SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Seberapa Penting Berfikir Sebelum Bertindak


 

“Kamu adalah orang yang tidak berfikir pernah panjang,” demikian bapak berujar kepada anak bungsunya yang tidak pernah mau mendengar pesan yang ia sampaikan. Padahal pesan yang coba bapak sampaikan adalah sederhana berpikir dahulu sebelum bertindak, bukan sebaliknya.

Gejolak muda, minim pengalaman dan beberapa faktor lainnya membuat adik bungsu selalu bertindak serampangan. Menunda pekerjaan yang memang benar-benar penting dan harus segera dilakukan alih-alih malah melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak penting. Dan seringnya tersadar ketika sudah terjadi sesuatu yang diluar dugaan atau diluar perkiraan.

Kalaupun tidak banyak kerugian yang terjadi setidaknya dari segi waktu akan terbuang percuma mengulang kembali hal-hal yang seharusnya sudah selesai. Ya kan. Memang sih ini akan menambah portofolio pengalaman, tapi jangan juga pengalaman-pengalaman gagal juga.

Penting Untuk Berfikir Sebelum Bertindak.

Sebagai anak-anak generasi kekinian, terkadang dalam bertindak kurang berhitung hanya mengandalkan naluri dan emosi yang tidak berdasar, lebih kepada keinginan sesaat. Brosing-brosing dan paham dong, dari situs om  Arsjad Rasjid saya jadi tercerahkan secara beliau menerangkanya dengan bahasa yang mudah dimengerti.

 

Dimulai dari memahami pentingnya akan sebuah proses yang didalamnya membutuhkan upaya, waktu dan tenaga. Perlu bagi kita untuk menghormati proses belajar berpikir sebelum bertindak.

Lalu dilanjutkan dengan berlatih untuk mendengarkan, dari menjadi pendengar yang baik kita akan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum membuat keputusan yang baik. Sangat penting untuk menjadi pendengar yang baik sehingga mendapat masukan dari banyak orang dan dari mendengarkan dengan baik akan membuat kita menjadi pribadi-pribadi yang yang peka dan membangun rasa hormat dengan sesama.

Santai saja tidak perlu terburu-buru, bila mood sedang tidak bagus ada baiknya kita untuk menunda  agar tidak berimbas ke hal negatif. Ambil waktu, tarik napas dan minum air mineral yang akan membuat pikiran kita tenang.

Karena tidak dapat dipungkiri untuk membuat sebuah keputusan memerlukan berbagai proses pemikiran yang tidak singkat.Dimulai dari menjadi pendengar yang baik,  santai saja, tidak perlu terburu-buru karena dalam pengambilan sebuah keputusan membutuhkan sebuah proses yang didalamnya terdapat upaya, waktu dan tenaga.

Fyi, Om Arsjad Rasjid saat ini menjabat sebagai Ketua Kadin Indonesia. Patut saja sebagai seorang pemimpin beliau mampu menyederhanakan sebuah konsep yang mudah untuk dipahami dan diaplikasikan hanya butuh konsistensi serta sebuah niat yang baik saja kok.

Sudut pandang saya juga menjadi berubah meskipun bukan saya yang ditegor oleh orang tua, paham bahwa sedikit pun dari kita tidak merencanakan sebuah kegagalan. Namun karena minimnya pengalaman dan terburu-buru, tidak tepat dalam pengambilan keputusan pada akhirnya.

Pada akhirnya dan merupakan inti dari tulisan ini adalah bahwa berfikir sebelum bertindak adalah sebuah hal yang sangat penting bagi kita untuk menghindari keputusan salah hingga keputusan-keputusan konyol yang kita buat akibat dari kurangnya berfikir sebelum bertindak tadi.

Ya, meskipun berfikir sebelum bertindak tidak menjanjikan sebuah keputusan yang seratus persen tepat dan benar dalam sebuah penyelesaian masalah. Namun dengan proses berfikir sebelum bertindak yang dijelaskan oleh Om Arsjad Rasjid setidaknya akan menghindari dari salah dalam pengambilan keputusan hingga terburu-buru dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Dengan menjadi pendengar yang baik dan santai sejenak tidak perlu terburu-buru akan mendapatkan masukkan dan informasi yang baik serta akurat yang akan menjadi bahan pertimbangan-pertimbangan.

Pada saat ini “perang” yang terjadi adalah proses pengumpulan informasi yang tepat dan akurat yang akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Jadi pastikan kita untuk  berfikir dahulu  sebelum bertindak dan mulailah untuk menggali dan mendapatkan informasi terbaik.

Semoga kesuksesan menghampiri kita semuanya.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

5 komentar

  1. Benar sekali,dalam melakukan tindakan berpikir dahulu apakah akan berdampak positif atau justru sebaliknya. Saya juga mulai berbenah, berbicara atau memperlakukan orang lain dengan cara yang baik.

    BalasHapus
  2. kalau menurut saya sangat penting berfikir dulu sebelum bertindak karena kita berfikir saja resiko masih ada, apalagi yang tidak difikirkan?

    BalasHapus
  3. Sering terjadi dalam keseharian misal ada kebutuhan dan itu acapkali berulang kembali

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih