Senin, 11 Januari 2016

“Dikerjai” sama Indihome



Promo IndiHome
"Meskipun jaringan kuat tetapi layanan tidak bersahabat."
 
Indihome selaku salah satu penyedia layanan Internet berbasis Kabel Optik Fiber sudah bukan pemain baru di industri ini. Saya sendiri baru berlangganan tepat masuk bulan ke 3 Januari 2016. Berawal dari rekomendasi beberapa teman yang menyatakan selain internetnya lumayan kencang, ditambah layanan TV berlangganan dan jaringan telp.

Semuanya dalam 1 paket layanan, mereka membungkusnya dengan Paket Triple Play. Dan memang harus saya akui, Internet dari IndiHome (terutama didaerah saya tinggal) sinyal lumayan kuat dan cepat.  Sehingga sangat membantu ketika berselancar di duni maya. Ditambah lagi selama masa promosi 3 bulan, banyak saluran TV berbayar yang dibuka gratis bagi pemasang baru.

Lepas satu bulan pemakaian tidak ada masalah, terlebih petugas yang melakukan pemasangan beberapa kali memantau, apakah ada kerusakan atau gangguan. 

Masuk bulan ke 2 pemakaian, sinyal TV terutama mulai mengalami gangguan. Gangguan yang kerap kali hadir adalah siaran TV sering “frezze” atau diam sendiri. Jika sudah terjadi seperti ini, maka jaringan TV harus dimatikan sebentar dan dihidupkan kembali beberapa saat. Tapi jaringan internet tidak memiliki masalah sekali. 


Masuk bulan ke 3,  jaringan TV semakin sering mengalami “Frezze” hingga tepat tanggal 5 Januari 2016, baik jaringan TV dan Internet sama sekali tidak dapat digunakan. Untuk Telp Indihome sendiri saya tidak mengetahui apakah mengalami ganggaun juga atau tidak, karena saya tidak menggunakannya sama sekali.

Keluhan yang diterima no sama tanggal beda
Yang saya lakukan saat itu ketika mengetahui semua jaringan bermasalah adalah melakukan komunikasi dengan Call Center Indihome di 147. Diterima dengan baik sekaligus memang di ketahui jaringan internet di rumah mengalami gangguan (bodohnya saya adalah tidak memperhatikan nama operator yang menerima keluhan).

Beberapa hari berjalan, tidak ada tanda-tanda adanya teknisi yang menghubungi untuk melakukan perbaikan. Hingga saya putuskan untuk melakukan complain via media sosial, saya coba colek via twitter dan mendapat tanggapan dengan nomor keluhan  yang sama. Bedanya pada tanggal 8 Januari 2016 kembali saya mendapat SMS untuk keluhan saya, 

Siang tanggal 8 Januari, telp saya berdering. Rupanya salah satu teknisi sudah berada di depan rumah, sementara saya tidak ada dirumah. Keren sich, sehari complain via medsos langsung di respon, jadi quick response gitu. 

Keren sich, tapi merasa seperti dikerjai.
Tapi sayang juga kan kalau itu teknisi asal datang aja tanpa konfirmasi telp dahulu. Apakah iya  semua pelanggan IndiHome pasti semuanya berada dirumah.  Yang ada si teknisi meninggalkan pesan bahwa ia sudah datang tapi si pemilik rumah tidak berada di tempat sekaligus meninggalkan no telp yang dapat dihubungi. 

Yang bikin semakin kesal adalah ketika saya hubungi si teknisi dan menjadwalkan waktu untuk melakukan perbaikan, disepakati hari sabtu keesokan hari. Yang ada teknisinya membatalkan sepihak dengan alasan ada tugas lain dari atasannya. Lah bukankah sebelumnya sudah sepakat untuk melakukan perbaikan di hari sabtu. Dan dia menjanjikan agar  re-schedule di hari senin atau hari lainnya. 

Sementara kalau hari biasa memang tidak ada yang menunggu di rumah. Lalu apakah tidak ada cara lain? Saya mencoba menghubungi teknisi yang diawal memasang jaringan IndiHome. Karena pengalaman ketika  pemasangan di awal memang saya minta malam hari dan ia setuju. 

Dan janjinya ke 2 teknisi akan datang malam ini, yah semoga jaringan IndiHome saya kembali seperti sedia kala. 

Kesimpulan.
Jaringan kuat IndiHome tidak didukung dengan pelayanan pendukung yang memadai setidaknya membuat saya kecewa. Belum genap 3 bulan sudah terdapat masalah. Ditambah penanganannya pun terbilang tidak sigap, hanya seadanya. 

Sementara saya ingat betul ketika saya terlupa untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal 20 setiap bulannya, maka tanggal 21 siaran dan Inet akan lenyap dan akan kembali normal ketika dilakukan pembayaran. Berbeda dengan provider TV sebelumnya di mana saya dapat berlangganan satu tahun tanpa di ribeti pembayaran berulang tiap bulannya. 

Lalu ketika IndiHome saya bermasalah tidak ada dari Manajemen Indi juga yang memastikan apakah layanan mereka sudah kembali berjalan normal atau belum. Mungkin mereka berfikir selama saya tidak complain lagi artinya layanan  sudah kembali normal. Padahal siapa yang tahu kan?

Hmmm,,, sepertinya saya ragu untuk merekomendasikan IndiHome ke kerabat dan teman lainnya. Meskipun jaringan kuat tetapi layanan tidak bersahabat. Lalu bagaimana suatu saat jaringan tidak kuat dan layanan juga masih tetap tidak bersahabat?

Semoga ini menjadi catatan kecil kepada pihak IndiHome agar terus melakukan perbaikan dan berbenah diri demi meningkatkan kualitas layanan terhadap konsumen.



8 komentar:

  1. Wah untung aku ga jadi pake indihome. Mahal banget abisnya. Semoga dengan begini ada perubahan dari pelayanan indihome

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sedikit lebih mahal, tetapi kalau sejalan dengan kualitas sepertinya terbayar saetidaknya.. yg kecewa ketika sudah bayar mahal.. malah pelayanannya nol..bukan begitu mba windah S

      Hapus
  2. Di Bandung mah tiap hari ada komplen Indihome di surat pembaca, saya juga lagi hunting nih provider internet rumahan ala Indihome. pengen pasang indihome tapi kok...duh gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.. baiknya pikir2 beberapa kali dulu ,, cari bahan pertimbangan lainnya

      Hapus
  3. saya pake firstmedia, dulu lancar sekarang kalo musim ujan inet nya pasti on off :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. padahal baru mau melirik itu firs media.. tapi ada yang kecewa juga.. tapi kalau ngga musim hujan inetnya ngga bermasalah kan mba Kania

      Hapus
  4. untung belom sempet make hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga pa pa pasang aja mba Gisa... cuman kita dituntut untuk lebih kritis dan sedikit cerewt ke Indihome ..

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih