Kebaktian di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Serpong.



Sumber Gambar dari Web Site GKI Serpong

Berawal dari mengantarkan keponakan kebaktian di GKI Serpong beberapa waktu lalu (karena beberapa teman sekolahnya adalah jemaat disana), sehingga ketika kami tinggal sementara di Serpong agak sulit untuk memutuskan ke gereja mana, kalau ke gereja rutin di JPCC Kota Kasablanka lumayan jauh atau gereja asal di Priok lebih jauh lagi. Daripada tidak kebaktian, maka pilihan dijatuhkan ke gereja sekitar dan terdekat. GKI Serpong pilihannya. Alamat persisnya berada di Kompleks Giri Loka 2 Jl. Gunung Merbabu Blok R,  BSD City Serpong, Telp (021)-5370366, Fax : (021)-5372125 Email : kantor@gkiserpong.org

Bulan Desember 2019 setidaknya hampir setiap minggu bahkan kebaktian Natal menikmati tata ibadah dari GKI Serpong. Kayaknya penasaran dengan GKI itu sendiri dan mencoba mencari tahu dan mengumpulkan informasi dari Wiki berikut catatan saya tentang GKI.

Gereja Kristen Indonesia  atau biasa yang akrab di telinga dengan sebutan GKI adalah sebuah kelompok gereja Kristen Protestan yang berdiri di Indonesia dengan kantor pusat berkedudukan di Jakarta. GKI sendiri merupakan salah satu gereja dengan Teologi Ekumenikal dengan denominasi Calvinis (salah satu aliran gereja).

Gereja ini juga merupakan anggota dari Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Dewan Gereja-gereja Asia (CCA), Persekutuan Gereja-gereja Reformasi Se-dunia/World Communion of Reformed Churches (WCRC) dan Dewan Gereja-gereja se-Dunia/World Communion of Churches (WCC).

Tentang GKI 

Pada mulanya, Gereja Kristen Indonesia terdiri dari tiga gereja yang terpisah, yaitu GKI Jawa Timur yang didirikan pada tanggal 22 Februari 1934GKI Jawa Barat yang didirikan tanggal 24 Maret 1940, dan GKI Jawa Tengah yang didirikan tanggal 8 Agustus 1945. Awalnya, ketiga gereja ini dikenal dengan nama Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee (THKTKH) yaitu gereja berbahasa Hokian. Gereja THKTKH di Jawa Tengah dan Jawa Timur didirikan oleh Zending dari Belanda (Nederlandsche Zendings Vereeniging) sedangkan di Jawa Barat diawali oleh penemuan sebuah Alkitab berbahasa Melayu oleh Bapak Ang Boen Swie pada tahun 1858. Baru pada tanggal 27 Maret 1962, ketiga gereja itu berusaha meleburkan dirinya menjadi satu wadah Sinode Am GKI. Usaha tersebut terwujud dengan ditandai oleh pengikraran satu GKI pada 26 Agustus 1988
.

Tata ibadah mereka juga tidak jauh berbeda dengan gereja kesukuan pada umumnya seperti HKBP untuk orang Batak, GBKP untuk orang Karo. Tata Gereja dan Tata Laksana GKI terdiri dari tiga bagian yaitu: Mukadimah, Tata Dasar, dan Tata Laksana. Mukadimah memuat dasar - dasar eklesiologi pada Tata Dasar dan Tata Laksana GKI. Tata Dasar memuat definisi GKI dalam bentuk peraturan dasar yang singkat, padat, dan tidak operasional. Tata Laksana memuat peraturan yang bersifat operasional dan terperinci, yang berisi: pengertian/ketentuan gerejawi, persyaratan gerejawi dan prosedur gerejawi. Dalam tata laksana juga dilengkapi dengan peranti gerejawi GKI agar persyaratan dan prosedur dalam tata laksana GKI dapat dipenuhi dan diwujudkan.

Setelah penelusuran ini saya menjadi tahu bahwa beberapa sekolah berafiliasi dengan GKI  sebut saja beberapa diantaranya mulai dari  BPK PENABUR yang mengasuh sekolah-sekolah di 15 kota di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Lampung. Adalagi Yayasan Pendidikan Kristen Saint John Jakarta, yang berada di bawah naungan GKI Bungur. (YPK Saint John di Jl. Bungur Raya, Jakarta Pusat, dan YPK Saint John di Jl. Kemuning Indah IV, blok HH. Harapan Indah, Kota Bekasi.) atau PPPK Petra yang mengasuh sekolah-sekolah di Jawa Timur. Beberapa Universitas diantaranya adalah Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) di Jakarta, Universitas Kristen Maranatha di Bandung.

Hmmm, berkebaktian di Gereja Kristen Indonesia sudah, jadi penasaran ingin mengetahui dan menikmati tata ibadah gereja denominasi lainnya. Penasaran juga apakah Gereja Kristen Indonesia ini ada afiliasinya juga dengan GKJ, Gereja Kristen Jawa, apakah tata ibadah mereka serupa.

Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih