5 Cara Menghilangkan Karang Gigi

Karang_Gigi
Ilustrasi dari Pixabay(dot)com

Sebagai penggemar minuman teh dan kopi serta minuman ringan lainnya, terutama kopi, pada akhirnya kalau kita tidak sering dan rajin untuk membersihkan gigi, bisa dipastikan untuk gigi akan menimbulkan karang gigi.  Karang Gigi ini akan mengganggu kesehatan gigi dan mulut kita dan juga tidak sedap untuk dipandang.

Apa itu karang gigi? Karang gigi adalah kumpulan dari sisa makanan dan minuman yang telah konsumsi sepanjang hari dan menumpuk sehingga terbentuk  plak pada permukaan gigi. Jika kita tidak menyikat gigi dengan cermat, maka plak ini akan terakumulasi, mengeras, dan membentuk karang gigi. 

Karang gigi tidak baik jika tidak dibersihkan, karena karang gigi menjadi sarang dari jutaan bakteri yang hidup di pori-pori karang gigi dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulut seperti masalah gusi, gigi berlubang, bau napas tak sedap serta radang gusi.

Kalau tidak mau menjadi sebuah masalah serius terhadap kesehatan gigi dan mulut maka kita harus memastikan masalah karang gigi diatasi hingga tuntas. 

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Pertama untuk membersihkan Karang Gigi adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Karena Karang Gigi yang sudah mengeras akan menjadi menjadi masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Setidaknya dengan mengunjungi rutin dokter gigi akan mampu mengobati masalah karang gigi. Salah satu perawatan yang diberikan dokter gigi dalam menangani karang gigi adalah melakukan Scalling Gigi. Ada dua jenis teknik scaling gigi, yaitu :

  1.    Scaling gigi metode ultrasonik, menghilangkan karang gigi dengan menggunakan getaran berfrekuensi tinggi.
  2.    Scaling gigi metode mekanik, membersihkan karang gigi dengan cara mengikisnya dengan menggunakan alat khusus yang disebut periodontal curette

Pemeriksaan_dokter_gigi
Ilustrasi Dokter dari Pixabay(dot)com

Masing-masing orang membutuhkan frekuensi membersihkan karang gigi yang berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan pada karang gigi. Sebaiknya kita rutin melakukan scaling gigi minimal enam bulan sekali, kecuali jika dokter gigi menganjurkan untuk melakukannya lebih sering sesuai dengan kondisi mulut dan gigi. Karang gigi yang menumpuk terlalu lama akan menyebabkan teksturnya menjadi lebih keras sehingga saat proses membersihkan karang gigi, enamel gigi akan berisiko terkikis lebih banyak. 


Cara Menghilangkan Karang Gigi Sederhana.

Dan berikut ini adalah cara lain untuk menghilangkan karang gigi., karena untuk beberapa orang yang tidak terbiasa atau masih takut – takut untuk datang dan berkonsultasi dengan dokter gigi, namun tetap perlu untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Berikut cara sederhana untuk menghilangkan karang gigi yang sifatnya sebatas pencegahan saja. Namun jika rutin dilakukan akan membawa hasil yang baik juga.

Pertama, kita harus rajin untuk menggosok gigi secara teratur. Salah satu manfaat dari pasta gigi yang sering kita gunakan adalah membersihkan plak. Gosoklah gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari sebagai cara alami menghilangkan karang gigi. Pastikan juga untuk menyikat gigi selama minimal dua menit di waktu yang tepat yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur

Kedua, kita harus menggunakan pasta gigi yang tepat.  Beberapa gigi yang sensitif membutuhkan pasta gigi tertentu untuk menanganinya. Pasta gigi  yang diciptakan khusus untuk gigi sensitif biasanya sudah mengandung formula khusus, pasta gigi ini dapat mengurangi rasa ngilu saat menggosok gigi, sehingga tetap dapat dengan nyaman membersihkan gigi untuk mencegah terbentuknya karang gigi. 

Ketiga, gunakan benang pembersih gigi. Sisa makanan sering kali berada di tempat yang tidak bisa dijangkau sikat gigi, seperti di sela-sela gigi. Untuk mencegah penumpukan karang gigi di sela-sela gigi, lakukan flossing yaitu membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang pembersih. Lakukan secara teratur setidaknya sehari sekali sebelum menyikat gigi. Beberapa orang lebih suka menggunakan benang floss di malam hari sebelum tidur sehingga mulutnya bersih saat tidur. Sebagian lain lebih suka melakukan flossing setelah makan siang. Kembali lagi tergantung kebutuhan dan kenyamanan kita saat melakukan teknik flossing ini.

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan cairan obat kumur. Namun perlu diingat, jangan menggunakan obat kumur (bahkan yang fluoride) langsung setelah menyikat gigi karena pasta gigi yang tertinggal di gigi akan ikut terbasuh. Akan menjadi sia-sia upaya yang dilakukan pada saat menggosok gigi. Atur jarak antara sesudah menyikat gigi dengan menggunakan obat kumur.

Jadi saat ini kita sudah mengetahui cara mencegah serta cara menghilangkan karang gigi untuk memastikan kesehatan mulut terjaga dan senyum dapat mengembang dengan cemerlang.

Namun setelah masalah dengan karang gigi selesai, untuk langkah pemeliharaannya tetap rutin dilakukan dan jangan lupa menjauhi atau minimal mengurangi makanan dan minuman yang menjadi penyebab karang gigi.

Salam Gigi Sehat.

4 komentar

  1. wih kalau ke dokter gigi aku tuh mikir2 dulu, takut banget ke drg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha...sama an kita ka tira... tapi kalau udah sakit ga ada piliha...mau apalagi

      Hapus
  2. thank you bang tipsnya, aku baru tau kalau pake obat kumur jangan setelah gosok gigi langsung. TFS

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih