SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Spesifikasi ASUS VivoBook A516 Yang Sangat Membantu Dalam Bekerja


ASUS VivoBook A516


Personal Computer (PC) ataupun laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipersiapkan untuk saat ini. Mulai dari membuat presentasi, animasi sederhana, makalah hingga laporan-laporan semuanya dibuat dengan bantuan computer. Terlebih dalam masa pandemi seperti sekarang laptop dan PC sangat membantu banget kala berkegiatan secara virtual melalui dunia maya.

Ketika bicara mengenai komputer baik PC ataupun Laptop, spesifikasi teknis menjadi sebuah keharusan. Mulai dari Solid State Drive (SSD) dengan teknologi terkini yang didukung prosesor terbaik ditambah dengan aplikasi Microsoft original menjadi sebuah keharusan yang harus dipenuhi.

Masih teringat sebulan yang lalu ketika mengikuti sebuah pelatihan desain graphis untuk pemula, beberapa syarat perangkat yang dimiliki tidak terpenuhi.Padahal syarat tersebut tidak terbilang berat untuk dapat dipenuhi. Minimal prosesor Intel® Core™ i3 dengan DDR-3 4GB dan sudah menggunakan Windows 10. Dari ketiga syarat tadi hanya prosesor Intel® Core™i3 yang terpenuhi dengan versi lawas sementara DDR baru “ngeh” masih dibawah 4, Dan belum paham juga kegunaan DDR, lalu windows coba disisati dengan melakukan instalasi, namun tidak berani, karena spesifikasi teknis masih terasa kurang. 

Menjadi menjengkelkan kala mengikuti kelas online dan perangkat kita tidak mendukung, ampun-ampunan kesel dan nyesel dalam hati. Mulai dari nge-lag (loading lama) tiba-tiba restart sendiri, itu belum termasuk gangguan jaringan lalu lintas internet.

Ilmu yang didapat menjadi tidak maksimal, alih-alih dapat dipraktekkan ulang, semuanya menguap bersama dongkol hati dan kesal akan keterbatasan perangkat.

Berangkat dari pengalaman tersebut saya jadi belajar, bahwa jika hal-hal dasar sudah terpenuhi, nantinya bukan hanya akan membuat ringan pekerjaan, tetapi akan mempermudah juga untuk perawatan ke depan.

Terus kita akan membicarakan apa sich? Ngerakit sendiri sebuah PC atau Laptop sesuai dengan spesifikasi yang kita mau? Ini pastinya akan repot banget untuk orang-orang yang bukan berlatar belakang Teknik Komputer,  karena orang-orang seperti saya dan keluarga hanya merupakan pengguna harian dari perangkat komputer yang tersedia. Jadi membuat peta kebutuhan berdasarkan pemakaian sehari-hari adalah sebuah keharusan.

Kebutuhan Pengguna Rumahan/Kantoran Sederhana.

Kalau saya coba urutkan spesifikasi sebuah Laptop untuk keperluan sehari-hari minimal harus (dari yang terlihat/tampilan) :

  • Ringan, ini untuk memudahkan jika hendak dibawa berpergian.
  • Baterai yang tahan lama, jadi tidak perlu sebentar-sebentar melakukan charging.
  • Layar Lebar, semakin lebar semakin puas untuk melihat, perhatikan juga anti glare-nya (anti silau)  namun ada asumsi semakin lebar layar maka semakin mahal.
  • Koneksi, mulai dari Kabel LAN, WIFI dan Bluetooth
  • Port USB, Tipe A, C, 2.0 dan HDMI semakin lengkap semakin bermanfaat.
  • Port SD Card juga harus ada, memudahkan untuk transfer data.
  • Ketersediaan Audio Jack, Speaker dan Microphone, biar dapat kesan personalnya ketika sedang mengikuti rapat virtual atau melakukan.
  • Kamera, keberadaan kamera sangat diperlukan. Penting untuk mengikuti virtual meeting.

Ini tampilan yang harus ada terlihat di perangkat bagian luar sebelum lanjut ke bagian dalam. Setidaknya melalui tampilan fisik yang terlihat akan membantu memudahkan pekerjaan dan terkoneksi baik dengan dunia daring atau antar media.


ASUS VivoBook A516
ASUS VIVOBOOK A516


8 Tampilan Luar ASUS VivoBook A516 Yang Menjawab Kebutuhan Pekerjaan

  1. Mengenai bobot Laptop yang ringan agar ringkes dan mudah dibawa kemana-mana, ASUS  VivoBook A516 menjawabnya dengan bobot 1.80 KG (Dibawah 2 KG).
  2. Baterai seperti apa? Dengan tipe baterai  2-Cell Li-ion sangat cukup untuk menemani kerja ataupun tugas kampus atau sekolah anak.
  3. Yang orang tidak tahu adalah layar lebar yang diusung  ASUS VivoBook A516 , dengan lebar layar 15,6 Inch dan sudah anti glare. Selama ini kita sudah terbiasa dengan layar 14 Inch meskipun tidak nyaman ya sudah mempertahankan yang ada. Padahal kalau ada pilihan harga serupa tapi mendapatkan layar lebih lebar, mengapa tidak diambil? Ada pemikiran di masyarakat bahwa semakin besar layar akan membuat harga laptop semakin mahal.  Hadirnya ASUS VivoBook A516 dengan layar lebar terjawab, layar lebar tidak melulu mahal ya, ingat. Layar sudah lebar, tidak lupa disematkan ASUS VivoBook A516 anti glare, sangat membantu membuat mata tidak mudah lelah dan silau karena radiasi sinar layar. Jadi betah berlama-lama dengan Laptop.
  4. Koneksi antar media dan jaringan, tenang ASUS VivoBook A516 sudah ada WIFI, LAN dan Bluetooth versi terbaru jadi koneksi antar media dan perangkat sudah bukan masalah lagi.
  5. Keberadaan Port USB di ASUS VivoBook A516 juga lengkap, mulai dari Port 2.0 tipe A dan C juga HDMI. Cocok buat presentasi.
  6. Juga tidak lupa Port Jack Audio yang standar 3,5 MM sementara mikrophone dan speaker sudah tertanam didalamnya. Tinggal memikirkan jaringan internet yang kuat saja agar meeting virtual berjalan lancar.
  7. SD Card juga sudah tersedia.
  8. Untuk kamera ASUS VivoBook A516  sudah menyematkan VGA, cukup untuk keperluan rapat online.

 

ASUS VivoBook A516
ASUS VivoBook A516


4 Spesifikasi Teknis ASUS VivoBook A516.

Tampilan luar, sudah cukup untuk membuat kinerja sehari-hari lancar lalu bagaimana dengan bagian dalam? Ada baiknya kita mengetahui sedikit bagian dalam dari ASUS VivoBook A516 . Meskipun bukan berlatar belakang pendidikan komputer, setidaknya saya mencoba tahu seperti apa kebutuhan teknis dalam pekerjaan. 

  1. Memori,  ASUS VivoBook A516  sudah menggunakan 4GB-DDR-3, tipe yang low end, memori ini cukup untuk kerja proses rendering video sederhana, menampilkan presentasi dengan video dan cepat untuk melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Untuk tipe yang high-end, ASUS VivoBook A516  menyediakan memori 4GB-DDR-4 SO-DIMM, Memory Max Up To 12 GB, kalau yang ini sudah lebih nyaman mengolah video dan foto secara pro.
  2. Sementara bagian Prosesor atau otak dari ASUS ini tersedia tiga pilihan, Intel® Core™ i3, saya sudah terbiasa dengan Intel® Core™ i3 dan belum kecewa. ASUS VivoBook A516 juga menyediakan juga Intel Core i5, yang ini pasti lebih baik. Kedua prosesor yang disematkan sudah mengadopsi generasi terbaru, generasi ke 10, saya sendiri baru mencoba di i3 generasi 7.
  3. Didalam ASUS VivoBook A516 sudah tertanam Graphis NVDIA MX 330 lumayan untuk upload video ke youtube.
  4. Sudah support dengan Windows 10 plus mendapatkan aplikasi microsoft resmi, tidak perlu repot instalasi tinggal mengikuti update original yang tersedia.

 

Dengan layar lebar yang diusung ASUS VivoBook A516 tidak hanya membuat mata nyaman, juga akan sangat membantu memudahkan atasan melihat langsung hasil kerja melalui layar Laptop.

 

ASUS VIVOBOOK A516
ASUS VIVOBOOK A516


Masih ada beberapa kelebihan lainnya, seperti RAM  yang mupuni sekitaran 8 GB dan aplikas Link My ASUS yang memudahkan untuk menghubungkan perangkat gadget dengan Laptop.

 

Namun buat saya, 8+4 Spesifkasi yang harus ada inilah yang nantinya akan membantu memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan dan tugas kuliah atau tugas sekolah.

 

Sepertinya ASUS VivoBook A516  lebih dari cukup untuk membantu kelancaran pekerjaan sehari-hari. Tidak khawatir lagi untuk menggunakan aplikasi design graphis yang kompleks untuk membuat animasi sederhana.

 

Nah, kalau pekerjaan sehari-hari sudah cukup, untuk keperluan anak sekolah/kuliah pastinya sudah memenuhi dan akan membuat kalian-kalian bebas untuk beraktivitas dan berkreativitas dengan spesifikasi yang tersedia.


ASUS VIVOBOOK A516
ASUS VIVOBOOK A516


 

Lalu Kenapa harus Produk ASUS?

Dalam memutuskan dan memilih sebuah perangkat yang akan digunakan sehari-hari, pilihan spesifikasi selalu menjadi acuan utama. Lalu setelah itu merek menjadi pilihan berikutnya.

Lalu kenapa ASUS? ASUS  sejak tahun 1989 sudah menjual lebih dari 500.000.000 mother board, faktanya 1 dari 3 komputer yang ada menggunakan motherboard ASUS. Ini membuktikan ASUS bukan pemain baru dibidang perakitan/pembuatan laptop. Bahkan Fast Company, sebuah media yang memantau perkembangan web dan industri teknologi dunia memberikan peringkat 10 dalam kategori Elektronik Konsumer sebagai “Perusahaan Paling Inovatif 2010”.

Untuk produk ASUS VivoBook A516, produsen berani memberikan garansi sampai dua tahun demi membuktikan kualitas produk mereka. Sementara saya sich percaya daya tahan produk mereka setidaknya lebih dari 4-5 tahun pemakaian normal, paling teknologinya saja yang nantinya akan ketinggalan.

Masih ragu tentang harga yang mungkin kalian pikir akan kemahalan, namun dengan spesifikasi mupuni dan pastinya akan semakin membantu memudahkan pekerjaan dan tugas sekolah atau tugas kuliah, tidak terbilang mahal dong, terlebih ASUS VivoBook A516 sudah mengusung  layar lebar yang akan membuat tampilan menjadi luas.

Layanan purna jual, service center dan spareparts tersedia banyak di beberapa kota besar. Memudahkan perawatan jika terjadi sesuatu.

Layar Lebar yang kamu dapatkan membuat luas tampilan pandangan, nyaman untuk bekerja atau melakukan tugas - tugas sekolah/kuliah, kenyamanan yang didapatkan akan mendongkrak kreativitas yang berujung pada peningkatan kualitas kerja dan hasil tugas memuaskan.

 

Penutup

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. ASUS telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan kita untuk selalu memiliki akses ke fitur yang kita kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data.

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.





Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar