SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

8 Hal Penting dalam menulis

Positif_Qoutes
Positif_Qoutes


Saat ini saya sedang asyik membaca sebuah buku karangan Prof Mudrajad Kuncoro, Phd berjudul tentang MAHIR MENULIS, buku ini berisi saran dan tips dalam mengembangkan keterampilan menulis.

Dan ada kiat yang menurut saya baik jika dibagikan seperti 8 hal yang harus dilakukan agar keterampilan , kualitas dan produktivitas meningkat :
  1. Menyediakan waktu khusus untuk menulis, Kita diharuskan untuk menyediakan waktu khusus untuk menulis, bisa disela sela kegiatan kita sehari - hari atau ketika tiba hari tidak bekerja seperti sabtu minggu dan hari libur.

  2. Displin dalam mengelola waktu, Kita diharuskan dapat menghargai setiap waktu yang ada.

  3. Menghargai waktu dan tidak menunda - nunda pekerjaan, menunda dalam menyelesaikan pekerjaan karena berfikir masih ada hari esok hanya akan menambah masalah baru. Mulailah menerapkan kebiasaan “jangan tunda sampai esok apa yang bisa kita selesaikan hari ini”.

  4. Kenali aktivitas harian, kita diharuskan membuat jadwal kegiatan harian kita, hal ini memungkinkan untuk kita mengetahui kapan waktu sibuk kita dan kapan waktu kosong kita.

  5. Mengerti prioritas, kita diwajibkan untuk membuat urutan kegiatan dari yang penting, sangat penting dan sangat mendesak, tidak penting dan tidak mendesak. Sangat mendesak dan sangat penting kita tempatkan dalam skala prioritas pertama untuk dikerjakan.

  6. Gunakan waktu dalam perjalanan, ini untuk orang - orang yang sering berpergian ke luar kota atau daerah tertentu. Sebab tanpa kita sadari banyak waktu yang dapat kita manfaatkan di sela - sela perjalanan kita.

  7. Berani tegas untuk berkata “TIDAK” untuk kegiatan - kegiatan yang bertentangan dengan pemanfaatan waktu secara baik. Hindari kegiatan - kegiatan yang tidak perlu seperti bergosip, membicarakan hal - hal yang tidak jelas artinya.

  8. Tanamkan tekad kuat untuk menjadi penulis sukses. dengan mengubah mind set kita :
    1. Kalau kita menganggap bahwa menjadi penulis sukses itu penting kita juga harus menganggap bahwa kegiatan menulis itu penting.

    2. kalau kita masih berkata “saya sibuk dan tidak ada waktu” hal ini perlu dipertanyakan ” apakah kita masih bertekad untuk menjadi penulis sukses atau tidak.” Maka tidak ada jalan lain ayao sediakan waktu khusus untuk menulis, jangan gunakan alasan apapun lagi.
Semoga 8 tips yang sudah diberikan Bpk. Prof Mudrajad Kuncoro, Phd ini bisa sama sama memotivasi dan dapat kita praktekan dalam kegiatan menulis ya. 

Dan pak Mudrajad sendiri mengatakan bahwa memang membutuhkan latihan secara terus menerus agar ketrampilan ini tidak hanya dipertahankan tetapi juga dapat ditingkatkan kualitasnya. Semakin sering menulis maka biasanya makin cepat kita menyelesaikan sebuah tulisan.

Salam...Hangat, Semoga bermanfaat
Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar