SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Manfaat Asuransi Mobil untuk Masa Depan, Sudah Mulai Belum?

korneliusginting.web.id


Di Indonesia, jumlah pemilik kendaraan roda empat semakin bertambah setiap hari. Pertanyaannya, dari sekian banyak pemilik kendaraan tersebut apakah semuanya sudah paham apa manfaat asuransi mobil. Sayangnya, fakta yang ada menunjukkan hal yang sebaliknya, pemilik kendaraan mayoritas masih berpikir bahwa membeli asuransi untuk kendaraan hanyalah pemborosan saja.

Kebanyakan pemilik kendaraan masih berpikiran kalau selalu hati-hati di jalan, pastinya kecelakaan dapat dihindari. Dengan begitu untuk apa ada asuransi mobil, yang harga preminya tidak bisa dikatakan murah, meskipun tidak selalu mahal. Padahal, yang namanya kecelakaan bisa saja terjadi kapan saja dan oleh sebab apa saja.

Beragam Jenis Manfaat Asuransi Mobil

Kalau hanya menghitung angkanya saja mungkin orang akan berpikir bahwa harga premi asuransi mahal. Namun sebenarnya, ukuran mahal atau tidak dipengaruhi juga oleh jenis manfaat yang akan diberikan oleh produk asuransi tersebut kepada pemilik kendaraan. Berikut ini adalah beragam manfaat asuransi kendaraan yang umum ada di Indonesia:

1. Manfaat Asuransi Mobil TLO

Apabila Anda membeli produk asuransi mobil jenis Total Loss Only (TLO), maka klaim bisa dilakukan jika Anda mengalami kehilangan total pada kendaraan. Maksud dari kehilangan total disini adalah terjadinya kondisi kerusakan yang mencapai 75%, kehilangan kendaraan karena pencurian maupun perampasan.

Mengapa patokannya adalah 75%, karena jika kendaraan Anda mengalami kerusakan hingga persentase tersebut, sudah hampir bisa dipastikan mobil tidak dapat digunakan lagi.  Nah, bagi Anda yang masih merasa sayang untuk mengeluarkan dana premi dengan nominal besar bisa memilih produk asuransi mobil TLO. Biasanya asuransi mobil TLO memiliki harga premi yang lebih murah, bahkan dibawah Rp50 ribu.

2. Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Manfaat yang lebih besar dan menyeluruh bisa didapatkan kalau Anda memilih produk asuransi all risk. Namanya saja all risk, jadi semua resiko akan ditanggung oleh pihak asuransi. Asuransi mobil all risk memang memberikan perlindungan secara komprehensif atau menyeluruh pada risiko atas kendaraan Anda.

Manfaat asuransi mobil jenis all risk ini memberikan jaminan pada kerusakan skala kecil hingga besar. Termasuk juga risiko kerusakan akibat bencana alam ataupun kerusuhan. Karena jenis perlindungannya menyeluruh, maka biaya preminya juga lumayan besar, yaitu ratusan ribu rupiah.

Premi asuransi all risk lebih mahal sekitar 1%-4% daripada TLO per tahunnya. Hanya saja, manfaat asuransi all risk hanya diberikan selama 1 tahun saja, sehingga lebih tepat digunakan kalau mobil Anda tergolong masih baru.




Manfaat Asuransi Mobil Secara Khusus

Selain manfaat yang dilihat dari jenis asuransinya, masih ada lagi manfaat asuransi kendaraan yang sifatnya lebih khusus, diantaranya yaitu :

1. Perlindungan Mesin

Setiap kendaraan pasti pernah mengalami kerusakan mesin yang disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya banjir atau kebocoran pada selang oli dan sebagainya. Jika Anda memiliki asuransi mobil all risk, maka perlindungan akan diberikan atas kerusakan yang terjadi pada mesin oleh berbagai sebab. 

2. Perlindungan untuk Pengemudi

Beberapa asuransi mobil yang bagus juga memberikan pertanggungan perlindungan kepada pengemudi, tidak hanya pada kendaraan saja. Sehingga kalau suatu ketika terjadi kecelakaan, bukan hanya biaya kerusakan kendaraan saja yang diganti tetapi juga kerugian yang terjadi pada pengemudi, seperti cacat ataupun meninggal dunia.

3. Bebas Biaya Derek

Mungkin ada baiknya juga sebelum membeli produk asuransi mobil, Anda menanyakan apakah perlindungan yang diberikan termasuk biaya derek. Cakupan biaya derek ini juga cukup penting mengingat mobil bisa mogok dan rusak dimana saja. Biaya mobil derek ini akan sangat dirasakan manfaatnya ketika tiba-tiba mobil mogok di jalan tol ataupun di daerah yang sepi.

Setelah melihat apa saja manfaat asuransi mobil dan jenis perlindungannya, apakah Anda masih mau menunggu hingga suatu risiko terjadi? Segera cari tahu tentang asuransi mobil terbaik dan beli produknya, supaya kendaraan Anda terproteksi dari berbagai risiko yang bisa menyebabkan kerugiaan, seperti kecelakaan, pencurian, bencana alam dan sebagainya.

 



Sumber :

https://www.qoala.app/id/blog/asuransi/mobil/manfaat-asuransi-mobil/

https://lifepal.co.id/media/manfaat-asuransi-kendaraan/

https://www.suzuki.co.id/news/penting-ini-manfaat-asuransi-mobil-untuk-pengendara

 


Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

14 komentar

  1. Kayaknya masih banyak orang yang punya mobil, tapi belum beli asuransi. Padahal kalo dipikir ya nggak ada ruginya juga sih beli asuransi.

    BalasHapus
  2. Bener banget, kita di jalan sudah hati-hati pun, bisa aja celaka kalau ada pengguna jalan lain yang teledor.
    Nah biaya derek juga mesti ditanyakan ya sebelum memutuskan membeli asuransi mobil. Apalagi kalau mobilnya matic, udah nggak bisa di dorong minggir tuh kalau mendadak macet di jalan

    BalasHapus
  3. Duh ya. Untuk asuransi kesehatan saja masih banyak yang belum ngeh sama kepentingan dan manfaatnya, Kak.

    Apalagi asuransi kendaraan.

    Kalau mobil baru bagusnya kita pake asuransi mobil yang all risk. Tapi kalau kita belinya mobil second mending yang TLP gitu ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TLO atau all risk sesuai kenyamanan dan kebutuhan serta kemampuan masing2 ya kak

      Hapus
  4. Udah doooong, TLO. Aman. Kalau mau cari gampang mah lihat-lihat aja dulu di Lifepal. Banyak pilihannya di sana.

    BalasHapus
  5. Oh..bahkan perlu nanya biaya derek ya... Hehe.. maklum belum punya. Jadi belum tau...banyak manfaatnya nih artikelnya. Makasih banyak Bang ...

    BalasHapus
  6. Enggak tahu banyak tentang asuransi kendaraan saya, baca-baca di sini jadi tambah informasi. Siip

    BalasHapus
  7. Asuransi all risk dibutuhkan banget buat jaga mobil agar tetap terawat.

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih