Jumat, 30 November 2018

Mendapatkan Penghasilan Dari Blog, Mungkinkah?






Dengan dilakukannya beberapa metode yang baru, akan mempercepat proses pendistribusian iklan. Semua akan berakhir dengan senang sesuai harapan. Publisher semakin cepat untuk mendapatkan iklan dan meletakkan di blognya masing-masing, sementara advertiser dengan produknya semakin mudah dikenal masyarakat luas.

Kegiatan nge-blog bagi sebagian orang dimanfaatkan untuk berbagi informasi, berbagi opini, atau ada juga yang hanya menjadikan jurnal harian atau lainnya untuk treatment healing. Terlepas dari itu semua kegiatan blogging memang positif dan memiliki ragam manfaat bagi pemilikinya. Blog sendiri terbagi lagi ada yang keroyokan macam detik.com atau kompasiana.com atau yang sekarang lagi marak bermunculan group-group kecil yang bersinergi membentuk platform media sendiri yang merupakan kumpulan dari blog-blog anggotanya.

Nah, level seseorang memulai nge-blog memang akan memiliki ragam dan alasan sendiri. Tapi berdasarkan pengamatan saya melalui beberapa kegiatan yang pernah dihadiri. Ngeblog sedikit mengalami pergeseran makna atau setidaknya memiliki jenjang berikutnya.

Kalau saya ibaratkan dunia musik, ngeblog juga terbagi menjadi Major Label dan Minor Label. Nah kehadiran blog ini ibaratnya Minor Label yang belum diolah. Mengapa demikian, pasti sebagian kalian bertanya (untuk yang nubie seperti saya pastinya)? Karena rupanya blog sederhana yang kita punya memiliki tingkatan berikutnya yang tidak hanya sekedar meluapkan perasaan melalui kata atau berbagi jurnal perjalanan atau berusaha berbagi opini kepada pembaca, tapi dari itu semua kita rupanya dapat menghasilkan sesuatu.

Memang sudah bukan barang baru, kalau penulis menghasilkan sesuatu dari tulisannya. Lah kalau blog kita yang tulisannya ala kadarnya, bagaimana bisa? Pada prinsipnya pembaca blog kita ada pelanggan kita, semakin mereka tertarik untuk berlama-lama di blog  semakin menghasilkan uang buat pemilik blog, nah inilah yang saya dimaksudkan diawal, memilliki blog mengalami pergeseran dari yang hanya sekedar tempat curhat sudah berubah menjadi tempat untuk mendapatkan berkat (uang).  Yang pasti juga akan memaksa kita untuk memperbaiki kualitas tulisan dan semakin mengarahkan kemana arah blog yang kita kelola.


Seperti bulan kemarin, Viva menggandeng Geniee membagikan ilmu kepenulisan yang bertujuan agar blog kita dapat menghasilkan sesuatu. Kalau tulisan sudah bagus tinggal mencari mesin pengiklan apa yang akan diajak bekerja sama?



Menghasilkan Uang Dari Blog, Mungkinkah?
Mungkin, dah, kalian bisa berhenti disini jika ingin mengetahui jawaban itu. Tetapi muncul pertanyaan-pertanyaan berikutnya, bagaimana dan seperti apa rupanya. Saya juga sebenarnya masih bingung-bingung tapi sekaligus menuliskan catatan ini saya mencoba menjajal juga bergabug dengan media yang ditawarkan oleh Geniee.

Ok, Geniee, mahluk apa itu? Ini dia salah satu tempat yang akan menawarkan kerjasama kepada para blogger. Viva sebeagai portal berskala Nasional saja sudah bekerja sama dengan Geniee. Geniee.id sendiri sudah hadir di Indonesia sejak Tahun 2015 lalu dan berasal dari Negara Jepang.

Geniee ini nantinya yang akan menjadi penghubung anatara blogger sebagai publisher dan perusahaan pemasang iklan.




Mas Yulius Agus, Chief Operating Officer dari Geniee.id memberikan penjelasan bahwa publisher (seperti blogger atau content creator lainnya seperti youtuber) yang sudah tergabung bersama Geniee dapat memonetize (istilah untuk menayangkan iklan dan menghasilkan uang dari iklan tersebut)  langsung setiap content yang sudah ditayangkan dalam blog masing-masing.


Sementara keuntungan buat Advertiser (perusahaan atau orang yang hendak memasarkan produk mereka melalui iklan) yang menempatkan iklannya di Geniee, sudah langsung tersebar ke publisher yang ditargetkan.

Tampilan Webnya Geniee.id


Selama ini saya sendiri hanya tahunya google adsense dan belum pernah tembus masuk kesana (heloo … maklumlah blogger nubie) sempat kepikiran juga apakah akan sesulit masuk google adsense. Ternyata setelah berkomunikasi dengan admin Geniee hanya diminta untuk melampirkan google analytics bulan terakhir dan nanti di pandu bagaimana-bagaimananya.

Oh iya sementara itu juga Geniee adalah partner resmi dari Google, ini seperti sekali mendayung dua pulau terlewati ya. Dan ini akan memudahkan konsultasi bagi para publisher dengan google adsense.

Media Manager Geniee, Yudha Satrya menegaskan bahwa untuk penempatan iklan nantinya diblog, biasanya publisher yang datang untuk berkonsultasi dengan pihak Geniee. Dan Geniee sendiri menyarankan bagi pengiklan untuk tidak meletakkan iklan yang bertentangan dengan penerbit.

Dengan dilakukannya beberapa metode yang baru, akan mempercepat proses pendistribusian iklan. So, semua akan berakhir dengan senang sesuai harapan. Publisher semakin cepat untuk mendapatkan iklan dan meletakkan di blognya masing-masing, sementara advertiser dengan produknya semakin mudah dikenal masyarakat luas.



Lalu hal apa yang harus dilakukan berikutnya.
Daftarkan blog kalian yang hendak di monetize, banyak-banyaklah berkonsultasi dengan team dari Geniee ikuti saran yang mereka berikan plus jangan lupa tingkatkan kualitas dalam menulis.


So, saya juga masih belajar untuk memonitize blog (mendapat sesuap nasi dari blog yang dimiliki). Tidak mudah memang tapi dengan hadirnya Geniee setidaknya membantu saya memahami dan menyederhanakan dunia pemasangan iklan dan lika-liku industri periklanan itu sendiri.

Form pendaftaran Geniee.id


Geniee.id sendiri bukan yang pertama dan bukan yang utama, tapi kehadirannya membantu memudahkan semua pihak, baik publisher, advertiser hingga ke end user (penikmat produk dan iklan yang diberikan).

Ini adalah langkah berikutnya dari yang hanya sekedar menulis dan mulai mendapatkan hasil yang manis.

Selamat berkarya. (edisi menyemangati diri sendiri)
















Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: