SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Optimasi Media Sosial Dan Maksimalkan Foto Dari Smartphone

 

blogger
Ilustrasi dari pixabay (dot) com

Berawal dari notifikasi di group Whatsapp yang menginfokan akan ada Webinar Marathon Coaching Growthing bagaimana menaikan Page View, Optimasi Media Sosial dan SEO. Iya Marathon Webinar ini akan dilaksanakan.

Sayangnya, sebelumnya saya sempat mengubah settingan email yang berimbas terlewat notifikasi untuk konfirmasi keikutsertaan dalam acara Marathon Webinar ini. Untunglah dari 3 hari yang diselenggarakan hanya hari pertama saja yang terlewat, untuk hari kedua saya sempat merangkumkan untuk catatan saya pribadi.

Dalam mengelola blog seperti yang pernah saya baca di blognya Kak Shafira Adina mengenai bagaimana optimasi blog untuk menaikkan DA. Namun dalam webinar marathon hari ini hanya terkait dengan Optimasi Media Sosial Twitter dan Memaksimalkan Foto Dari SmartPhone.


 Optimasi Media Sosial Twitter.

Dipaparkan secara gamblang menarik dan sederhana oleh Kak Ilham Sadli,  ia menuturkan pembahasan kali ini sebatas sharing pengalaman dan pengetahuan yang ia miliki. Fokus terbatas hanya kepada Media Sosial Facebook dan Twitter.

Pada prinsipnya melakukan Branding Social Media adalah memancing interaksi

Sebelum melangkah lebih jauh kita harus paham terlebih dahulu akan manfaat Medsos itu sendiri. Beberapa manfaat Medso yaitu dari  menjaga tali silaturahmi, memperbanyak koneksi, branding dan  media promosi blog. Semakin seru bukan.

Media Sosial yang kita miliki dapat digunakan sebagai bentuk untuk mendulang pengunjung ke blog. Hal ini sangat membantu  untuk kita yang belum paham benar kaedah-kaedah SEO.

Prioritas mana yang lebih baik mana prospeknya, tergantung bagaimana cara mengolah dan optimasi medsos itu sendiri.


Branding dan Medsos itu sendiri sulit untuk dipisahkan.

Beberapa cara melakukan branding di medsos.

Tentukan Audience, tentukan berdasarkan usia, pendidikan, kebiasaan, gaya hidup hingga hal yang disukai

Mau dikenal sebagai siapa ketika berada di medsos. Ini penting, ingat!!! Ketika menggunakan  medsos hendak dikenal sebagai siapa.

Apa bedanya dengan akun lain. Berikan sesuatu yang yang khas, minimal itu di caption atau di foto  atau  bahasan dan sudut pandang.  Jangan hanya asal sekedar share link saja (ini kesalahan yang masih sering saya lakukan)

Tentukan arah akunnya, sapaan untuk follower, gaya bahasa dan penggunaan kosa kata.

Konsisten. Konsisten untuk posting, humble dan sering berinteraksi. Jangan abaikan pesan atau sapaan dari teman di Medsos.

Kak Ilham Sadli sendiri, menuturkan bahwa ia sejatinya dalam hal membranding diri “ingin dikenal sebagai blogger mello di twitter,“ karena ingin memprioritaskan penggunaan twitter akhirnya bisa mendulang impresi di Twitter  dan kadang diarahkan untuk saling follow IG dan berhasil juga menambah hingga 1000 followers dengan tidak menghilangkan ciri khas dari Twitternya.


optimasi-media-sosial-twitter
optimasi-media-sosial-twitter



Yang mempengaruhi optimasi Medsos.

Konten, setiap platform memiliki kontennya masing-masing misal twitter dengan caption, ig dengan graphis facebook dengan caption, tiktok dengan video dst

Konsisten, seberapa konsisten kita menggunakan platform tersebut sama halnya dengan youtube  semakin sering upload samakin baik trafiknya

Timing, waktu tayang ketika upload konten juga perlu diperhatikan

Audience yang tepat sasaran penting utk mengenal siapa target di medsos kita.

Ikuti trend, tetap harus memilih dan memilah trend yang baik dan bagus jangan sampai salah memilih.

Brand  kita adalah apa yang orang katakan ketika kita sedang tidak berada didalam ruangan.

Bagaimana sih sebenarnya cara menaikan follower dari 50 menjadi puluhan ribu? Cara sederhananya adala beli akun (karena ini memang ada) namun kak Ilham tidak menyarankan ia sendiri lebih kepada memberikan trik khususnya, terutama untuk twitter, perbanyak interaksi terlebih dahulu. Jangan mendiamkan postingan yang ada interaksinya. Pastikan juga no telp yang digunakan masih aktif dan dapat menerima notification.

Kak Iham Sadli dalam menaikkan jumlah followersnya menggunakan nama unik dan nyentrik, mengandung unsur mereka ingin mengklik sendiri tanpa diminta. Harus buat konten bagus adalah hal lainnya. Tuliskan dalam sebuah threat. Jangan lupakan saling follow dan mutualan.

Lalu bagaimana cara mendapat ceklist dari twitter, biasanya followersnya udah diatas 200 ribu dan harus mengajukan ke TW nya.

Selesai dengan Kak Ilham Marathon masih berlanjut dengan Fotografi untuk ngeblog, kali ini Kak Gemilang pemilik akun Gemauulani (dot) com akan sharing semua hal yang ia tahu tentang fotografi.

 

Fotografi untuk Ngeblog.

Cuaca di tempat Kak Gilang tidak bersahabat alhasil beberapa kali koneksi sempat terputus, berikut catatan saya hasil sharing dari Kak Gilang.

Tips mengabadikan objek dengan kamera Smart Phone. Dari Gemaulani.com 

Mengapa Foto Original itu Blogger itu Penting ?

  • 1.      Tidak perlu khawatir tentang copyright
  • 2.      Lebih dipercaya saat mengulas benda atau tempat
  • 3.      Gambarnya tidak pasaran
  • 4.      Bisa untuk branding
  • 5.      Bisa dapat backlink gratis

Namun untuk mendapatkan foto yang tidak pasaran dan hasil maksimal dengan perangkat cukup tidak mudah. Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mendapatkan hasil yang baik dengan kamera ponsel :

Setidaknya smart phone yang dimiliki sudah memiliki minimal  12 MP, lalu untuk masalah pencahayaan, ada dua sumber yang ia gunakan pertama,  gunakan sumber natural (matahari) sederhana caranya yaitu memotret di dekat jendela atau di pintu yang terbuka sedikit. Sumber cahaya lainnya adalah cahaya buatan (lampu) ia gunakan dua buah lampu berwarna putih. Perhatikan juga arah datang cahaya agar hasil maksimal.

Selain itu menentukan tema dan konsep poto sedari awal, eg obat cacing anak rasa jeruk. Konsep yang digunakan alangkah baiknya ke mainan anak ataupun bahan yang  terkandung didalamnya seperti jeruk bukan ujug-ujug muncul bumbu dapur.

Pemilihan backdrop juga penting, seperti penggunaan kertas khusus atau backdrop alam yang alami

Nuansa dan properti.  Kalau pertama kali motrete biasanya menggunakan warna senada, maksimal tiga warna agar tidak mengganggu objek utamanya. Perhatikan juga angelnya.

Hal lain yang dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal lap kamera smartphone agar benar bersih, pakai bantuan tripod, ambil poto lebih dari sekali walau akhirnya yang terpakai hanya 1, gunakan garis bantu/grid, gunakan mode pro atau manual, pakai reflektor, pakai diffuser, foto bersama produk lakukan editing secukupnya (untuk melakukan edit kak Gilang memakai Snapseed, kadang juga ia menggunakan Canva) terakhir adalah cari referensi di IG pinterest pixabay

Dan jangan pernah melakukan hal ini seperti melakukan cropping terlalu banyak, hindari penggunaan flash, jangan menggunakan zoom, hindari mode bokeh di smartphone yang kurang mumpuni atau memakai kamera depan yang kurang mumpuni dan jangan sampai mengubah warna asli dari produk endorse hanya karena menyesuaikan dengan feed.


Yup kembali disegarkan dengan pengetahuan-pengetahuan baru mengenai media sosial branding dan fotografi. Terakhir adalah konsisten melaksanakan itu semua.

 

Terimakasih sudah berbagi kakak-kakak blogger yang baik.

Salam

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

16 komentar

  1. Bener banget nih kak, karena menjadi personal branding juga ya melalui foto walaupun dengan smartphone. Harus terus diasah nih kemampuan ambil foto dari smartphone.

    BalasHapus
  2. kemaren aku juga ikut pas marathon coaching blogger..seru ya banyak bgt ilmu yang kita ambil aku sendiri juga baru tahu twitter bisa buat optimais blog juga

    BalasHapus
  3. Pasti seru banget ya kak,bisa ikut Webinar Marathon Coaching Growthing nya. Jadi nambah ilmu karena yang dibahas seputar dunia menulis agar menaikkan Page View, SEO dan cara kita mengoptimalkan medsos dengan baik.

    Dan kalau aku sih lebih ke konsisten dengan share konten ke medsos di jam tertentu dengan hasil jepretan yang baik pula.

    BalasHapus
  4. bagus juga ilmu dari marathon coaching ini ya. Mudahan segera saya bisa menerapkannya. Suka lupa soalnya kalau habis nulis dipromosikan

    BalasHapus
  5. Wah, terima kasih kak udah dirangkum webinarnya. Kemarin enggak ikutan. Dan catetan banget nih buatku. Soalnya, twitterku lagi mati suri

    BalasHapus
  6. Saya juga untuk foto kebanyakan dari smartphone hehe, abisan pakai kamera lagi untuk saya ribet. malah pake hp udah oke juga kok. tinggal lgs edit dan bisa lgs publish di sosmed. makasih sharingnya.

    BalasHapus
  7. Saya baru sanggup otimasi media sosial instagram kak..menurut sy lbih visual dan asyik hehehe padahal sebagai blogger ya optimasi media sosial harus semuanya ya dijalankan..entahlah kyknya blm sanggup sayanya..

    BalasHapus
  8. Benar juga ya kalau photo pribadi itu kita gak perlu kuatir terkena copyright tapi mank harus butuh kerja esktra untuk hasil maksimal

    BalasHapus
  9. Webinar serius tapi dibawakan super santai, keren sih ya kak. Saya ikut 3 hari berturut-turut yang paling malam diharu ketiga ya

    BalasHapus
  10. Saya termasuk yang sering share link, tapi ngapa ya kayaknya facebook sensi ya, Kalau share link dua tiga orang saja yang like, kalau status gaje, banyak yang like dan komen.

    BalasHapus
  11. Gambar atau ilustrasi blog ini yg belum maksimal. Saya masih lebih banyak pake gambar gratisan dari penyedia gambar. Tenyata bisa mengundang baclink gratis. Makasih share ilmunya

    BalasHapus
  12. Sempat kebagian juga kelasnya meski terlambat satu kelas ya bang. Aku malah ketinggalan semua. Bablas karena lagi gak sempat kemaren itu.

    BalasHapus
  13. Selama ini buat foto blog saya juga masih ngandelin kamera hp, karena jujur belum ada dana buat beli kamera hihi

    BalasHapus
  14. Aku sih sejauuh ini lebih suka pakai foto dari pixabay. Selain gambarnya bagus2, ukurannya juga kecil, jadi gak bikin berat loading blognya. Nanti kucoba foto sendiri deh, makasih mbak sudah berbagi

    BalasHapus
  15. bisa ini dicoba untuk dimaksimalkan hasil gambar sendiri, so selama ini saya kebanyakan ambil gambar di pixabay lalu mengeditnya sedikit

    BalasHapus
  16. Wah pembahasannya cakep ini. Buat menaikkan impresi twitter saya butuuuh.

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih