Senin, 06 April 2015

Alarm Mobil Bermasalah

Sumber Gambar
Alarm Mobil kita bermasalah, jangan buru-buru panik, lakukan pemeriksaan sederhana dan mudah, setidaknya pemeriksaan membantu kita untuk  memastikan bagian mana dari alarm mobil kita yang bermasalah. 

Alarm mobil termasuk salah satu fungsi yang cukup vital dalam berkendara. Dan jika terjadi masalah pastinya akan mengganggu. Memang sich tidak diperlukan perhatian dan perawatan berkala untuk alarm mobil. Hanya jika sudah tidak berbunyi, tinggal datang ke tukang spesialis alarm, ganti baterai dan selesai. 

Biasanya untuk alarm-alarm bawaan mobil akan lebih tahan lama dari pada alarm yang bukan bawaan ataupun alarm yang sudah dirubah atau dimodifikasi. 

Untuk perangkat alarm itu sendiri terbagi 2, ada bagian yang menempel di kendaraan seperti horn (pluit) biasanya berbunyi jika ada yang mencoba masuk ke kendaraan kita, atau perangkat yang menempel di setiap pintu. Ada juga bagian yang terpisah yaitu tombol remote alarm, biasanya berfungsi untuk membuka (unlock/lock) kendaraan dari jarak tertentu.

Untuk urusan yang menempel dengan kendaraan sebaiknya lebih ekstra hati-hati, tetapi untuk remote yang setiap harinya kita berhubungan, harus kita perhatikan dan berikan perawatan khusus. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti :
  1. Jangan pernah meletakkan sembarangan remote alarm, selain untuk mencegah hal-hal jahat terjadi, juga mencegah kelupaan dan ataupun kehilangan remote alarm.
  2. Berikutnya adalah jangan sekali-kali meletakkan berdekatan dengan zat cair, hal ini untuk menghindari remote ketumpahan zat cair.
  3. Jangan pernah meletakkan remote alarm dekat dengan suhu yang tinggi, kebanyakan remote terbuat dari unsur plastik, suhu tinggi akan menyebabkan bahan remote mencair.
Alarm Mobil Toyota Grade Setelah di buka.
Nah itu tadi beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah kerusakan terhadap remote. Tetapi jika remote tetap bermasalah ada baiknya beberapa hal ini dilakukan terlebih dahulu sebelum dibawa ke bengkel spesialis alarm.
  • Pertama adalah melakukan pemeriksaan fisik baterai apakah ada karat atau bekas "ketumpahan" cairan. Lakukan pembersihan sederhana, bisa dengan kain lap atau kain majun biasa.
  • Pastikan juga usia baterai, apakah memang sudah seharusnya diganti atau belum.
  • Lanjutkan dengan pemeriksaan jalur-jalur di papan sirkuit alarm, bersihkan kembali dari karat dan bekas-bekas cairan. Teman saya menyarankan melakukan pembersihan dengan minyak kayu putih, untuk yang ini sebaiknya dikonsultasikan dengan yang lebih ahli. Beberapa remote alarm mobil berfungsi normal ketika dibersihkan dengan cairan minyak kayu putih.
  • Kalau tidak bisa juga, langkah terakhir adalah melakukan sedikit uji coba. Biasanya remot alarm memiliki 3 fungsi, mengunci, membuka kunci dan menghilangkan suara alarm. Tes satu persatu tombol tadi. Biasanya ada lampu indikator yang menyala jika tombol tadi berfungsi normal, sebaliknya akan tidak menyala jika tombol memiliki masalah. Dan tombol ini dibeberapa mobil dapat ditukar jika memiliki tombol dengan jenis sama. Untuk memindahkan tombol-tombol (yang berwarna merah) saya meminta bantuan jasa servis Hp.
Pengalaman saya ketika alarm tidak menyala yaitu dengan memastikan semua langkah diatas tadi diikuti, kalau semua sudah dan masih tidak menyala, ada baiknya segera di bawa ke spesialis alarm.

Itu tadi Pengalaman pribadi saja, jika teman ada tips lainnya mengenai alarm mobil ini, silahkan di-share loh.



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih