SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Berbagi Pengalaman Menggunakan Produk Asuransi

 asuransi mobil

Apa yang terlintas dalam benak ketika berbicara asuransi? Pengeluaran tambahan, agen yang nyerocos terus-menerus menjelaskan dan sedikit memaksa agar mau ikut bergabung dengan produk mereka atau hanya sekedar buang-buang waktu dan kesempatan.

Berbicara mengenai asuransi memang harus extra hati-hati agar tidak tertipu atau merasa tertipu dengan produk-produk yang tidak jelas. Mengapa demikian? Karena pada prinsipnya mengikuti program sebuah asuransi adalah yakin akan mendapatkan manfaat dan alih resiko keadaan di masa depan.

Tapi sebelum beranjak lebih jauh, adalah baik untuk mengenal lebih dahulu dengan arti kata asuransi, asuransi adalah sebuah produk keuangan yang akan memberikan pertanggungan terhadap resiko yang dihadapi nasabah, dengan syarat nasabah memberikan atau membayarkan premi atau iuran kepada perusahaan penerbit asuransi.

Beberapa jenis asuransi yang sudah akrab dengan keseharian adalah asuransi kendaraan, asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan (ini yang kita bahas), namun masih ada beberapa jenis asuransi lainnya, garansi bank, surat jaminan penawaran, dst, biasanya digunakan oleh perusahaan (dan tidak kita bahas).

Lalu apa manfaat memiliki asuransi?  Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya dengan memiliki sebuah produk asuransi artinya kita menyerahkan resiko. Namun resiko seperti apa sih? Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan asuransi kendaraan dan kesehatan, ini dia ceritanya.


Pengalaman memiliki asuransi kendaraan.

Brak, tetiba kendaraan diseruduk dari belakang, sontak penumpang yang berada di dalam mobil kaget. Pada waktu itu sebenarnya kendaraan dalam keadaan diam karena berada dalam barisan antrian lampu lalu lintas (lampu merah). Benar saja, motor yang menabrak dari belakang sudah jatuh mencium aspal dan pintu kendaraan bagian belakang rusak, pintu menjorok ke dalam.

Masih dalam keadaan lecet dan setengah sadar, pengendara motor memasang muka kesakitan (memang terluka sih) dan memelas, seraya langsung berujar minta maaf.  Sebenarnya jauh didalam hati, demi mendengar suara yang kencang saya berharap ia tidak apa-apa, sempat khawatir jangan-jangan pingsan, patah tulang atau jangan-jangan meninggal, syukur hanya luka ringan dan lecet.

Ia mengaku salah dan meminta maaf, karena ceroboh dan lalai, ia akui meleng tidak melihat lampu sedang merah dan ada kendaraan berhenti. Yang bikin jengkel sebenarnya alasan ia lalai menabrak saya adalah karena masih dalam keadaan mengantuk sisa nonton pertandingan bola semalam.

Sepakat, sempat membawa ke bengkel terdekat demi mengetahui kerusakan dan harga perbaikan, bertanggung jawab memang. Tapi karena rusaknya lumayan parah dan butuh waktu perbaikan, alhasil harganya terbilang mahal, padahal bengkel tersebut bengkel rumahan.

Singkat cerita kembali ia memasang muka memelas dan memohon pertimbangan dari saya agar membantunya. Ah sudahlah, saya pun melunak, dari pada berlama-lama, toch kendaraan sudah memiliki asuransi.  Ia pun berterimakasih banget tidak saya bebankan apa-apa pada akhirnya, sembari saya pesankan agar berhati-hati, beruntung kendaraan saja saling senggol jangan sampai ia menyenggol orang.


asuransi mobil
ilustrasi dari pexels

Cerita berlanjut, saya membuat waktu temu dengan agen asuransi mobil, tidak lama dan tidak ribet, ditawarkan apakah mau kendaraan dijemput atau mengantarkan sendiri ke bengkel. Premi kendaraan kala itu yang  saya bayar adalah premi biasa saja bukan yang premium, karena kalau premium bahkan akan diberikan kendaraan pengganti.

Namun tidak apalah, sembari saya juga penasaran akan seperti apa prosesnya, kendaraan saya antarkan ke bengkel mereka. Memang memiliki asuransi kendaraan penting, ketika terjadi sesuatu, mereka (bengkel) memperbaiki part yang bisa diperbaiki dan langsung mengganti jika diperlukan dan semua terukur. Program asuransi kendaraan adalah adalah all risk, artinya semua resiko ditanggung, baik sebagai korban atau nanti jika yang menabrak (amit amit dech).Waktu kerja mereka pun terukur, sehingga sesuai dan selesai dengan waktu yang telah dijanjikan.

 

Asuransi Kesehatan dan Asuransi Pendidikan

Tidak berbeda dengan kendaraan, asuransi kesehatan pun serupa pernah mengalaminya. Dengan premi yang sudah dibayarkan mendapatkan fasilitas dan prioritas kesehatan. Tidak jauh berbeda dengan asuransi kendaraan, akan menerima fasilitas aesuai dengan premi dan perjanjian diawal. Dalam hal ini sebagai nasabah asuransi harus rigid (kaku) dan detil ya, fasilitas dan prioritas seperti apa yang akan diterima,  tipe kamar seperti apa, lalu jenis obat yang ditanggung, pemeriksaan hingga pembedahan. Seperti yang dijelaskan oleh asuransi kesehatan lifepal, selain manfaat asuransi kesehatan yang didapat terdapat juga klausul pengecualian  yang perlu diperhatikan, artinya ada beberapa resiko yang memang tidak ditanggung oleh perusahaan dan tertulis lengkap dalam polis. Penting untuk mengetahui detil perjanjian sedari awal, agar tidak menjadi masalah nanti.

Namun untuk pendidikan, saya belum merasakan manfaatnya sembari berjalan bahwa kedepan akan merasakan manfaat seperti menikmati fasilitas asuransi seperti asuransi kendaraan dan kesehatan.

 

Penting Untuk Memiliki Asuransi

Pada akhirnya, dengan memiliki asuransi artinya akan mendapatkan manfaat di masa depan. Bila dihitung-hitung juga uang yang telah disisihkan untuk membayar premi biasanya lebih kecil dengan biaya yang akan keluar ketika musibah hadir.

Yang perlu diingat ketika memiliki asuransi adalah semakin besar resiko yang dipertanggungjawabkan maka semakin besar pula premi yang harus dibayarkan. Jangan pernah terlintas dalam pikiran mengikuti asuransi yang penting murah. Biasanya hal seperti ini yang bikin ujung-ujungnya membuat kecewa dan berantem dengan agen asuransi.

Etapi ngomong-ngomong tentang agen asuransi, dulu kalau kita ditawarkan produk asuransi, akan membandingkan-bandingkan hanya sebatas produk-produk yang mereka tawarkan. Butuh usaha mencari tahu  produk pembanding dari agen lain atau produk asuransi lain.

Syukurnya saat ini perkembangan dan kemajuan zaman serta teknologi sudah memudahkan, menyediakan itu semua. Sudah ada market place yang menyediakan jenis asuransi kendaraan, kesehatan dan pendidikan. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan bandingkan produk yang satu dengan yang lain lalu memutuskan mana yang sesuai kemampuan.

 

Salaman….

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar