Pencarian Ayah Yang Berada Jauh Diluar Angkasa.

Film_AD_ASTRA
Film_AD_ASTRA (Sumber dari Liputan 6.com)


 

Salah satu terminal luar angkasa mengalami gangguan akibat adanya hempasan dari planet lain (Neptunus). Mayor Roy (diperankan Om Brad Pitt)  terhempas ke daratan dari luar angkasa.

 

Edan ini orang punya kemampuan fisik diatas rata-rata. Sebagai seorang tentara yang luar biasa. Roy, begitu orang sekelilingnya memanggil. Meskipun sudah jatuh dari luar angkasa masih oke fisiknya. 

 

Sementara itu sebuah institusi luar angkasa Amerika yaitu Space.com USA, memberikan misi khusus dan bersifat rahasia selanjutnya kepada Mayor Roy. Misi yang sifatnya amat sangat dirahasiakan. 

 

***

Proyek LIMA, proyek luar angkasa pertama kali yang dirintis oleh ayah Mayor Roy, Cliffer McBridge.

 

Misi rahasia berikutnya yang akan dilakukan adalah menemukan ayah Roy yang kemungkinan masih hidup di luar angkasa sana. 

 

Kolonel Pruit teman satu angkatan ayah Roy ditugaskan untuk menemani perjalanan Roy. 

 

Masa depan sudah canggih, misi Roy sendiri tersamar menggunakan perjalanan komersial ke bulan. Bulan sendiri sudah ramai dengan manusia terbukti dengan adanya terminal yang sudah berhasil dibangun. 

 

Nah dari bulan Roy bersama Pruit akan melanjutkan  perjalanan ke Mars. Sialnya di Bulan sudah ada ada perompak. Kolonel Pruit terluka dan harus tetap tinggal. 

 

Perjalanan dari bulan ke Mars setidaknya butuh 19 hari. Cepheus nama penerbangan Mayor Roy ke Mars. 

 

Apa yang terjadi dengan komandan DR. H. Cliffer McBridge, manusia pertama ke Jupiter dan manusia pertama menjenjakkan kaki ke Neptunus? Ini yang coba diselidiki anaknya Roy berdasarkan pesan terakhir dari Pruit.

 

Perjalanan ga berlangsung lancar, berhenti sebentar menolong sinyal darurat dari kapal luar angkasa lainnya. Lah di dalam kapal yang hendak mereka tolong ada monyet ngamuk (loe bayangin di pesawat luar angkasa ada monyet ngamuk 😭😭).

 

Sampai juga dengan selamat Mayor Roy, rupanya Roy dimintakan bantuan untuk mengirimkan pesan transmisi melalui laser ke Neptunus. Pesan ke ayah Roy, Doktor Cliffer McBridge (Tomy Lee Jones). 

 


Sepanjang film menceritakan bagaimana Roy selalu mampu bertahan menjaga detak jantungnya hingga ia emosi demi mengetahui keberadaan sang ayah diluar angkasa masih hidup. Roy sendiri mencoba  berkomunikasi tapi tidak mengetahui apakah  berhasil atau tidak komunikasi yang ia lakukan. 

 

Misi Cepheus selanjutnya adalah mencari dan menemukan serta menjelajahi luar angkasa. Tapi tanpa Mayor Roy. Apakah ini karena ada respon dari ayah Roy, namun jika terjadi komunikasi Roy pun tidak mengetahuinya (karena misi rahasia, hanya pihak tertentu yang mengetahuinya dan disembunyikan).

 

Dibantu salah satu pimpinan Mars yang akhirnya diketahui adalah anak dari salah seorang Tim Proyek LIMA, Roy mencoba menyusup ke pesawat Cepheus. Roy juga akhirnya mengetahui misi ambisius ayahnya yang tidak mengijinkan awak Proyek LIMA untuk kembali ke BUMI. Misi harus jalan terus tidak boleh kembali demi menemukan mahluk luar angkasa lainnya. Tidak ada kata "kembali" dalam Proyek LIMA.

 

Penyusupan Roy diketahui awak Cepheus, miskomunikasi terjadi yang menyebabkan semua awak terbunuh. Tinggal Mayor Roy meneruskan misi ke Planet Neptunus tempat keberadaan sang ayah.

 

Bukan perjalanan sebentar dari Mars ke Neptunus melewati gravitasi Nol dan sendirian membuat Roy sempat stress berat. At the end, Roy sampai di Neptunus dan menemukan proyek LIMA. 

 

Dalam pesawat Proyek LIMa semuanya berantakan yang tersisa hanya Dr. Cliffer McBridge.  Demi bertemu sang ayah yang rupanya sudah menunggu kedatangan Roy. Mereka semacam melepas rindu dan memutuskan untuk kembali ke bumi (hingga sang ayah akhirnya berkeras untuk memisahkan dari Roy) menceritakan semua kejadian. 

 

Dalam sebuah bagian ayah Roy berujar, "tidak ada cinta juga tidak ada kebencian, tidak ada gelap tidak ada sinar hanya tampak keindahan dari luar yang terlihat." Demi tidak menemukan kehidupan lain selain di Bumi. 

 

Boooommmm. Proyek LIMA dihancurkan, misi selesai. Perjalanan pulang menjadi kendala baru bagi Mayor Roy Mcbridge. Dengan jarak 3714 Miliar Mil antara Neptunus  dan Bumi, akhirnya ia selamat.

 

***

Aku tidak tahu masa depan dan aku tidak  mengkhawatirkannya dan aku akan mengandalkan orang disekitarku  berbagi bebanku, merasakan beban mereka. Aku akan hidup dan dicintai  serta mencintai"Mayor Roy".

 

Seru nich film, masih bisa dinikmati dan ikuti alur ceritanya. Cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau menghabiskan malam.

 

Tapi kalau ga mengikuti alurnya dengan benar akan kelimpungan juga dengan alur cerita, secara transit di Bulan, lanjut ke Mars  ga selesai juga berangkat lagi ke Neptunus. Belum lagi ada bagiam perampokan di Bulan... hadeuh... 

 

Tapi itu tadi, film sci fiction seperti ini yang saya tonton masih bisa saya nikmati ketimbang sci fiction lainnya seperti Interstellar sumpah sampe sekarang masih bertanya-tanya itu kenapa si anak akhirnya duluan jadi nenek-nenek ketimbang bapaknya.

 

So ketimbang keluar ga jelas di masa pandemi covid 19, menikmati film dan membaca buku menjadi pilihan menarik.

 

 


1 komentar

  1. Kemaren sempat liat sekilas di TV indiehome, kirain gak seru.
    Trims ulasannya, mudah2n masih bisa diakses via tv on demand.

    Btw salam kenal

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih