Selasa, 13 Oktober 2015

Road Show Motivasi dari Tokopedia


Butuh 2 tahun dari ide hingga menjadi Tokopedia. Tokopedia konsepnya seperti sebuah kota. Yang jualan bisa datang dari berbagai kalangan.  Tokopedia fokus kepada solusi, Tokopedia gratis. Bangun ekosistem dengan pihak perbankan. Rangkul sebanyaknya orang masuk ke dunia online.
 
Beruntungnya saya diundang Tokopedia. Setidaknya membuat lebih kenal dengan Tokopedia. Secara selama ini hanya mendengar gaung kebesaran namanya saja.

Awalnya yang ada dipikiran, palingan hanya sekitar 50-100 orang yang akan hadir dalam acara roadshow kali ini. Melihat besarnya ruangan sepertinya lebih dari 200 orang dech. 

Ciptakan peluangmu, tagnya Tokopedia.  Roadshow sendiri dimulai tahun 2014, tahun ini setidaknya akan hadir di 10 kota besar. Tunggu acaranya di kota kalian ya.

Acaranya sendiri didukung oleh JNE, Smarfren, Bank Mandiri dan Bank BNI.
 ***
Perwakilan dari Bank Mandiri mengenalkan program jagoan mereka. Dengan mengusung tagline, Save today, Earn for tomorrow. 

Diilustrasikan ada  pengusaha yang tiba-tiba jatuh miskin. Kenapa? Karena tidak pandai mengelola kekayaan yang dimiliki. Mengapa tidak pandai, beberapa penyebabnya adalah haus kekuasaan karena ikut pilkada, gaya hidup tinggi, tidak sebanding antara pendapatan dengan pengeluaran, investasi yang salah.

Saat ini sebagian kita dituntut untuk mengalokasikan dana ke instrumen investasi yang tepat. Salah satunya adalah asuransi. Yang mengalihkan resiko yang akan dihadapi kepada pihak lain.

Never depend on single income make investment. Waren buffet pernah berujar.

Ki-ka Wiliam, Rizky, Alif, Arie Kriting dan Kemal

***
William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia. Jadi wirausaha awalnya karena kepepet. Kenapa dibuat Tokopedia, idenya sendiri muncul di tahun 2007 meskipun Tokopedia Tahun 2009 baru resmi berdiri. 

Berawal dari adanya  kerabat yang datang minta dibuatkan toko secara online. Meskipun pada saat itu sudah banyak, hanya saja konsepnya masih iklan baris. 

Butuh 2 tahun dari ide hingga menjadi toko pedia. Tokopedia konsepnya seperti sebuah kota. Yang jualan bisa datang dari berbagai kalangan.  Tokopedia fokus kepada solusi, Tokopedia gratis. Bangun ekosistem dengan pihak perbankan. Rangkul sebanyaknya orang masuk ke dunia online.Karena Indonesia kepulauan yang memiliki masalah infrastruktur.

Service tetap harus diutamakan. Kompetitor itu dibutuhkan. Tanpa kompetitor tidak akan ada inovasi.
Pencapaian terbesar  William adalah senang terlibat dalam perjalanan Tokopedia. 

Moto hidupnya "bermimpilah setinggi langit jika engkau jatuh pastinya diantara bintang-bintang".  Sama seperti yang pernah ducapkan Proklamator kita dahulu.

Bermimpi dengan mata terbuka. Apa yang kamu lakukan harus konsisten dengan apa yang diceritakan.

***
Alif Sutanto, blogger sekaligus penulis buku juga berbagi pengalamannya. Ia sudah membuat blog sejak tahun 2006. Ia sendiri menyadari bahwa memang ia sosok yang suka bercerita. Semua ceritanya dirangkum dalam laman www.nynyu.com atau di www.shitlicious.com. 

Ia menyadari sesuatu hal yag tidak enak terkadang memiliki nilainya sendiri.Dulunya Alif penulis diary juga. Tahun 2009 baru ada yang menyarankan untuk diterbitkan. Awalnya sempat ragu, apakah akan laku? Apakah akan ada yang baca? 

Pesan Alif selaku Blogger salah satunya adalah membangun Self branding. Komunikatif dengan calon konsumen (pembaca). Bangun personal branding dari social media. Joke-joke sehari-hari dikampus sering tayang di twitter dan socmed. Ini yang membuat alif naik pamornya.

Saat ini bukunya sudah difilmkan. Alih yang menutup dengan Moto hidupnya, ketekunan akan membuahkan hasil dan kita tidak bisa memilih dilahirkan dari keluarga kaya atau miskin tapi bisa memilih masa depan kita sebagai siapa.
Roadshow didukung oleh.........

***
Rizky salah satu pengusaha yang terbilang berhasil di Tokopedia. Mengamini ucapan Alif. Ia menambahkan bagaimana mengambil trust dari orang, dan itu merupakan salah satu hal yang penting?  

Lulus sma  Risky menjadi seorang pengangguran. Satu tahun setengah tidak mendapat kerjaan. Bahkan semua peluang yang ada diambil, pengamen, jaga pulsa, mulung dan lainnya. 

Tidak Ia pungkiri sang Ayah yang awalnya manager perusahaan tetapi mengalami kebangkrutan. Saat itulah, titik awal kerja keras. Sempat kecewa dengan Tuhan. Sampai suatu ketika ia dengar ibunya sholat. Semua doa dipanjantkan untuk kebaikan dirinya. 

Sampai ketika ada yg menawarkan kerajinan tanah liat. Ini cikal bakal usahanya. Awalnya Rizky ngemper-ngemper di Car Freeday sampai ke sekolah-sekolah. Hingga tiba saatnya ada kesempatan untuk masuk ke sebuah mall di bogor dan semuanya menolak produk yang ditawarkan.  Benar. Kepercayaan sangat diperlukan. Terlebih ketika menekuni dunia usaha. 

Selain penampilan, gadget dan kendaraan masih dijadikan tolak ukur keberhasilan dan membantu meningkatkan kepercayaan diri. 

Tangkap peluang yang ada, saat itu ahok sedang ribut-ribut haji lulung. Manfaatkan meme yang sedang jadi trend.

Pesannya Rizky, nikmati setiap proses dalam berbisnis dan pelajari. Harapan dan impian yang dapat dicapai adalah hal positif yang dapat diceritakan.

Narsis bareng Arie Kriting :)



***
Arie kriting, Artis Standup Comedy. Menambahkan, semuanya sama dalam berjuang. Arie juga yang merupakan perantauan sempat menunda kuliah hingga 4 tahun. Ia menuturkan bahwa kesulitan hidup adalah tabungan hidup masa depan yang lebih baik. Dulunya Arie adalah sosok yang cenderung pendiam dan galak.
Awalnya kenal dengan standup juga tidak sengaja. Inilah yang membuat Arie banyak berubah.

Gagasan untuk mengenalkan Indonesia timur menjadi tonggak untuk terjun ke stand up comedy. Awalnya cafe ke cafe, awalnya hanya dibayar makan.  Belajar terus menerus, lakukan persiapan dengan baik temukan materi baru yang segar agar penonton tidak bosan. Niscaya pasti berhasil.

Saat ini dunia hiburan mengenal orang timur masih banyak yang negatif. Misi Arie yang masih ia kejar hingga saat ini adalah merubah stigma orang timur yang keras. Terlebih Moto hidupnya adalah jangan menilai orang dari luar, biar kulit gelap asalkan jiwa terang.

Narsis lagee sebelum pulang



***
@smartfrenworld #GoForIt #TopedJKT15

14 komentar:

  1. Mantabh Bang. Belajar langsung dari para ahlinya ya. :D
    Saya gak tahu ada acara ini akibat lama gak buka group. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bro dani... Belajar dari ahlinya... Saya juga kebetulan dikirimi email.. Ya sudah. . Meluncur..

      Hapus
  2. Semoga roadshow tokopedia sampai di Makassar juga biar bisa nyerap ilmunya.

    BalasHapus
  3. gencar banget nih tokopedia ngiklan-ngiklannya! ada di mana-mana deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mas ulu,,, sepertinya mereka ON FIRE :)

      Hapus
  4. Keren nih mas acaranya... :D Sayang gak ketemu langsung pas di sana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi saya sempat liat twitternya mas Febriyan di monitor lebar di depan :)

      Hapus
  5. Wah suka dengan quote-quotenya. Thank you Mas sudah berbagi. :)

    BalasHapus
  6. Acara paling gokiiill niiihh, di tambah ada stand up comedynya huhuuu
    ari untuk itu kita orang dari timur ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... ari kriting.. emang kocak n gokil abizzz... :)

      Hapus
  7. Mantap bang, bisa belajar langsung. Saya suka dengan kalimat ini bang "jangan menilai orang dari luar, biar kulit gelap asalkan jiwa terang".

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bro.. saya juga suka dengan kalimat itu :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih