SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

BukaLapak Semakin Tidak Nyaman Untuk Tempat Belanja Online

 

 


Sebenarnya beberapa tahun lalu, ada teman yang mengatakan enggan untuk berbelanja di Bukalapak. Alasannya saya sendiri sudah tidak mengingatnya. Berdasarkan pengalaman sendiri belum pernah kecewa dengan Bukalapak, ya tidak mengapa lah ya.

Tara, setelah sekian tahun Bukalapak menjadi pililhan belanja Online terbaik (menurut versi saya) dan sempat beberapa kali juga terjadi komplen barang namun semuanya terlewati dengan baik. Pelapak yang memang serius dagang jika barang tidak sesuai, tanpa perlu dikomplain pun segera menunaikan tugas dan tanggungjawabnya. Dan sejauh ini belum ada kendala berarti selalu aman-aman saja.


Komplain BukaLapak


Hingga datanglah hari itu,

Penasaran dengan parfum harga miring, mau coba, lihat profil toko juga sudah ok. Coba lah, ingin tahu kualitas parfum kw setengah harga seperti apa sih. Kalau bagus pesen ulang, kalau tidak ya biarlah menjadi pengalaman saja.

Barang dipesan dan dibayar tanggal 15 November 2022, hingga 2 hari kedepan tidak ada proses pengiriman barang, tapi masuk notifikasi barang sudah dikemas oleh Pelapak.

Dan tiba-tiba muncul pesan masuk melalui pesan WA yang menyatakan ia adalah admin toko, dan menginformasi barang yang dipesan sudah habis. O, OK. Awalnya admin menyatakan apakah ingin diganti dengan parfum lain saja. Hmmm, sudah muncul kecurigaan, penah mengalami yang seperti ini (barang habis) namun Pelapak tidak melakukan Japri melalui WA, hanya pesan dalam aplikasi Bukalapak. Dan jika habis, langsung tidak menunggu ini dan itu,uang dikembalikan.

Dalam pesan WA pun sudah saya sampaikan saya hanya ingin barang tersebut, kalaui tidak ada ya sudah kembalikan uang saja. Tidak ada balasan dari Admin.


Komplain BukaLapak


Dan tiba-tiba tanggal 17 November 2022, barang sudah dikemas dan dilakukan pengiriman dengan Buka Express sebagai jasa pengiriman. Namun hingga dua hari kedepan tidak ada aktivitas pengiriman (lokasi keberadaan barang) biasanya akan ada  notifikasi seperti ini “posisi barang sedang berada digudang hingga posisi barang sedang menuju tempatmu”. Dari Buka Express jadi tahu bahwa estimasi barang akan sampai di tanggal 19 November 2022.

Sampai dengan tanggal 26 November 2022, sudah dua kali menginformasikan kepada admin Buka Lapak, bahwa ada pengiriman barang namun belum terlacak posisinya dimana. Dengan santainya Admin selalu mengatakan sedang ditindaklanjuti dan membutuhkan waktu 3X24 jam.

Yang menjengkelkan saya.

  • 1.   Adminnya sepertinya ogah-ogahan menangani keluhan pelanggan terlihat dari fitur bukabantuan yang sedikit sulit mencarinya dan ketika terhubung  kendala jaringan selalu muncul, (ngefrezee tiba-tiba) padahal inet ga ada masalah,  hingga jawaban ala kadarnya;


  • 2  Mengapa juga membutuhkan waktu selama itu 3X24 jam, untuk barang yang dikirim dari kota yang sama (tidak ada pemberitahuan barang dikirim dari kota lainnya) dan jasa pengiriman adalah BukaExpress yang “katanya” masih kerjasama dengan buka lapak. Bukannya bisa langsung ditanyakan, itu barang sudah dikirim dan ada estimasi sampai lalu mengapa tidak sampai dan tidak bisa terlacak pengirimannya (Gitu aja sepertinya mereka kerepotan banget cari tahunya);


Komplain BukaLapak


Ya sudahlah biarlah ini menjadi pengalaman saya pribadi, mengalami kekecewaan terhadap layanan Bukalapak. Bertemu dengan Pelapak Nakal dan Admin yang tidak bersahabat sekedar menjawab alakadarnya.

Dan sudah mulai tidak nyaman belanja di ecommerce, mungkin sudah saatnya mengikuti saran teman, cari tahu harganya dan kalau bisa cari di toko offline aja. Hmmm idenya bagus juga.

Atau ini sudah saatnya meninggalkan BukaLapak dan beralih ke Lapak lainnya;

Salam Kecewa…..

 

 

Komplain BukaLapak

 

 

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar