SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

8 Cara Sederhana Untuk Bersihkan Kerak Dan Lengket Di Setrika

 

cara membersihkan setrika yang lengket dan berkerak

Pakaian yang rapih adalah cerminan dari penggunanya. Salah satu komponen alat yang berperan penting untuk membuat pakaian rapih adalah setrika. Kalau yang belum akrab dengan istilah setrika, kata lainnya adalah gosokkan, sebuah cara untuk menghilangkan kerutan pakaian dengan alat yang dipanaskan. Setrika sendiri berasal dari bahasa Belanda, Strjjkijzer.

Lalu kenapa perlu di setrika? Memang tujuan utamanya adalah agar pakaian rapih, namun tahu ga kalian bahwa fungsi dari setrika itu sendiri adalah meluruskan kembali molekul-molekul polimer dalam serat pakaian dengan metode pemanasan. Serat pakaian tersebut diluruskan karena beban dari setrika itu sendiri. Nah setelah dingin pakaian mempertahankan bentuk lurus ini dan menjadikan pakaian rapih.

Dulu setrika terbuat dari besi yang diisi arang membara dan ada logo ayam jago-nya. Tetapi sekarang kebanyakan setrika yang modern sudah terbuat dari alumunium dan baja tahan karat dengan sumber panas menggunakan listrik.

Sayangnya, kalau tidak berhati-hati dalam menggunakan setrika yang benar, bukan baju rapih yang didapat melainkan baju kusut plus noda yang tidak jelas berasal dari kerak dasar setrika. Namanya juga elektronik ya, semakin sering digunakan maka semakin secara alami kerak akan muncul sedikit demi sedikit dan mengeras jika tidak sesering mungkin dibersihkan.

Perlunya menggunakan setrika dan benar sekaligus membersihkan kerak secara rutin agar kerak di dasar setrika dapat dihilangkan atau setidaknya di minimalisasi.

 

cara membersihkan setrika yang lengket dan berkerak

8 Cara Sederhana Untuk Bersihkan Kerak Dan Lengket Di Dasar Setrika

Jadi masalah yang sering dihadapi ketika memiliki setrika adalah berurusan dengan kerak dan lengket. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah melakukan bersih-bersih rutin ketika sudah digunakan atau sedang tidak digunakan. Berikut cara menghilangkan kerak dan lengket pada setrika menggunakan metode-metode sederhana yaitu:

  1. Menggunakan kain basah, untuk kerak yang tidak terlalu membandel, kain basah cukup untuk efektif menghilangkan kerak. Gampang kok, cuci bersih kain, peras hingga agak-agak lembab lalu usap dengan sedikit tenaga bagian bawah setrika hingga noda kerak dan lengket menghilang. Lakukan dalam keadaan setrika dingin atau sedang tidak digunakan.
  2. Menggunakan air sabun, masih untuk noda ringan karena bulu-bulu halus kain yang menggumpal dibagian bawah setrika. Larutkan dua tetes sabun pencuci piring (seperti sunlight) dalam secangkir air, lalu celupkan spons halus ke dalamnya dan usap ke bagian bawah setrika. Pastikan setrika dalam keadaan dingin dan dasar setrika benar-benar kering sebelum digunakan kembali
  3. Menggunakan Cuka, ini juga efektif untuk menghilangkan kerak dan lengket pada setrika. Oleskan pada bagian yang gosong atau berkerak diamkan beberapa saat lalu usap dengan air bersih sampai kerak dan lengket itu mengelupas. Cuka dapat dicampur dengan backing powder untuk mendapatkan hasil maksimal
  4. Menggunakan es batu, bermanfaat untuk menghilangkan bekas objek meleleh dan menempel seperti kancing plastik, siapkan pecahan es batu ke dalam sebuah wadah (baki) yang cukup besar agar setrika bisa masuk. Lakukan hal ini dalam keadaan setrika dingin, lalu letakkan bagian yang lengket ke atas es batu diamkan kurang lebih 15 menit hingga kancing atau benda yang meleleh tersebut mengeras dan angkat kancing tersebut dengan bantuan alat spatula.
  5. Menggunakan kertas koran, cara ini masih terbukti untuk menghilangkan kerak dan lengket yang ringan. Setelah setrika dalam keadaan panas, temperatur tinggi, gosokkan setrika ke atas koran 10-15 menit hingga tidak lengket, jika masih lengket taburkan garam halus diatas kertas koran tadi dan gosok kembali.
  6. Menggunakan lilin, setelah setrika dalam keadaan panas yang maksimal oles atau gosokkan lilin sampai lilin meleleh. Lalu lap setrika pada kain yang sudah disiapkan. Lakukan berulang hingga noda lengket dan kerak menghilang.
  7. Menggunakan kertas pasir atau amplas, kertas pasir yang digunakan adalah ukuran yang paling halus teksturnya. Gosok dengan lembut dan berulang-ulang pada bagian yang berkerak dan lengket, lakukan dengan hati-hati dan lakukan beberapa kali hingga kerak dan lengket sirna.
  8. Menggunakan produk komersial, ini adalah cara terakhir yang terbilang masih sederhana, yaitu memakai produk yang dijual khusus untuk membersihkan kerak seperti Fautless Hot Cleaner.

Itu tadi beberapa trik sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda lengket dan kerak pada setrika. 


***

Setelah kerak dan lengket menghilang. Teknik menyetrika pun perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal. Karena berbeda bahan membutuhkan teknik yang berbeda pula.

Seperti menyetrika kaos, mulai dari bagian lengan dahulu lalu ke bagian depan dan belakang. Jika terdapat sablon, hindari, tidak perlu disetrika (selain bisa merusak kaos, ini pula yang menyebabkan noda lengket dan berkerak pada setrika)

Lain lagi dengan celana, gosokkan bagian kantong lebih dahulu setelah membalikkan bagian dalam keluar. Lalu setrika bagian pinggang, cukup tekan setrika dalam beberapa detik, tidak perlu untuk menggosoknya. Dilanjutkan dengan bagian paha sampai ke bawah.

Sementara kemeja, gosok terlebih dahulu bagian kerah lalu bagian pinggiran baju. Lanjut ke tengah baju mulai dari pundak hingga bagian bawah. Untuk bagian lengan, gosok mulai dari pundak hingga ke bagian pergelangan tangan.

Penting untuk memperhatikan teknik menggosok selain untuk mendapatkan baju rapih maksimal sekaligus merawat setrika agar tidak cepat berkerak dan memiliki noda lengket.  

 

Selamat, sekarang pakaian kita rapih maksimal dan perangkat setrika pun awet.

 

Referensi

  • 1.      Cara membersihkan setrika yang lengket | Cleanipedia
  • 2.      Setrika - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • 3.  Boleh Dicoba, 10 Cara Mudah Bersihkan Setrika Berkerak dan Gosong - Ayo Semarang (ayoindonesia.com)
  • 4.      Cara Setrika Baju yang Benar Agar Rapi dan Tak Kusut (matahidup.com)

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

1 komentar

  1. Ternyata menggosok juga ada tekniknya ya, selama ini aku pikir ya suka-suka. Terima kasih artikelnya sangat membantu nih

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih