Kamis, 22 November 2018

Menimba Ilmu Dari Tim VIVA "Commercial Blog Writing And How To Monetize It”





Geniee hadir adalah membuat jembatan antara blogger dengan Advertizer. Disinilah Geniee memonitize blog kita.  Sederhananya Geniee menjembatani agar blog kita mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di blog.

Sebagai Blogger, menimba terus ilmu baru dan bergabung disebuah komunitas seperti adalah sebuah keharusan. Mengapa? Dengan bergabung disebuuh komunitas, update mengenai sesuatu yang baru akan selalu ada, baik itu kegiatan ataupun kerjaan hingga ke berbagi informasi-informasi alakadarnya hingga ke temu kangenan (blogger juga manusia kali). Menimba terus ilmu itu juga penting, baik ilmu baru atau meng-update ilmu yang lawas yang sudah kita miliki (sekedar merefresh).

Tidak jauh berbeda ketika Sabtu kemarin, 17 Nopember 2018, Viva mengundang puluhan blogger hadir dalam acara mereka, secara untuk ikutan acaranya Viva ini ga mudah loh mereka selalu menyeleksi ketat setiap peserta yang akan mereka ijinkan ikut dalam acaranya. Beruntung kali ini saya lolos seleksi mereka.  

Warung Kopi di DLab Jalan Riau 


Acaranya sendiri diadakan di Cocowork D.Labs yang terletak di Jalan Riau No 1, kalau kalian masuk dari arah Sarinah, sebelum Hongkong Café ada jalan ke dalam, kira-kira 500 Meter ada D.Lab sebelah kiri jalan. Memang gedung yang didesain sebagai perkantoran kekinian ini lantai 2 didesain khusus untuk dapat menampung sampai 100 orang didalamnya.

Acara akan dimulai tepat pukul 09.00, tapi yah, namanya Jakarta meskipun Sabtu ditambah beberapa blogger masih belum paham lokasi, jadi jam segitu belum ada seetengah yang hadir. Tepat pukul 9.30 panitia memulai membuka acara.

Temanya keseluruhan acara Viva hari ini adalah “Commercial Blog Writing  And How To Monetize It” hmmm terdengar keren kan. Dan memang keren sepanjang acara berlangsung kemarin.


Berikut catatan-catatan kecil yang berhasil saya rangkum.
Untuk pembukaan CEO Geniee, Yulius Agus Prasetya Yanto menegaskan bahwa Blogger itu sudah termasuk dalam kategori Invidual Publisher. Mengapa demikian, karena menurutnya Blogger itu yang kegiatannya sehari-hari menghasilkan tulisan, sudah sepatutnya tulisan yang dihasilkan bermanfaat baik itu untuk dirinya sendiri dan kalau bisa bermanfaat untuk orang-orang yang membacanya.

Dokpri, Tim dari Geniee

Pak Yulius juga menyambung, bahwa tulisan di blog selain bermanfaat untuk pembacanya juga dapat di monetize (menghasilkan duit). Caranya? Disinilah Geniee hadir, salah satu perusahaan startup yang berasal dari jepang dan sudah berkembang dari tahun 2015. Geniee adalah sebuah teknologi platform untuk advertising, dimana Viva sendiri tergabung sebagai publisher didalamnya.

Geniee sudah hadir tidak hanya di Indonesia, tapi sudah merambah ke Vietnam dan Thailand (hmmm hampir sama dengan Go Jeknya Indonesia yang sudah merambah ke negara tetangga ya).

Salah satu fungsi Geniee hadir adalah membuat jembatan antara blogger dengan Advertizer. Disinilah Geniee memonitize blog kita.  Sederhananya Geniee menjembatani agar blog kita mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di blog, Geniee sendiri sudah banyak bekerja sama dengan agen-agen yang hendak mencari media untuk mengiklankan produk-produk mereka.

Cara kerja Geniee serupa dengan Adsense nya Google hanya saja jaringannya yang berbeda dengan metode kerja sendiri. Bahkan beberapa media besar di dunia yang sudah memiliki iklan rutin bekerjasama dan masuk kedalam jaringan Geniee, sementara blogger sendiri adalah salah satu jaringan dari Geniee. Tapi nanti untuk detil teknisnya akan diterangkan lebih lanjut, sementara acara akan berlanjut dengan Tip Commercial Blog Writing.

Commercial Blog Writing, Maya Sophia, Viva Editor
Sepertinya pelajaran menulis adalah pelajaran yang tidak akan pernah habis dibahas, meskipun sudah pernah dibahas, akan selalu menarik untuk dibahas kembali. Kali ini yang mengulasnya adalah Mba Maya Sophia, Viva Editor.

Tanpa berpanjang lebar, Mba Maya langsung membagi tips commercial blog yang ia miliki, sebab sebagai seorang editor diawal kariernya sempat juga mengalami kebuntuan ide dan bentuk tulisan yang lompat-lompat, berdasarkan pengalaman yang sudah ia lalui Mba Maya mencoba menshare tips commercial blog.

·       Rajin Baca buku. Dengan rajin dan rutin membaca buku, setidaknya akan menambah kosakata yang kita miliki dan jadi semakin tahu bagaimana membuat tulisan lebih mengalir.
·    Original dan jujur, jangan lakukan plagiat dan sudah seharusnya sebagai penulis kita meraih kepercayaan dari pembaca. Dengan menulis jujur akan membuat pembaca semakin percaya kepada tulisan kita.
·    Gunakan teknik 5 W + 1 H, ini sudah merupakan rumusan jurnalistik dasar dan digunakan dalam investigasi polisi. Dengan 5 W + 1 H akan mendapatkan alur cerita yang seutuhnya.  5 W itu terdiri dari Who, When, Where, Why, What dan 1 H itu How. Terkadang poin  When yang sering terlewat. Contoh sederhananyan Mba bercerita seorang travel blogger berbagi pengalaman melalui tulisannya tanpa menyertai tanggal kunjungaan, ketika orang lain berkunjung ke tempat yang sama, kecewa karena sudah pindah lokasi atau sudah tutup.
·     Gunakan Panca Indera, untuk membuat sebuah tulisan yang menarik maksimalkan panca indra yang dimiliki. Semakin banyak panca indera yang digunakan akan membuat tulisan semakin berwarna.
·     Perhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dengan memperhatikan EYD dalam tulisan kita akan membuat blog semakin professional (kecuali memang ada beberapa blogger yang sudah identik dengan bahasa sehari-hari disampaikan, seperti elooo, guwe dll). Kalau mau tahu tentang EYD kita dapat memeriksanya di kbbi.kemendikbud,go.id. siapa yang tau mana yang benar antara penulisan Sekedar atau Sekadar, nah dari KBBI baru ketahuan yang benar itu adalah Sekadar.
·    Perhatikan Copyright, sebagai seorang penulis ataupun content creator sudah sepatutnya kita menghargai hasil karya orang lain, jangan asal comot karya orang lain (ini yang kadang-kadang saya masih suka terlupa). Untuk gambar ada baiknya menggunakan penyedia jasa foto gratis seperti pixels ataupun pixabay.
·    Perhatikan sisi Commercial. Saya menyebutnya sisi yang memanusiakan pembaca kita, Mba Maya mengingatkan beberapa hal diantaranya adalah :
a.   Selalu sapa pembaca atau pengunjung blog kita (kalau bahasa NET, helooo good people)
b.      Buat judul yang menarik
c.       Sediakan informasi yang dibutuhkan pembaca.
d.      Sebaiknya hindari dan jauhi membuat tulisan yang mengandung unsur SARA.
e.  Jangan membanding-bandingkan antara yang satu dengan yang lainnya (menjaga netralitas adalah penting untuk seorang penullis).

Mba Maya berinteraksi dengan salah satu blogger 


Seru kan, bahkan ditengah acaranya Mba Maya mensisipkan interaksi langsung dengan blogger yang hadir, ia memberikan secangkir kopi dan meminta blogger tersebut untuk menuangkannya dalam bentuk kata-kata menggunakan panca indera yang ia rasakan, dan hasilnya, “secangkir kopi pahit yang tersaji akan terasa manis ketika ditemani Mba Maya sambil berdiskusi” halllah, terkesan lebay ga sih J

SEO Writing dan Conten Distributor
Selesai dengan Commercial Blog Tip, blogger dikenalkan dengan SEO Writing dan Conten Distributor. Kali ini yang ambil peranan adalah pihak Geniee yaitu Febri Fristian, Media Consultant Geniee.

SEO itu Search Engine Optimization, yang membuat tulisan kita berada dalam “radar” nya google ya SEO ini. SEO sendiri harus mengikuti trend yang sedang berlangsung dan ada algoritma goolge didalamnya.  Jadi tulisan kita sebaiknya agar terbaca sama si google minimal harus ikut dengan trend yang sedang berlangsung, sementara untuk algoritma (karena bagian teknis) tidak perlu diutak atik dahulu karena akan berubah setiap 6 bulan.


Sementara untuk SEO Content sarannya dari Mas Febri adalah setidaknya buat tulisan 1000-1200 kata yang ditujukan untuk SEO itu sendiri (Baca, trend yang sedang berlangsung). Kalau untuk tulisan review agak berbeda lagi, setidaknya diperluakan 2000-2500 kata agar terbaca sebagai review oleh SEO. SO, berat kan menjadi penullis yang ramah di ranah SEO, sejatinya seperti yang diminta akan lebih mudah terindeks sama google.

Mas Febri juga mengingatkan untuk memastikan konten yang kita hasilkan sesuai kategori. Penentuan Key words dan Long Tail Keywords menjadi sebuah unsure yang perlu diperhatikan sebelum membuat content. Karena dengan Conten yang Unik adalah Good For SEO.

Agar ramah SEO sebaiknya gunakan Shirter URL’s, semakin pendek sebuah URL’s maka semakin tinggi kesempatan mendapatkan tempat di page 1  Google. Sekedar URL’s tidak sama dengan judul ya.



Kesempatan lain untuk membuat conten kita SEO adalah menggunakan google trend  dengan google trend kita dapat mengetahui keywords apa saja yang sedang trend dibicarakan.

Terakhir kita sebagai Blogger juga diharapkan sering-sering blogwalking ke blog yang memilliki DA/PA tinggi selain agar DA/PA ketularan tinggi juga terindeks ke google. Memang ada juga tools menaikkan DA/PA berbayar sich, kalau sanggup ya boleh-boleh saja ikutan.

Terakhir ditutup oleh Mas Yudha Satriya, dari Geniee juga, beliau banyak menjelaskan banyak mengenai teknis kerjasama bareng Geniee.

Serukan, hampir 2 jam penuh, 09.30 sampai 11.30 dapat ilmu mengenai mengasah tulisan dan membuat konten yang ramah SEO plus dapat tawaran kerja bareng Geniee. Itu belum termasuk makan siang bareng ya, lepas acara.



Anyway, terimakasih Tim Viva atas kebaikannya yang sudah mengijinkan saya bergabung untuk terus mengupdate diri dan informasi serta keilmuan.

Terimakasih semoga nanti diajak lagi mengupdate diri dengan ilmu-ilmu baru lainnya.


2 komentar:

  1. Ada ilmu lagi yang saya dapatkan dari membaca artikel ini, tentang netralitas, ternyata setelah dicerna ini merupakan bagian yang rawan bagi seorang penulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Infonya penting sebagai penulis untuk menuliskan hal yang ia tahu dan benar-benar tahu plus tetap netral tanpa membandingkan sesuatu juga baik adanya :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih