Kamis, 21 Januari 2016

Pesona Pantai Pandawa yang menggoda



Lokasi yang tidak jauh dari Nusa Dua Bali dan berdekatan dengan lokasi Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan Lokal dan Mancanegara.

Pantai Pandawa sedang naik daun dan hangat dibicarakan.  Eksotisme dan keindahan yang di berikan masih segar dan menghibur mata. Pokoknya saat ini yang berkunjung ke Pulau Dewata HARUS mengunjunginya. 

Dulu kawasan Pantai Pandawa dikenal dengan nama pantai Penyekjekan, perubahan nama Pandawa sendiri dilandasari dari spirit dan kisah pengasingan Panca Pandawa selama 12  tahun di goa Gala-gala. Kisah ini sejalan dengan perjuangan masyarakat adat Kutuh selama kurun waktu 1997 sampai 2010 membelah tebing untuk melepaskan diri dari keterpinggiran dan keterasingan kehidupan. 


Suasana Pantai Pandawa dea adat Kutuh
Semenjak tahun 2012 kawasan ini dinyatakan sebagai kawasan wisata dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Harapan kedepannya adalah semoga spirit Pandawa yang telah menyinari kehidupan masyarakat adat Kutuh dapat bermanfaat bagi dunia.

Pantai Pandawa menurut informasi Wikipedia  adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai yang terletak di balik perbukitan ini sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach) mungkin karena letaknya yang agak sedikit tersembunyi.

Tebing besar yang mengapit Panyai Pandawa
Di sekitar pantai  terdapat dua tebing yang  besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. 

*****
Lokasi yang tidak jauh dari Nusa Dua Bali dan berdekatan dengan lokasi Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK)  membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan Lokal dan Mancanegara. Dan memang lokasi Pantai Pandawa sudah sangat Instable banget. Banyak spot yang bagus untuk di abadikan dalam bentuk gambar. 

Parkiran Pantai Pandawa
Pantainya sendiri masih sangat jernih dengan  gradasi warna biru dan hijau yang dominan. Sekilas mata memandang dari kejauhan pasti ingin mencoba langsung merasakan hangatnya air Pantai Pandawa.

Dengan segala keindahan yang ditawarkan pastinya akan berfikir, wah jangan-jangan harus merogoh kocek lebih dalam supaya  dapat masuk menikmati  pantai Pandawa. Tenang.... Januari 2016 harga tiket yang dikenakan per orangnya  Rp. 8.000,- (delapan ribu rupiah) iya.. Cuma lapan ribu perak, ditambah kendaraan Rp.5.000,-  masih terjangkau kan.

Saya beserta keluarga besar rela berpanas-panas ria demi mendapat dokumentasi yang baik. Ada beberapa spot yang disediakan untuk mengambil dokumentasi. Bahkan kami menunggu sekitar 2 jam demi menunggu Matahari tidak terlalu terik lagi sinarnya.

Memang suasana pantai yang terik sedikit membuat tidak nyaman. Tetapi ditingkahi keramahan para pedagang sekitar dan pemandangan yang Indah setidaknya membuat rasa toleransi muncul.

Lalu apa yang bisa kita lakukan di sana :

  • Dokumentasikan semua keindahan yang mampu di pandang mata ke semua penjuru.

  •   Berenang, nikmati segar dan asinnya air laut Pantai Pandawa.

  • Bermain Kanu, perahu kecil yang  didayung dan dapat menampung 2-3 orang dewasa. Untuk harga di kenai Rp. 50.000,-/jam

  • Menikmati kelapa muda yang dibanderol Rp.20.000,- (dua puluh ribu rupiah yak...) perbuahnya.

  • Menikmati secangkir kopi sacchet dengan harga Rp.5.000,-

  • Atau hanya menikmati suasana dan pemandangan yang ada sambil berbincang-bincang dengan kerabat,

Di pantai Pandawa waktu akan terasa sangat cepat berlalu, 1 jam akan terlalu sangat cepat di sini. 

Beberapa kerabat menyebut Pantai Pandawa ini dengan sebutan “Hawainya Indonesia”. Semoga kedepannya kecantikan Pantai Pandawa tetap terjaga bahkan ditingkatkan lagi. Biar seluruh dunia sadar ada pantai terindah ada sekitaran Kuta selatan.

CAHAYA PANDAWA DARI KUTUH UNTUK DUNIA.

Berikut dokumentasinya yang tertangkap Kamera Andromax saya :)
Tebing Menuju Pantai Pandawa
Pantai Pandawa dari atass tebing


Suasana Pantai dengan Bacckground perahu Kanu
Sunset di Pantai Pandawa

Banyak spot yang bagus untuk di dokumentassikan



Gerbang masuk Pantai Pandawa



Tiket Masuk menuju Pantai Pandawa


Jembatan menuju Pantai Pandawa



Petugas yang melakukan pemeriksaan di  Pantai Pandawa


Pantai Pandawa menatap ke  atas tebing


Berikut Pandawa Dalam VIDEO
  

18 komentar:

  1. Wah, jadi pengen ke Bali. Kira-kira kapan, yah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien .. saya doakan dalam waktu dekat ini ya... :)

      Hapus
  2. Wahhh ....pantainya cantik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cantik banget mba Kurnia... semoga kecantikannya bertahan lama ya :)

      Hapus
  3. Amajing sekali pemandangannya, semakin tersepona dengan wisata ke Bali.
    Semoga bisa segera ke sana ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien.. saya doakan lae Horas kesana dalam waktu dekat ya :)

      Hapus
  4. jalanan di Bali bersih banget ya mbak, jadi lebih nyaman perjalannya. di deket rumahku sih ada pantai cuman agak kotor jadi males aja ke sana. kalo di luar Jawa kok sepertinya cantik-cantik banget Pantainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benr juga ya.. Pantai di luat jawa kok rata2 lebih cantik di banndingkan di pulau jawanya sendiri..:)

      Hapus
  5. View dekat tebing itu bagus menurutku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas..menurut saya juga bagus.. Makanya saya abadikan ...

      Hapus
  6. Wah bisa dijadiin tujuan wisata kalo Ke Bali lagi neh. Salam kenal Mas, every day is holiday ya di Bali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mas ihwan.. Bener mas everyday is holiday di bali...

      Hapus
  7. cantik pantainya,diliat dari tebing jalan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ahmad.. Seperti masih bagus.. Dan pengunjungnya juga masih jarang... Jadi masih bersahabat...

      Hapus
  8. akhir tahun lalu sempat ke pantai ini... salut ut pemerintah Bali yang memang serius membangun pariwisatanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bali selalu serius membangun pariwisatanya bang day...semoga ini dicontoh daerah2 lainya ya bang

      Hapus
  9. Wah sayang banget waktu itu enggak mampir kesini. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti harus ke Bali sekali lagi mas.... :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih