SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Munggahan Sederhana Menyambut Bulan Suci Ramadhan PT.TUN Jakarta

Acara Munggahan yang dipandu ibu Rini Haryanti, SH
Menjadi keluarga besar Mahkamah Agung dalam satuan kerja Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta adalah sebuah anugerah tersendiri. Baru minggu lalu merayakan Paskah bareng keluarga besar Kristen Mahkamah Agung, hari ini sudah masuk dalam acara munggahan menyambut bulan suci Ramadhan.
 
Lokasinya sendiri hanya mengambil di pelataran loby kantor Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. Dihadiri seluruh keluarga besar PTTUN Jakarta. Secara keseluruhan jumlah kami yang hadir munggahan ini tidak lebih dari 90 orang.

Saya sendiri penasaran akan arti munggahan dan mencoba mencari artinya. Istilah munggahan seringkali digunakan oleh masyarakat zaman dahulu ketika menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Sehingga dapatlah diartikan bahwa munggahan adalah momen perpindahan waktu menuju bulan suci Ramadhan, bulan yang memiliki nilai derajat lebih tinggi dibanding bulan lainnya dalam agama Islam. 
 
Adapun bentuk tradisi munggahan ini biasanya diisi dengan acara kumpul-kumpul sederhana sebelum datangnya bulan Ramadhan. Ada yang dilakukan mulai dari beberapa hari menjelang bahkan hingga ada juga yang mengisinya dengan berkumpul pada saat sahur pertama di bulan suci Ramandhan (sumber. Infobandung.co.id). 
 
Ibu Rini Haryanti yang memandu acara munggahan ini memulai tepat di jam 12.30 wib, tanpa berpanjang lebar beliau mempersilahkan pak Ketua PT TUN untuk memberikan sambutan acara munggahan sederhana ini.

Sambutan KPT TUN Jakarta DR. Istiwibowo, SH. MHum

Sambutan KPT.
Besok atau lusa menunggu sidang Isbat akan diumumkan tepatnya kapan kita akan berpuasa, ujar Pak Ketua memulai sambutannya. Ketua sendiri yang baru kembali dari Mahkamah menghadiri acara Purna Bakti salah satu Hakim Agung, mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, lakukan yang sebaik-baiknya beliau berpesan sekaligus menutup sambutannya yang singkat.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama mengucap syukur dan memohon rahmatnya meyambut bulan suci ramadhan. 

Semua saling bersalaman dan mengucapkan maaf atas salah yang pernah dilakukan

Yup, semuanya bersalaman saling memaafkan menyambut bulan suci. Hati yang suci baik untuk memulai dan memasuki bulan yang suci.

Selamat berpuasa.
Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar