koneksi dan kuota internet agar tidak menjadi masalah di tengah pelatihan. Usahakan untuk mempelajari materi sebelum hari pelatihan, meminta masukan setelah selesai pelatihan sebagai upaya perbaikan. Jangan lupa untuk menyalakan kamera, maksimalkan penggunaan fitur chat, polling atau breakout room. Hal ini penting agar mendapatkan hasil maksimal setelah pelatihan.

 

lms ruangkerja
lms ruangkerja

  

Referensi Tambahan :

  1.  Learning Management System - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  2.  Tujuan Training Kerja, Manfaat Pelatihan Bagi Perusahaan Juga Karyawan (talenta.co)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

9 komentar

  1. Aku baru tahu nih kalau ruangkerja ini salah satu unit bisnisnya ruangguru. Nggak heran sih ya, fitur-fitur LMS-nya ngebantu pemilik bisnis banget dalam meningkatkan kualitas SDM

    BalasHapus
  2. Keberadaan LMS ruangkerja yang mampu memaksimalkan sharing skil dan sharing knowledge bagi peserta pelatihan pasti akan memberi manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan. Keren nih ide dari LMS ruangkerja!

    BalasHapus
  3. Ngomongin soal pelatihan karyawan ini jadi inget saat kerja di Hotel dulu. Sebagai anggota dari Marriott International Group, setiap karyawan di hotel harus ikutan pelatihan standard yang diberikan oleh Marriott pusat dari USA. Meski banyak banget training, tapi efeknya bisa saya rasakan sampai sekarang. Disiplin ilmu yang saya dapatkan bisa saya terapin di kehidupan sehari-hari. Effectnya itu lho yang sangat baik.

    Nah ini LMS bagus banget nih buat meningkatkan SDM karyawan di perusahaan. Biar lebih baik lagi kapabilitasnya.

    BalasHapus
  4. Bgs juga nih bg LMS ruangkerja, harus bilang dulu ke perusahan2, biar karyawannya tambg kompeten, loyal dan skill makin ok. Auto perusahaan pun jd tambah maju hehe

    BalasHapus
  5. Sharing skil dan sharing knowledge antar peserta training, ini cara asyik belajar dan berproses bersama. Memang perlu keaktivan sebagai kunci

    BalasHapus
  6. Pantes aja nih LMS ruang kerja bisa meningkatkan kompetensi dan skill karyawan. Fiturnya keren-keren. Apalagi kemudahan dalam mengakses materi pelatihan. Mana pandemi gini kan semua serba daring. Jadi LMS ruangkerja nih emang cocok banget deh buat ngembangin skill.

    BalasHapus
  7. LMS ini solusi banget kok ya mas bagi perusahaan yang butuh untuk upgrade karyawannya ya mas

    BalasHapus
  8. Ruangkerja bakal meningkatkan produktivitas karyawan nih. Zaman now pelatihan via daring pun sangat mungkin dilakukan. Layak digunakan oleh lembaga atau perusahaan nih.

    BalasHapus
  9. senang ya kalau misalnya perusahaannya peduli dengan kemampuan staffnya, walaupun pandemi, perusahaan tetap bisa melakukan pelatihan online agar karyawan tetap mampu bekerja menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih