SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Menikmati Kopi Robusta Indonesia -Kopi Banaran

  

Ngopi Pagi


Selamat Pagi .. Selamat Beraktivitas

Jangan Lupa untuk Bahagia dan Bersyukur Hari ini...

Dan terimakasih orang baik untuk oleh-oleh Kopi-nya.

Sebenarnya saya bukan kopi adict banget sih, hanya sekedar 1-2 cangkir sehari, itu juga biasanya kopi instan sachetan.

Secara beberapa kali diberikan oleh-oleh kopi hitam murni dari beberapa daerah di Indonesia, belum ada yang cocok di mulut. Ada yang berasa terlalu asam dan pahit banget, sehingga ga nyaman untuk di sruput dan suka bikin perut malah menjadi mules dan melilit. Infonya dari seorang teman, saya salah dalam membuat kopi tersebut, untuk kopi yang demikian katanya, air tidak boleh terlalu panas dan didiamkan dahulu beberapa menit lalu diaduk dan barulah siap untuk di sruput (halah minum kopi aja kok repot).

Dan baru kemarin seorang teman jalan-jalan sekitaran pulau Jawa ini dan membawa oleh-oleh Kopi yang katanya  dibeli dari tempat pengolahannya langsung, ya meskipun sudah dikemas rapi, dan memang untuk dijadikan buah tangan.

Tara, Kali ini Kopinya berbeda, mengikuti saran penyajian dalam kemasan, 1 sendok makan untuk secangkir kopi dan bisa juga ditambahkan dengan gula, susu atau krimer (saya mencoba untuk menikmati polos saja tanpa campuran apa-apa) dan setelah saya mensruputnya, rasa pahitnya pas, tidak terlalu pahit dan tidak ada rasa asam. Seorang teman memberikan komentarnya bahwa kopi ini tergolong medium (entahlah apanya yang medium) kalau menurut saya sih, kopi ini, kopi ringan (leboh sotoy lagikan), bisa dinikmati bahkan tanpa campuran apapun. Bahkan saya masih menemukan rasa manis didalam pahitnya kopi ini. Memang demikian kata teman, kalau kopi medium masih ada rasa manis-manis-nya (loh kok kayak iklan minuman mineral di tv ya).


Kopi Hitam Indonesia
Ini Dia Penampakan Kopi Hitamnya 


          Pada intinya saya menjadi tahu, kopi mana yang cocok menurut lidah saya dan mana yang tidak, meskipun beberapa memberikan kopi dengan harga yang lumayan mahal, terkadang tidak dapat dinikmati. Sementara dengan kopi yang (mungkin saja) harganya tidak seberapa namun dapat ternikmati dan malah mendapatkan manfaat setelah mengkonsumsinya.

          Anyway, kopi ternyata baik untuk kesehatan jika dikonsumsi tidak berlebihan bahkan beberapa studi mengatakan dengan mengkonsumsi kopi dapat mengurangi beberapa penyakit tertentu seperti kanker, batu empedu bahkan hingga jantung dan stroke. Itu jika kopi tersebut dikonsumsi dalam takaran cukup dan tidak dicampur dengan gula, susu dan lain-lainnya. Saya sendiri membatasi kopi hanya sebatas 1-2 gelas satu hari, itupun terbatas dari pagi hingga sore hari, malam hari saya memilih untuk tidak mengkonsumsi kopi khawatir terganggu pola tidur (meskipun beberapa penelitian menyatakan tidak ada hubungan khusus antara kafein dalam kopi dengan jam tidur).

Yuklah semangati hari ini dengan secangkir kopi...

Selamat Pagi Selamat Beraktivitas kawan... Tuhan Memberkati Kita Semuanya

 

Related Posts
Terbaru Lebih lama
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar