SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Delapan Cara Sederhana Dari Alam Untuk Menghilangkan Plak Gigi

 

Plak-Gigi
Plak-Gigi (ilustrasi dari pixabay dan canva)



Sebagai penikmat kopi, teh dan teman-temannya, kehadiran plak gigi sudah menjadi kekhawatiran sedari awal. Belum lagi ditambah makanan-makanan lainnya yang juga pastinya akan memicu munculnya plak gigi. Sudah pasti ujung-ujungnya jika tidak ditangani seari awali akan mengganggu kesehatan mulut nantinya, cepat atau lambat. Bahkan Sandra Olivia, dokter gigi spesialis Periodonsia dari Illena Dental Clinic, mengatakan, masalah radang gusi tersebut umumnya berawal dari penumpukan plak atau kotoran pada gigi. Plak tersebut kemudian menumpuk dan mengeras pada permukaan gusi, hingga akhirnya membentuk karang gigi.


Namun sebelum berangkat lebih dalam tentang plak dan kesehatan mulut ada baiknya  mengetahui mengenai plak gigi terlebih dahulu.


Plak gigi adalah akumulasi bakteri kecil yang berkumpul menjadi satu. Kalau tidak dibersihkan secara rutin, akan menumpuk bersama mineral dari air liur  dan mengeras menjadi kerak berwarna putih atau kuning yang disebut karang gigi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebaik-baiknya melakukan perawatan gig, kemungkinan plak gigi muncul akan selalu ada.


Plak gigi sendiri terbentuk secara alami dari sisa makanan yang menumpuk dalam mulut. Terutama sisa makanan bergula dan bertepung dan ini yang kita konsumsi sehari-hari bukan, sisa makanan tadi akan membuat bakteri di mulut  tumbuh subur.


Tenang ga usah khawatir semua orang pada umumnya akan mengalami hal ini, lalu apa yang kita lakukan untuk menyingkirkan hal ini. penting untuk melawan plak gigi sedini mungkin sebelum berubah menjadi karang gigi, sebelum enamel gigi menjadi rusak, sebelum menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Ampun dech kalau sudah sakit gigi, sakitnya bisa merembet kemana-mana, yang pasti akan membuat badan super duper ga nyaman hingga menyebabkan kepala pusing dan demam. Mau?


Nah perlu untuk kita selalu mempraktekkan kebiasaan menjaga kebersihan gigi yang baik agar  dari plak. Sederhana sebenarnya mulai dari menyikat gigi setiap habis makan, rutin untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan, dan menjauhi camilan yang terlalu manis. Saya sendiri masih belum konsisten melakukan itu semua.  


Namun tenang banyak ragam solusi saat ini yang ada, baik yang alami atau tinggal pakai. Apapun solusi alami yang dipilih, jangan juga meremehkan pentingnya memilih pasta gigi yang efektif untuk menghilangkan plak! Sikat gigi pagi dan sore atau selepas makan (ini akan lebih baik lagi hasilnya)


Salah satu pilihan pasta gigi yang terbaik adalah Closeup karena terbuat dari formula anti-bacterial mouthwash dan mengandung kristal microshine yang mampu menghilangkan plak dan noda gigi untuk memastikan gigi bersih menyeluruh dan memberikan nafas segar tahan lama hingga 12 jam! Ingat akan memberikan efek lebih maksimal jika dilakukan setiap selesai makan ya.


Plak-Gigi
Plak-Gigi (ilustrasi dari pixabay)

 


Syukurlah kita tinggal di Indonesia dengan kekayaan alam yang beragam dan dapat dimanfaatkan salah satunya untuk menghilangkan plak gigi ini. Enam solusi alami bermanfaat untuk menghilangkan plak gigi secara alami.  Siap!!!!!

1. KULIT JERUK GAK KALAH KEREN SAMA ISINYA

Siapa yang suka jeruk, saya sih suka banget apalagi kalau manis rasanya. Percaya atau tidak, jeruk itu bukan cuma isinya yang penuh vitamin C yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Nah, kulit jeruk rupanya  dipenuhi oleh banyak mikroorganisme yang bisa membunuh plak. So, bila nanti ketemu dan makan buah jeruk, ingat untuk menyimpan kulitnya yang bisa digunakan untuk menggosok gigi dan gusi sesekali yang membuat plak gigi berkurang

2. MINYAK KELAPA BISA JUGA.

Berikutnya adalah minyak kelapa. Alasannya sederhana, satu sendok teh minyak kelapa memiliki beragam manfaat untuk bisa membersihkan mulut dalam 10-20 menit. Gunakan dua atau tiga kali sehari, saat pagi atau sebelum tidur malam.

Minyak kelapa dikenal punya kemampuan menyerap zat-zat lain, termasuk kotoran di rongga mulut kamu dan kemampuan antimikroba yang efektif terhadap patogen di mulut.

3. KALAHKAN PLAK DENGAN BAKING SODA

Baking soda senjata ampuh lainnya untuk melawan plak dengan mudah. Buat pasta gigi sendiri hanya dengan menambahkan satu sendok makan baking soda dengan setengah sendok teh garam. Lalu sebelum menyikat gigi, aduk pasta gigi ke dalam campuran tersebut sampai menjadi pasta gigi baru. Gunakan pasta gigi baking soda ini dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan bertahap kurangi menjadi seminggu sekali untuk memelihara hasilnya.

Baking soda membuat gigi dan gusi lebih adem dan memberikan efek antibakteri pada plak yang mengganggu sambil mengembalikan keseimbangan pH. 

4. Kunyah Wortel

Mendapatkan wortel tidak sulit kok banyak baik dipasar tradsional dan modern. Ternyata mengunyah wortel sejam setelah makan bisa membersihkan gigi dengan alami.

Efek yang sama juga bisa kamu rasakan dengan apel atau batang seledri. Manfaatnya tidak hanya memperkuat gusi sekaligus menghilangkan partikel makanan dan plak pada gigi.

5. BISA JUGA DENGAN CUKA.

Mudah kok, campurkan dua sendok teh cuka dan satu sendok teh garam dalam setengah cangkir air hangat. Minum lalu kumur untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut selama beberapa menit sebelum meludahkannya. Kumur-kumur menggunakan campuran cuka, garam dan air hangat membantu melindungi enamel dan melawan penumpukan plak di dalam mulut.

Namun jangan terlalu sering mempraktekkan hal ini, karena asam dari cuka yang berlebih pada akhirnya dapat juga merusak enamel gigi.

6. TAHU TIDAK LIDAH BUAYA PUNYA MANFAAT LAIN? 

Cara lainnya adalah menggunakan lidah buaya, lakukan sekali atau dua kali seminggu menggunakan campuran satu sendok teh gel lidah buaya dengan air, dua sendok teh baking soda, dan sedikit jus lemon untuk membersihkan gigi kamu. Berbagai manfaat antimikroba berkumpul jadi satu untuk menghilangkan bakteri penyebab plak gigi.

7. KONSUMSI STROBERI

Serupa dengan buah jeruk stoberi juga mengandung vitamin c yang tinggi dan baik untuk tubuh. Konsumsi stroberi juga dipercaya dapat efektif menghilangkan karang gigi. Maka itu konsumsilah dengan rajin buah stroberi agar dapat mengurangi karang gigi yang menempel.

8. MENGUNYAH BIJI WIJEN

Cara terakhir adalah mengunyah segenggam biji wijen dapat menjadi cara jitu lainnya untuk menghilangkan karang gigi. Caranya dengan masukkan segenggam biji wijen dan gosok gigi menggunakan sikat kering. Biji wijen ini akan bertindak sebagai scrub alami yang dapat mengurangi karang gigi. Hmmm,… Mudah bukan.

 

Bahan-Dari-Alam-Bantu-Hilangkan-Plak-Gigi
Bahan-Dari-Alam-Bantu-Hilangkan-Plak-Gigi 


Jadi sudah tahu kan sumber daya alam yang ada dan bermanfaat untuk mengurangi plak gigi. Terakhir putusan diserahkan kembali kepada kita yang sehari-hari terbiasa menggunakan yang mana. Sama baiknya baik yang tradisional menggunakan bahan alam atau bahan siap pakai seperti  pasta gigi Close Up.


Karena bahan yang ada di Closeup sudah mengandung formula anti-bacterial mouthwash dan mengandung kristal microshine dan mampu untuk menghilangkan plak dan noda gigi serta memastikan gigi bersih menyeluruh dan memberikan nafas segar.


Ujungnya adalah kesehatan rongga mulut terjaga minimal dari tidak terbentuknya plak gigi.

 

Referensi Tambahan

https://www.close-up.com/id/artikel/6-cara-hebat-untuk-hilangkan-plak-dengan-alami.html

https://www.beritasatu.com/fabiola-febrinastri/kesehatan/263094/penumpukan-plak-pada-gigi-sebabkan-kerusakan-jaringan

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4604403/14-cara-menghilangkan-karang-gigi-atasi-dengan-mudah


Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar