Sabtu, 13 Februari 2016

Upaya SMESCO mendorong generasi muda aktif di kewirausahaan

Galeri Indonesia WOW SMESCO

"Mau kemana?“ tanya seseorang,  Ke gedung SMESCO, jawab yang lain. Ada acara kawinan siapa, lanjut yang lain. 

Itulah sekelebat kata yang berhubungan dengan SMESCO. Beberapa termasuk saya identik dengan gedung SMESCO adalah gedung perhelatan sebuah acara. Masih banyak yang belum tahu kalau SMESCO itu tidak hanya sebuah gedung untuk melakukan sebuah kegiatan. Tetapi didalamnya adalah MINIATUR PRODUK UNGGULAN DARI SELURUH INDONESIA. 


Kalau mau tentang budaya Indonesia datanglah ke Taman Mini Indonesia sementara kalau mau tau Produk Unggulan Indonesia datangalah ke SMESCO. Gedung yang terdiri dari 15 lantai ini sudah diisi perwakilan dari 34 provinsi  yang ada di Indonesia.  Semuanya menawarkan dan menampilkan produk-produk unggulannya. 

padatnya siswa dan mahasiswa hadir di SMESCO

Sementara itu demi menarik pengunjung yang tidak hanya menawarkan produk unggulan saja, SMESCO melakukan berbagai daya dan upaya salah satunya dengan mengadakan berbagai event-event menarik dan mendidik. Jumat dan Sabtu 12-13 Februari 2015 SMESCO mengadakan “Sound Project”. Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP KUKM) Kementrian Koperasi dan UKM mengajak generasi muda (youth), Perempuan (women) dan pengguna internet (netizen)  utnuk terlibat langsung di kegiatan kewirausahaan khsusnya industri kreatif dengan memanfaatkan Galeri Indonesia WOW.

Bedanya acara 2 hari, Jumat dan Sabtu selain menampilkan produk unggulan yang biasa  buka setiap harinya dari jam 09.00 Pagi hingga 19.00 malam,  ditampilkan juga Industri Kreatif di bidang music. Tentunya melibatkan anak-anak muda kreatif.

Sekilas pesan dari Pak Ahmad Zabadi adalah agar Event ini adalah media bagi para generasi muda untuk mengenal lebih dekat dengan produk UKM  yang di promosikan di Galeri Indonesia WOW. Selain itu harapannya dengan media seperti ini akan menumbuhkan semangat berwirausaha bagi generasi muda melalui industri kreatif dibidang music yang biasa kita kenal music preneur.
 
Saya sendiri hadir dalam pembukaannya Jum'at kemarin,  Pak Agus Muharam selaku Sekretaris dari SMESCO mengingatkan anak muda yang hadir (kisaran 300-400 siswa SMA) untuk meramaikan dan membangkitan industri kreatif. Lakukan 5 hal dibawah  secara berkesinambungan niscaya ke depan bangsa kita akan menjadi bangsa dengan produk unggulan yang luar biasa banyak dan dapat dibanggakan.

1. Creativity (Ciptakan Kreativitasmu)
2. Opportunity (Denga kreativitas akan membuka peluang usaha)
3. Productivity (Peluang usaha yang ada menciptakan produk-produk unggulan)
4. Profitable (Produk unggulan akan mendapatkan hasil yang baik)
5. Reinvestment (Hasil yang baik dikembalikan untuk mengembangkan usaha agar lebih baik)

Pembukaan Sound Project SMESCO

Pak Agus berpesan juga agar generasi muda sebagai generasi penerus dapat memanfaatkan SMESCO sebagai rumah ke duanya. Jadikan SMESCO RUMAHKU.


oo00oo
Selesai dengan sambutan dari pak Sekretaris, acara di lanjutkan ke lantai 2 Bincang Ssik. Mereka menyingkatnya menjadi BISIK.Smesco berusaha menciptakan generasi muda yang memiliki kreativitas tinggi dan berani berwirausaha. Tema yang diusung 2 hari ini adalah  Datang... Belajar.. Manggung.

Pak Ahmad Zabid berdiskusi dalam acara BINCANG ASIK

Pak Ahmad Zabidi dalam Bincang Asik menekankan bahwa SMESCO itu  rumahnya Koperasi dan UKM. Fokus utamanya adalah upaya penyediaan fasilitas bagi produk unggulan Indonesia. 
Kalau hendak mengenal budaya Indonesia datang ke Taman Mini tapi kalau mau kenalan dengan produk-produk unggulan  Indonesia datang ke SMESCO.

Setidaknya sudah ada 58.000 produk UKM Indonesia yang ditampilkan. Biasanyayang ramai berkunjung adalah  para diplomat yang hendak berangkat ke luar, mereka dihadirkan disini demi mengetahui produk-produk lokal yang jadi ungulan. Tentunya semua informasi ini mereka bawa agar pihak asing tahu dan mau berkunjung ke negara kita.

Produk Unggulan dari Papua di SMESCO
Unik dan nyentrik dari Papua  ada di SMESCO


Upaya lainnya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan (workshop) yang didampingi para ahli (experts) agar menciptakan produk unggulan. Disiapkan juga fasilitas pendukung lainnya seperti mesin yang dibutuhkan dalam membuat sebuah produk.

Panggun BISIK Yang dibuat permanent
Panggung juga dibuat permanen agar setiap minggu di jadikan ruang belajar bagi mahasiswa dan dosen yg ingin berinteraksi.

Bahkan tempat meeting juga disediakan agar para pelaku usaha dapat bertemu dan melakukan transaksi tentunya dengan fasilitas sederhana.

Smesco hadir dengan perubahan galeri Indonesia Wow. Demi mengembangkan usaha (bussiness) lokal Indonesia. Jadikan Smesco inkubator para UKM. Bagi para perguruan tinggi jadi smesco sebagai laboratorium besar untuk menimba ilmu enteprenur.


oo00oo
Kegiatan SMESCO SOUD PROJECT yang di gelar dua hari dilaksanakan dilantai dasar dan lantai 2 Galeri Indonesia WOW. Beberapa acaranya adalah :
  • 1. Fashion SHow yang digagas  komunitas Hijabers  
  • 2. Coaching Clinic Bass, Demo Clinic, dengan tema "Construction Band Equipment" (BISIK, Bincang Asik)
  • 3. Stomb Performance
  • 4. Sahabat Anak Performance
  • 5. Stand Up Comedy
  • 6. Band Competition
  • 7. Lomba Desain Logo 
  • 8. Workshop musik dengan tema "Music & Trend"

Detil acara Sound Project
Diundang juga  para pelajar dan mahasiswa pecinta dan pegiat musik yang aktif di sekolah musik Farabbi dan Kita Anak Negri.

Selain itu ada juga penandatangan MOU antara LLP-KUKM dengan perguruan tinggi, sebelumnya sudah  ada 20 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta  yang menandatangi  MOU "Pemanfaatan SMESCO sebagai laboratorium Kewirausahaan" (sekolah kalian sudah belum?)

Nah, sekarang sudah bertambah 4  Perguruan Tinggi  dan Sekolah Menangh yang berbagung dengan SMESCO demi menumbuhkan semangat Wirausaha ke generasi muda. 

Harapannya SMESCO  selain mencapai target 1000 pengunjung dalam acara  ini yaitu bekerja sama dengan Perguruan Tinggi dan sekolah menengah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan secara mandiri termasuk juga perkuliahan bidang kewirausahaan. 

So... belum ada kegiatan di SABTU hari ini.. Kunjungi SMESCO aja. ...
DATANG... BELAJAR... MANGGUNG.... )  

Nasi Bali salah satu pilihan cocok untuk makan siang di SMESCO

Saya sempat membeli kopi sachet ACEH di SMESCO

 SMESCO juga ada dunia maya 
email   : humas@smescoindonesia.com
twitter : @smescoindonesia
IG      : smescoindonesia
FB     : smescoindonesia

12 komentar:

  1. Kemarin aku juga lg ada di smesco lantai 14 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. acara yang sama atau berbeda mba oline :)

      Hapus
  2. Wah keren acaranya. Jadi pengen ke smesco :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren mas.. kalau ada waktu mampir ke Smesco ya :)

      Hapus
  3. Bagus nih acara buat anak muda, apalagi yang punya kreatifitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas.. bagus banget.. baik yang kreatif ataupun engga... yang kreatif datang kesini makin kreatif.. sementara yang belum kreatif.. akan terpacu untuk kreatif mas :)

      Hapus
  4. keren banget nih acara, mantaaap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas.. banyak pesan dan ilmu yang bisa didapat dari acara ini :)

      Hapus
  5. patung koteka papuanya kocak :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dibawa dan dibuat dari papua langsung loh mas randi.... :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih