Menikmati Durian Lampung

pedagang durian
Bang Aji Pakai Baju Putih


Bang Aji, penjaja durian  depan toko Aneka oleh-oleh khas Lampung, bersenandung menawarkan durian nya, "Paca ga paca harus paca", kurang lebih artinya seperti ini, enak ga enak harus enak. Tendanya sendiri berada persis didepan toko Aneka yang menjajakan berbagai panganan khas Lampung. Lokasi persisnya di Teluk Betung, Bandar Lampung

Durian  Lampung infonya tapi sebagian berasal dari daerah sekitar seperti Palembang. Sekilas kalau dilihat dari luar besarnya seperti durian  monthong tapi baunya sedikit berbeda. 

Saya juga sempat mencicipi durian  Lampung ini, memang tidak murni durian  Lampung sebagian besar didatangkan dari daerah sekitar, beberapa dari Palembang dugaan saya jangan-jangan ada juga yang dari Medan. Tapi dari manapun itu asalkan manis dan masih dapat dinikmati toch tak masalah. Kan itu intinya.

Saya juga jadi penasaran, apa sich manfaat buah durian  bagi tubuh kita. Ini pula yang membawa saya untuk brosing dan menemukan manfaat durian  dari beberapa situs.

Pilih2 Durian Lampung

Manfaat Buah Durian  Bagi Tubuh

Buah durian  rupanya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah durian  mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat durian  yang baik untuk kesehatan tubuh. Masalahnya kemarin makan Durian  itu ga ditimbang dulu, hanya nanya manis atau tidaknya lalu kalau manis dan enak, nambah lagi. Untung di durian  yang kedua sudah mampu menahan diri. Tidak kalap dan rakus untuk menghabiskan durian -durian  yang disaikan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, setiap100 gram dari durian dapat memenuhi sekitar 21% kebutuhan karbohidrat harian. Karena mengandung karbohirat yang cukup, buah ini dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh untuk beraktivitas.  Sebagai info aja bahwa dalam buah durian secara alami memiliki kandungan vitamin B6. Vitamin B6 ini memiliki fungsi untuk memproduksi serotonin. Sementara Hormon serotonin sendiri berfungsi untuk pemberi perasaan nyaman dan senang. Serupa dengan mengkonsunsi coklat atau sesuatu yang manis-manis, maka dari itu buah ini dapat membantu untuk mengatasi depresi.

Sumringah Menikmati Durian Lampung 

Kandungan lainnya dalam buah durian yaitu kandungan kalsium, kalium dan vitamin B, kandungan ini  berguna berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.  Durian juga  mengandung potasium yang diperlukan untuk menjaga kadar natrium dalam  tubuhya . Maka dari itu, memakan buah ini juga dapat menangkal hipertensi.

Dalam sebuah studi penelitian di Jurnal Peer-review Medicine, ditemukan bahwa triptofan bermanfaat dalam mengurangi gangguan tidur. Triptofan ini juga terdapat dalam durian.

Fakta mengenai buah durian yang sering nggak dipahami orang-orang bahwa durian adalah buah pemicu tingginya kolesterol. Faktanya di durian tidak ada sama sekali kandungan kolesterolnya. Jadi aman untuk orang yang punya kolesterol tinggi.

Lalu Siapa Yang Tidak Boleh Menikmati Buah Durian  ini

Buah Durian  ini meski aroma dan cita rasanya sangat menggoda, jika kita  mengonsumsinya berlebihan,  beberapa kasus bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Seperti perut terasa kembung, muntah, dan bahkan diare.
Bagi  penderita diabetes sendiri, sebaiknya urungkan niat  untuk mengonsumsi buah Durian . Secara Durian  memiliki kadar gula yang tinggi dan jika dikonsumsi tanpa pengawasan medis, berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah.
Selain penderita diabetes, ibu menyusui dan ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Benar,  untuk hamil dan menyusui disarankan mengikuti petunjuk dan anjuran dokter ya.

Makan Durian
Mantab Durian Lampung

Perhatikan juga saat mengonsumsi buah durian, disarankan tidak mengonsumsi alkohol bersamaan dengan buah ini. Ya, memang baiknya mengkonsumsi buah apapun itu jangan juga dicampur dengan alkohol.  Tapi alasan kenapa durian  tidak boleh dikonsumsi dengan minuman ber-alkohol karena dalam buah Durian  mengandung zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika dikonsumsi bersamaan, berpotensi menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar.

Sumber
https://www.alodokter.com/ini-manfaat-durian -bagi-kesehatan-tubuh
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/12-manfaat-durian-bagi-tubuh-bikin-tambah-semangat-makannya-1902212.html


24 komentar

  1. Baca ini bikin saya pengen makan buah durian saja. Aduhai, sayangnya harga masih tergolong mahal. Kadang ada yang jualan di pinggir jalan kecamatan. Entah berapa harganya, mungkin puluhan ribu.
    Itu buah favorit keluarga saya. Jadi pengen menanamnya di kebun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikota mrmang rerata segitu kak... dikampung saya.. pernah saya beli.. satu buahnya 5000 itu udah matang pohon bahkan ada yg jatuhan

      Hapus
  2. Aku kebetulan gak suka durian kak, cuma suka aromanya aja hehehee. Tapi pernah baca bahwa durian itu menyehatkan, asal konsumsinya jangan berlebihan. Seperti daging kambing yg aslinya menyehatkan, tp karena salah pengolahan jadi banyak yg mengambinghitamkannya. Padahal aslinya bangus untuk kesehatan karena tinggi zat gizinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak..selama konsumsi dalam batas wajar sebenarnya ga ada masalah... nah biasanya kalau sudah makan suka susah stopnya.

      Hapus
  3. Sebagai bukan penggemar durian, saya takjub banget dengan orang-orang yang menggilai durian, hihi. Kemarin pas perjalanan ke Curup dari Bengkulu, Abah berkali-kali bilang mau menepi untuk makan durian--yang tentunya saya cegah karena beliau punya hipertensi dan hari itu belum makan obat.

    Pasti sedap sekali durian dipikiran para pecintanya. Apalagi durian lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah apalagi abah ada riwayat hipertensi.. harus lebih hati2... masalahnya kalau udah makan..susah stopnya

      Hapus
  4. Wow durian....jadi kepengen. Di Bali yang terkenal durian sudaji asli Singaraja, rasanya maknyus. Jadi penasaran sama durian Lampung, pasti enak ya kak. Tapi bener sih boleh makan durian cuma jangan over. Apalagi bagi penderita diabetes atau hipertensi. TFS ya kak jadi tahu kandungan di dalam durian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...durian sudaji.. durian bali.. noted .. kalau ke sana mau coba ah

      Hapus
  5. Di mana-mana emang lagi musimnya durian ya, di Banyumas aja jalan berapa kilo kecium bau durian hehe. Buat pecinta durian emang nikmat sekali ya buat menikmati, asal secukupnya aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak marfa..kata kuncinya adalah secukupnya

      Hapus
  6. Baru tahu nih kalau buah durian juga mengandung beberapa vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Ibu hamil dan menyusui memang perlu konsultasi dulu dengan dokter kalau makan buah durian. Dulu temen saya pas hamil pengen banget makan durian, sama dokter boleh, tapi dikit, jadi caranya ambil durian secuil terus dijus dengan buah lainnya. Yang penting aroma dan rasa duriannya ada. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..berarti bisa kan durian di konsumsi buat ibu hamil tetapi sesuai petunjuk dan arahan dokter ya kak eri

      Hapus
  7. Ih khaaaan aku ngiler berat lihat duriannya. Aku pecinta duren garis keras soalnya hahaha
    Jadi ingat pas ke Lampung dulu juga kami berburu duren
    Baru-baru ini ke Lombok juga sama, pas musim duren jadi diniatin banget tuh buat makn duren haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahm..rupanya ka putu duren lovers garis keras...

      Hapus
  8. Pontianak juga lagi musim durian mas, disini juga terkenal akan khas duriannya yang sedap. Tapi lihat tulisan ini, jadi pengen juga nikmatin durian lampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo pontianak juga ada durian... kemarin ke sana..lupa nyicipinnya

      Hapus
  9. Waahh kk, di Lampung duriannya beda nggak nih sama Bengkulu? Disini ada desa khusus penyumbang durian terbanyak, namanya desadesa du daun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setipe kak durian sumatra, kecil manis pahit biasanya..

      Hapus
  10. Wahhh jadii pengen bet nih nyicip duren. Barusan banget balik dari Lampung padahal :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau ke lampung lagi..jangan lupa nyicip2 kak

      Hapus
  11. Betol itu kak.. durian lampung biasonyo dari palembang. Men di palembang tuh yg banyak biasonyo dari lahat kak. Nah dikirim jugo ke lampung.

    Btw itu paca apo pacak.. men pacak artinyo biso.. ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan... memang benar beberapa bagian datang dari palembang...

      Btw itu paca atau pacak kurang tau juga ya... mungkin iya.. karena paca maksudnya.. manis .. tapi mungkin juga bisa... kalau diartikan.. bisa atau tidak bisa harus bisa...

      Hapus
  12. aduhh buah yang katanya paling nikmat di dunia ini nggak bisa aku nikmatin mas,,,

    gak kuat banget sama bau nyaa,..

    tapi dlu bapaak pecinta duren banget,,, kasian serumah ga ada yang kuat baunya, cuman bapak doang, jadi kalo makan pasti di luar rumah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu kecil saya juga ga suka ka rini... lambat laun mulai suka..tapi ga heboh banget sich.. ngga nyari tapi kalau ada...hajar sampai habis

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih