Jumat, 05 Februari 2016

Petualangan Dhaca bocah Kedahlu (Resensi Niburu dan Negeri Atlantis)




Secara keseluruhan Nibiru dan Kstaria Atlantis memberikan cerita dengan detil kuat, tapi menghibur tidak lupa ada keseruan didalamnya. Dibalik itu diselipkan kisah haru latar belakang Dhaca yang tidak jelas, membuat sediikit  “baper” bagi yang membacanya.
 
Buku ini terbilang tidak baru, cetakan pertamanya saja di tahun 2010. Tapi tetap saja mengikuti kisah Dhaca Suli ada keunikan tersendiri.

Isinya dari buku fantasi ini sendiri mengenai (Pugabha) Penguasa-penguasa alam yang memiliki berbagai kemampuan, sebut saja Pugabha Pesam yang  menguasai ilmu kebal, Pugabha Sutha ahli dalam menguasai kekuatan raksasa. Masih ada 5 kekuatan lainnya dari total 8 Pugabha yang diceritakan dalam buku Nibiru dan Ksatria Atlantis. 


Dhaca Suli bocah ingusan yang tidak memiliki kemampuan apa-apa, terlahir dari sebuah suku terpencil di Selata Suku yang memiliki kemampuan Pugabha kasar. Berbeda dengan suku Utara yang rata-rata memiliki kemampuan menguasai salah satu dari delapan Pugabha.

Uniknya disini, Tasaro GK menceritakan secara detil kehidupan di sebuah pulau antah berantah dengan lengkap dengan mata uang kedhap-nya dan Intrik petualangan yang menarik. 

Saya diajak berputar-putar dengan kehidupan Dhaca Suli, Sosok Nenek renta yang kerap menemani Dhaca dan membimbing bocah ingusan tiba –tiba berubah menjadi sosok yang jahat. 

Sebenarnya Dhaca tidak sendiri, ia didampingi dengan teman-temannya ada Sothap dengan kemampuan kebalnya, Nyithal dengan tenaga raksasanya dan Muwu (sosok bodoh) yang memilliki 2 kemampuan Pugabha. 


***
Arti Dhaca Suli sendiri adalah raja diatas bumi, ia diwarisi sebilah pedang (sebutannya Pedhib) bayangin keris dengan enam lekukan. Dhaca yang bodoh sudah beberapa kalli tidak naik kelas. Meskipun tingkatan kelas di Kedhalu hanya ada 4 tetap saja ia menjadi yang paling bodoh.

Tapi siapa sangka kebodohannya ini yang memacu semangatnya untuk mencari jati dirinya. Siapa ibunya? Muya Suli yang konon kabarnya bukan penduduk asli dari Kedhalu. Dengan Sabuk Lunez peninggalan sang Ibu Dhaca banyak belajar. Rupanya bukan pula sabuk Lunez yang akan selalu menemani perjalanan hidupnya nanti. Sabuk Lunez akan mencari siapa pemiliknya sebenarnya?

Sementara Negeri Kedhalu sendiri mendapat ancaman yang berulang setiap 5013 tahun. Selubung pengaman yang dibuat untuk melindungi Kedahlu tidak mampu menahan serangan itu.

Ramalan kehancuran kedhalu sudah diberitahukan oleh Bhupa Supu nenek renta yang memiliki banyak pengalaman.

Kehancuran Kedhalu hanya dapat dihentikan oleh raja Solux. Sebab dahulu kala raja Solux mampu melindungi beberapa negeri selain kedhalu, ada kerajaan Plugos, Marte, Vernet, UR, Meror, Tergog, Saternates dan ada beberapa lainnya (urutan namanya seperti ururtan nama planet yang diacak ya).

Siapa yang akan menyangka bahwa bocah ingusan dan bodoh Dhaca suli dan temannya akan mendapat tugas maha penting demi menyelamatkan Kedhalu.

Eits… tapi sang raja yang awalnya sempat meragukan Dhaca bagaiamana juga kabarnya?

Dhaca yang merupakan titisan dari sosok mahluk jahat yang menghancurkan Kedhalu tapi Dhaca juga yang menyelamatkan Kedhalu. Kok bisa ya?

Membaca buku fantasi karya Tasaro GK ini ringan dan tidak berbelit-belit. Langkah awalnya, kita harus mengingat  4 tokoh cilik utamanya, kemampuan-kemampuan Pugbha yang mereka miliki. Daerah mereka tinggal.

Lalu gabungkan dengan bayangan cerita silat zaman-zaman kuno (seperti Brama Kumbara (saur sepuh, maksudnya), bedanya tokoh jagoannya kecil). 

Benak saya ketika menyelesaikan buku setebal 692 halaman ini sering “berlarian” gabungan antara ingatan Harry potter dengan cerita silat klasik campur dengan kemapuan detektif-detektifan.

Secara keseluruhan Nibiru dan Kstaria Atlantis memberikan cerita dengan detil kuat, tapi menghibur tidak lupa ada keseruan didalamnya. Dibalik itu diselipkan kisah haru latar belakang Dhaca yang tidak jelas, membuat sediikit  “baper” bagi yang membacanya.

Lalu bagaimana nasib Kedahlu setelah Dhaca tahu ia memiliki kemampuan Jahat yang baik? Bagaiamana juga rencana Dhaca untuk mengikuti kelas percepatan? Banyak cerita yang tidak diduga dan disangka.

Sekilas tentang Buku NIBIRU dan Kstaria  Atlantis :
Pengarang : Tasara GK
Penerbit    : Tiga Serangkai
Tahun       : 2010
ISN         : 978-979-084-346-2
Halaman  : 690 Halaman (kira2 3-4 hari selesai bacanya)
Harga      : Rp.66.300,- versi kutu buku.com ya




6 komentar:

  1. Mas, kalau saya ingin beli buku yang di atas, itu pemesanannya gimana?

    BalasHapus
  2. mungkin mas Muhammad Syafiq Syauqi bisa memesan di Gramedia.com

    BalasHapus
  3. 690 halaman, lumayan banyak ya mas :)
    saya udah jarang baca novel petualangan sejak tamat narnia...
    kalo lord of the ring n harry poter malah ga pernah tertarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya berangkat dari novel seperti itu mas.. sekarang baru beranjak ke yang lebih berat seperti Pramudya Ananta...

      Hapus
  4. Noted! Jadi buku selanjutnya yg bakal dibaca nih...

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih