Kamis, 24 Desember 2015

Gurihnya Sop Ayam Pak Min KLaten Matraman Raya.



SOP AYAM yang disajikan Panas-panas dan ruangan yang panas ditemani minuman teh manis yang panas pula (udah 3X panasnya) biasanya sakit flu-flu dan batuk-batuk ringan pastinya akan minggir.

Jakarta banyak menawarkan wisata Kuliner,  mulai dari yang berkelas dan berkualitas hingga ke jajanan pinggiran jalanan. Sebut saja bubur ayam Cikini yang selalu ramai dikunjungi tiap pagi. Meskipun hanya gerobakan tapi tidak menyurutkan jumlah pengunjung yang datang.

Bahkan dari tipe makanannya itu sendiri ragam resto yang menyajikan Fast food atau  juga Sea food. Tinggal kalian pilih sendiri. Pokoknya di Jakarta ragam pilihan makanan akan selalu tersedia, sulit sekali kalian tidak menemukan pojokan yang tidak diisi oleh penjaja-penjaja makanan.  


Nah saat ini bergeser sedikit ke daerah Matraman, persis beberapa gedung sebelum toko Buku Gramedia Matraman (kalau dari arah kampung melayu).Berjejer rumah makan disana, hanya saja ada satu Rumah makan, kira-kira seukuran lapangan Futsal. SOP AYAM PAK MIN namanya. 

Suasana SOP AYAM Pak MIN Klaten
Seperti namanya, rumah makan ini fokus hanya menyajikan makanan olahan SOP AYAM dan disajikan panas-panas. Rumah makannya sendiri didesain sederhana, hanya deretan meja panjang dengan kursi panjang (kira-kira muat untuk 10 orang hadap-hadapan).  Jangan harap ada pendingin ruangan di rumah makan ini. Hanya semilir kipas angin yang terpasang di atas tembok.  Kalian bayangkan sendiri aja ya, makan SOP AYAM PAK MIN panas-panas diruangan yang tidak berpendingin udara. 

Mekipun demikian coba kalian sambangi tepat ketika makan siang, sekitar jam 12.00 hingga jam 01.00. pastinya akan banyak orang yang berdiri antri untuk menunggu giliran. Memang selepas jam segitu rumah makan ini sedikit bersahabat. 

Oalahan SOP AYAM PAK MIN
Saya sendiri akrab menyambangi Rumah Makan SOP AYAM PAK MIN, selain menu dan harga yang bersahabat SOP AYAM banyak membantu saya untuk meningkatkan stamina dan dayan tahan tubuh (Apa coba maksudnya?) Selain SOP AYAM yang disajikan Panas-panas dan ruangan yang panas ditemani minuman teh manis yang panas pula (udah 3X panasnya) biasanya sakit flu-flu dan batuk-batuk ringan pastinya akan minggir.

Tapi ingat SOP AYAM biasanya banyak tulang-tulang kecilnya, harus hati-hati takut tersedak tulang. Saya sendiri lebih sering memesan SOP ATI AYAM demi menghindari tulang-tulang kecil. 
SOP Aayam yang di sajikan


Kurang lebih ada 13 macam menu SOP AYAM yang disajikan di rumah makan ini, harganya sendiri ada di kisaran Rp.8.000,- hingga Rp. 21.000,-  pastinya terjangkau kan. 

Minumannya sendiri  hanya ada 2 jenis Teh dan Jeruk (Baik Panas maupun dingin ada). Kalau kalian mau mnuman Jus buah-buahan, biasanya ada juga yang jual di depan Rumah Makan ini dan kita boleh membawanya ke dalam.

Biasanya Rumah makan SOP AYAM PAK MIN  buka mulai dari pagi sekitar jam 8.00 hingga tutup warung sekitaran jam 21.00 WIB, tergantung ketersediaan SOPnya ya. Terkadang mereka bisa tutup lebih cepat jika SOP AYAMnya sudah habis.

Sosok PAK MIN nya sendiri tidak ada dirumah makan ini, hanya ada sekitara 7 petugas saja yang membantu melayani dan menyediakan SOP AYAM.  Memang Foto PAK MIN terpasang disalah satu temboknya. 

Menu dan daftar Harga SOP AYAM PAK MIN
Saya sendiri tidak sempat menanyakan apakah mereka ada buka cabang lain atau tidak. Tapi yang di Matraman ini memang lumayan besar kok. Saya sich merekomendasikan Rumah Makan SOP AYAM PAK MIN KLATEN sebagai rumah makan sehat (terbukti flu dan batuk-batuk saya hilang loh).
 
SOP AYam yang sudah siap untuk di sajkikan
Yups itu saja cerita kali ini, kuliner Jakarta dan masih disekitaran Cikini.






21 komentar:

  1. harganya lihat di menu standar ya mas
    tapi pas merhatiin mangkoknya banyak banget
    pasti laris banget dagangannya

    eh saya malah lebih milih sop ayam yang ada tulang dibanding hati, ga begitu doyan sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di jam makan siang.. malah sering banyak antrian mas CH...

      Kalau saya lebih milih yang ati.. nga ribet ngurusin tulang.. tapi kembali ke selera masing-masing sich :)

      Hapus
  2. harganya gak terlalu mahal ya. Ini matraman sebelah mana ya jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa banguna sebelum gramedia matraman (kalau dari arah kampung melayu) . . persis di pinggir jalan,, dan terlihat kok

      Hapus
  3. Sop Ayam nya bukan kaya sop kebanyakan ya...ngiler mas liatnya, pengen nyobain deh.
    Mudah-mudahan kalo melintas matraman saya inget sop ayam Pak Min ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi inget mba desy jangan pas ketika makan siang.. antriannya.. ampun dech :)

      Hapus
  4. Sop pakmin klaten memang terkenal dimana mana nih, asalnya dari kabupaten sebelah..bahkan dideket rumah juga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. mas danang malah kampungnya bersebelahan ..

      Hapus
  5. Wah ternyata sop ayam ini sudah dimana - mana tow, kayaknya tambah penasaran aja aku kak,,, apalagi harganya cukup bersahabat dengan isi kantong,,, mantabe' - mantabe'

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena harganya yang bersahabat dan rasa juga nikmat.. jadi kalau pas makan siang pastinya banyak yg ngantri... jadi agak sedikit lama..

      Hapus
  6. wuaah berarti kalau kagi ke Gramedia Matraman bisa ke sini nih, baru tahu...Terimakasih infonya Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kalau ke gramedia sering mampir ke sini mas ahmed :)

      Hapus
  7. eh lupa nanya, biasanya Sop kan kuahnya berasa kaldu banget tuh. Menurut Mas itu kaldu dari banyaknya penyedap atau dari bumbu murni?

    BalasHapus
  8. Hargan Sop Ayam Pak Min memang standar ya...mau di kota besar atau kecil.., saya sepakat soal fulu jadi hilang setelah menyantap sop panas2...bikin berpeluh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. saya kalau mau flu dan kurang enak badan.. konsumsi sopnya pa min lumayan berkurang..

      Hapus
  9. Balasan
    1. ayamnya lembut tapi banyak tulang yang kecil2 nya.. jadi harus ekstra hati2 juga mba Pratiwi :)

      Hapus
  10. Huaaaa ini tempay makan paporit akuuuuuuuuu huhuhuhuhu kangeeennnnnnn pak minnn duh jd ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,,, sama dong kita sama2 penggemar sop ayam pak min mba Farichatul :)

      Hapus
  11. Eh di purwokerto juga ada. Cabangnya bukan ya?

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih